Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian pendahuluan ini adalah untuk menganalisis kebutuhan peserta didik pada pembelajaran IPA di MTsN 1 Seluma. Metode yang digunakan adalah survey melalui angket dengan 9 pertanyaan yang diberikan kepada 30 peserta didik kelas VII. Hasil survei menunjukkan bahwa 100 % peserta didik memiliki buku teks/buku pegangan, 100 % memiliki HP/smartphone, 93 % mengalami kesulitan mempelajari materi yang hanya bersumber dari buku, sehingga 100 % peserta didik mencari bahan lain selain buku dari sekolah untuk membantu memahami materi IPA lewat internet, oleh karena itu 100 % peserta didik membutuhkan media pembelajaran alternatif yang menarik. Dalam pembelajaran IPA, peserta didik setuju jika terdapat media pembelajaran berbasis android pada materi IPA khususnya materi pencemaran lingkungan. Peserta didik ingin pembelajaran disesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi, menarik, interaktif, dan dapat diakses kapanpun dan dimanapun melalui smartphone. Implementasi media berupa aplikasi berbasis android dapat menjadi alternatif untuk memberdayakan pemanfaatan teknologi oleh peserta didik dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA

Rincian Artikel

Cara Mengutip
DESKRIPSI ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA KELAS VII MTsN 1 SELUMA. (2024). PendIPA Journal of Science Education, 8(2), 121–125. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.121-125

Referensi

    Axel, R. D., Najoan, X., Sugiarso, B. A., Elektro-ft, J. T., & Manado, M. 2017. Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Android Untuk Informasi Kegiatan dan Pelayanan Gereja. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 6(1), 1–6.
    BNSP. 2006. Silabus Mata Pelajaran Kimia. Jakarta: Depdiknas.
    Fatmawati, F., Yusrizal, Y., & Hasibuan, A. M. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa. Elementary School Journal PGSD FIP Unimed, 11(2), 134-143.
    Ichwan, M., & Hakiky, F. (2011). Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) Pada Aplikasi Mobile Android. Jurnal informatika, 2(2), 13-21.
    Ismayani. 2018. Cara Mudah Membuat Aplikasi Pembelajaran Berbasis Sebuah Android Dengan Thunkable. Jakarta: Elex Media Komputindo.
    Kristianingsih, D.D., S.E., Sukiswo, Khanafiyah,S. 2010. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Pictorial Riddel Pada okok Bahasan Alat-Alat optik. Semarang: Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.
    Muyaroah, S., & Fajartia, M. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(2), 22-26.
    Putra, R. S., Wijayati, N., & Mahatmanti, F. W. 2017. Pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2).
    Riyana, C. 2012. Media Pembelajaran. KEMENAG RI.
    Sanaky , Hujair AH. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta : Safiria Insania Press.
    Saraswati, D. L., Mulyaningsih, N. N., Asih, D. A. S., & Ardy, V. 2020. Development of Learning Media-Based Digital Book on Modern Physics Learning. 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), 338-343.
    Sudjana dan Ahmad Rivai. 2001. Media Pembelajaran. Bandung: Percetakan Sinar Baru Algensindo Offset.