Isi Artikel Utama
Abstrak
Bahan ajar yang baik memiliki kriteria tertentu atau standar tertentu seperti tentang relevansinya dengan kurikulum yang sedang berlaku. Pendekatan STEM menawarkan kesempatan kepada guru untuk memperkenalkan siswa pada berbagai konsep untuk mengajarkan materi pengajaran yang dapat diintegrasikan ke dalam ilmu alam termasuk kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyajian aspek-aspek STEM pada bahan ajar kimia SMA kelas XI pada materi laju reaksi. Metode pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisisisi. Sumber data berasal dari bahan ajar kimia SMA kelas XI yang paling banyak digunakan di Kota Pematangsiatar sejumlah tiga buku. Teknik pengambilan objek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menganalisis materi berdasarkan indikator STEM. Uji validitas instrumen menggunakan formula Gregory sedangkan uji validitas data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentase kemunculan kutipan pada setiap buku yaitu pada buku A memiliki aspek Science 30 %, Technology 40 %, dan Mathematic 30 %. Pada buku B aspek Science 19,05 %, Technology 42,86 %, Engineering 9,52 % dan Mathematic 28, 57 %. Pada buku C yaitu aspek Science sebesar 25 %, Technology 25 %, Engineering 18,75 % dan Mathematic 31,25 %. Berdasarkan total kemunculan indicator aspek STEM, maka urutan bahan ajar yang memenuhi aspek STEM adalah Buku B > Buku C > Buku A, sehingga buku B memiliki jumlah kemunculan kutipan aspek STEM paling banyak.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Eva Pratiwi Pane, Anita Debora Br Simangunsong, Ropinus Sidabutar, Gayus Simarmata

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Agnezi, L. A., Khair, N., & Yolanda, S. 2019. Analisis Sajian Bahan ajar Fisika SMA Kelas X Semester 1 Terkait Komponen Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM). Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 3(2), 167–175.
Anggraini, C. E., & Nurita, T. 2021. Analisis Bahan ajar IPA SMP Terkait Komponen STEM (Sains, Technology, Engineering, Mathematics) Pada Materi Tekanan Zat. Pendidikan Sains, 9(3), 282– 288.
Jannah, N., Suyana, I., & Novia, H. (2019). Analisis Hakikat Sains (Nature of Science) dalam Buku Teks Fisika SMA Kelas X di Kota Bandung. Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0. 160–166.
Khairiyah, N. 2019. Pendekatan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM). SPASI Media.
Laksono, P. J., Ashadi, & Saputro, S. 2016. Analis Bahan Ajar Kimia untuk SMA/MA di Kabupaten Karanganyar pada Materi Kelarutandan Hasil Kali Kelarutan Berdasarkan Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 389–394.
Lamb, L. R. & Annetta, L. 2013. The Use of Online Modules and the Effect on Student Outcomes in a High School Chemistry. Journal Science Education Technology, 22 (1), 603–613.
Mulyani, T. 2019. Pendekatan pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Niken Septantiningtyas, Rizal Lukman Hakim, dan Nadiya Rosmila. 2020. Konsep Dasar Sains 1. Penerbit Lakeisha.
Pane, E.P. dkk, 2022. The Effect of STEM Based Learning Module on Students Learning Outcomes and Motivation in General Chemistry Courses. International Journal of Education & Curriculum Application. Vol. 5, No. 2.
Rahmadana, A., & Agnesa, O. S. 2022. Deskripsi Implementasi Steam (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) dan Integrasi Aspek “Art” Steam pada Pembelajaran Biologi SMA. Journal on Teacher Education, 4(1), 190-201.
Ristiyani, E. & Bahriah, E.S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMA N X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18-29.
Sari, Siti Fatimah Indah, dkk. 2020. Analisis Materi Ajar Kimia SMA/MA Kelas X Pada Konsep Stoikiometri. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 139-151.
Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Hutapea, F. M., Hutahaean, E., & Alexander, I. J. 2020. Implementasi Problem Based Learning (PBL) dan Pendekatan Ilmiah Menggunakan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Mengajar Ikatan Kimia. Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69–76.
Sirhan, G. (2007). Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. Journal Of Turkish Science Education, 4 (2), 2-20.
Sudrajat, D. P. 2020. Potensi Pendidikan STEM untuk Membangun View Nature of Sains and Technology (VNOST) Calon Guru Kimia. ORBITAL :JURNAL PENDIDIKAN KIMIA, 4(1), 31–43.
Sunyono, I. W. Wirya, E. Suyanto, dan G. Suyadi. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Siswa SMA di Lampung. Universitas Lampung.
Triana, D., Anggraito, Y. U., & Ridlo, S. 2020. Effectiveness of Environmental Change Learning Tools Bases on STEM-PjBL Towards 4C Skills of Students. Journal of Innovative Science Education, 9(2), 181-187.
Utina, H. 2020. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa pada Materi Ikatan Kimia melalui Pendekatan STEM PBL Science. Jurnal Ideas, 179–190.
Yudha, S., Saputra, O. A., Purwanto, R., & Nugraha, A. W. 2021. Analysis of Chemical Teaching Materials for Class X SMA / MA on The Discussion of The Role of Chemistry in Daily Life. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 10 (3), 109-117.
Referensi
Anggraini, C. E., & Nurita, T. 2021. Analisis Bahan ajar IPA SMP Terkait Komponen STEM (Sains, Technology, Engineering, Mathematics) Pada Materi Tekanan Zat. Pendidikan Sains, 9(3), 282– 288.
Jannah, N., Suyana, I., & Novia, H. (2019). Analisis Hakikat Sains (Nature of Science) dalam Buku Teks Fisika SMA Kelas X di Kota Bandung. Prosiding Seminar Nasional Fisika 5.0. 160–166.
Khairiyah, N. 2019. Pendekatan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM). SPASI Media.
Laksono, P. J., Ashadi, & Saputro, S. 2016. Analis Bahan Ajar Kimia untuk SMA/MA di Kabupaten Karanganyar pada Materi Kelarutandan Hasil Kali Kelarutan Berdasarkan Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 389–394.
Lamb, L. R. & Annetta, L. 2013. The Use of Online Modules and the Effect on Student Outcomes in a High School Chemistry. Journal Science Education Technology, 22 (1), 603–613.
Mulyani, T. 2019. Pendekatan pembelajaran STEM untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Niken Septantiningtyas, Rizal Lukman Hakim, dan Nadiya Rosmila. 2020. Konsep Dasar Sains 1. Penerbit Lakeisha.
Pane, E.P. dkk, 2022. The Effect of STEM Based Learning Module on Students Learning Outcomes and Motivation in General Chemistry Courses. International Journal of Education & Curriculum Application. Vol. 5, No. 2.
Rahmadana, A., & Agnesa, O. S. 2022. Deskripsi Implementasi Steam (Science, Technology, Enginering, Art, Mathematic) dan Integrasi Aspek “Art” Steam pada Pembelajaran Biologi SMA. Journal on Teacher Education, 4(1), 190-201.
Ristiyani, E. & Bahriah, E.S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa di SMA N X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18-29.
Sari, Siti Fatimah Indah, dkk. 2020. Analisis Materi Ajar Kimia SMA/MA Kelas X Pada Konsep Stoikiometri. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 139-151.
Silaban, R., Panggabean, F. T. M., Hutapea, F. M., Hutahaean, E., & Alexander, I. J. 2020. Implementasi Problem Based Learning (PBL) dan Pendekatan Ilmiah Menggunakan Media Kartu untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik tentang Mengajar Ikatan Kimia. Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 69–76.
Sirhan, G. (2007). Learning Difficulties in Chemistry: An Overview. Journal Of Turkish Science Education, 4 (2), 2-20.
Sudrajat, D. P. 2020. Potensi Pendidikan STEM untuk Membangun View Nature of Sains and Technology (VNOST) Calon Guru Kimia. ORBITAL :JURNAL PENDIDIKAN KIMIA, 4(1), 31–43.
Sunyono, I. W. Wirya, E. Suyanto, dan G. Suyadi. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Siswa SMA di Lampung. Universitas Lampung.
Triana, D., Anggraito, Y. U., & Ridlo, S. 2020. Effectiveness of Environmental Change Learning Tools Bases on STEM-PjBL Towards 4C Skills of Students. Journal of Innovative Science Education, 9(2), 181-187.
Utina, H. 2020. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa pada Materi Ikatan Kimia melalui Pendekatan STEM PBL Science. Jurnal Ideas, 179–190.
Yudha, S., Saputra, O. A., Purwanto, R., & Nugraha, A. W. 2021. Analysis of Chemical Teaching Materials for Class X SMA / MA on The Discussion of The Role of Chemistry in Daily Life. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 10 (3), 109-117.