Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi serta hasil belajar peserta didik. Jenis peneleitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas selama 2 siklus pembelajaran, yang berlangsung selama dua pertemuan , dimana satu siklus terdapat satu pertemuan yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi , dan refleksi. Subjek penelitian dengan peserta didik eklas VIII B SMPN 13 Madiun sebanyak 31 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, pengamatan, dan evaluasi. Data hasil penelitian ini diolah dan dianalisis, yang menunjukkan menunjukkan motivasi peserta didik tertinggi adalah pada indikator proses yang menarik proses kegiatan pembelajaran berjalan dengan menarik, dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hasil belajar peserta didik pada siklus 1 didapatkan rata-rata-nilai 88,57 dan taraf ketuntasan sebesar 75%, siklus 2 didapatkan rat-rata nilai 96,07 dengan taraf ketuntasan sebesar 89,29%. Hasil yang didapatkan dari siklus 1 dan siklus 2 menggunakan pendekatan CRT mampu dijadikan masukan bagi guru untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Nur Eka Agusti Mardiyanti, Kurdaningsih Kurdaningsih, I Gusti Made Sanjaya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Abdi, M., dan N. Muthohirin. 2020. Metode Cultural Responsive Teaching Dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Tindak Xenophobia dan Rasisme di Tengah Bencana Covid-19. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. 9(10), 34038.
- Abidin, S. N., Sarwanto and Sunarno, W. 2018. Pembelajaran IPA Terpadu dengan Pendekatan Penemuan (Discovery) Melalui Metode Demonstrasi dan Eksperimen Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis. Jural Inkuiri. 7(1), 13–28.
- Antika, S., Syamsuyurnita, M. Saragih, dan S. P. sari. 2023. Penggunaan Media Pembelajaran Leaflet Berbasis Culture Rensponsif Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas 2 Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. Journal of social science reseach. 3(3), 9945-9956.
- Ayudhityasari, R. 2021. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah. 1(1), 56-64.
- Ayudhityasari, R., Widayati, M., & Rahman, K. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Powerpoint Interaktif di Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(2), 73-80.
- Bahri, A., & Aloysius, DC (2015). Kontribusi dari Motivasi Belajar dan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Berbagai Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Baltik, 14(4), 487–500.
- Deta, U. A., Suparmi, & Widha, S. (2013). Effect of guided inquiry, project creativities and science process skills to student achievement. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9 (1), 28–34.
- Khasanah, N., Sajidan, Sutarno, & Prayitno, B. A. (2017). Implementation of discovery learning model with an integrated unity of sciences in the developing of critical thinking skills and personal religious beliefs (PRB) of students. Man in India, 97(19), 53-63.
- Kurniasari, I. F., Dwijayanti, F. Roshayanti, dan S. handayani. 2023. Implementasi Culturally Responsive Teaching pada Materi Bentuk Bangun Ruang Kelas 1 SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 6(7), 5364-5367.
- Nasution, N. E. Dewi, dan S. V. R. Q. Qiyarotul. 2023. Pengembangan Karakter Komunikatif dan Disiplin melalui Metode Culturally Responsive Teaching dengan pembelajaran Sosial Emosional pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Kalitidu. Journal on Education, 6(1), 2408-2420.
- Prihatni, Kumaidi, Y. and Mundilarto. 2016. Pengembangan Instrumen Diagnostik Kognitif pada Mata Pelajaran IPA di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20(1), 111–125.
- Putra, B. K. B. and Prayitno, B. A. and Maridi. 2018. The Effectiveness Of Guided Inquiry and Instad Towards Students ’ Critical Thinking Skills On Circulatory System Materials. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 7(4), 476–482.
- Sidqi, M. F. K. 2021. Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas di MAN 1 Batanghari. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan. Vol. 2(2): 15-21
- Wati, T. N., & Nafiah, N. (2020, December). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tpack Pada Siswa Kelas V Upt Sd Negeri Jambepawon 02 Blitar. In Prosiding National Conference For Ummah, 1(1), 631-646.
- Wicaksono, AGC (2014). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 85–92.
Referensi
Abdi, M., dan N. Muthohirin. 2020. Metode Cultural Responsive Teaching Dalam Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Tindak Xenophobia dan Rasisme di Tengah Bencana Covid-19. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam. 9(10), 34038.
Abidin, S. N., Sarwanto and Sunarno, W. 2018. Pembelajaran IPA Terpadu dengan Pendekatan Penemuan (Discovery) Melalui Metode Demonstrasi dan Eksperimen Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis. Jural Inkuiri. 7(1), 13–28.
Antika, S., Syamsuyurnita, M. Saragih, dan S. P. sari. 2023. Penggunaan Media Pembelajaran Leaflet Berbasis Culture Rensponsif Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa kelas 2 Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. Journal of social science reseach. 3(3), 9945-9956.
Ayudhityasari, R. 2021. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah. 1(1), 56-64.
Ayudhityasari, R., Widayati, M., & Rahman, K. (2022). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menggunakan Powerpoint Interaktif di Sekolah Dasar. Educatif Journal of Education Research, 4(2), 73-80.
Bahri, A., & Aloysius, DC (2015). Kontribusi dari Motivasi Belajar dan Keterampilan Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Berbagai Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sains Baltik, 14(4), 487–500.
Deta, U. A., Suparmi, & Widha, S. (2013). Effect of guided inquiry, project creativities and science process skills to student achievement. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9 (1), 28–34.
Khasanah, N., Sajidan, Sutarno, & Prayitno, B. A. (2017). Implementation of discovery learning model with an integrated unity of sciences in the developing of critical thinking skills and personal religious beliefs (PRB) of students. Man in India, 97(19), 53-63.
Kurniasari, I. F., Dwijayanti, F. Roshayanti, dan S. handayani. 2023. Implementasi Culturally Responsive Teaching pada Materi Bentuk Bangun Ruang Kelas 1 SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. 6(7), 5364-5367.
Nasution, N. E. Dewi, dan S. V. R. Q. Qiyarotul. 2023. Pengembangan Karakter Komunikatif dan Disiplin melalui Metode Culturally Responsive Teaching dengan pembelajaran Sosial Emosional pada Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas X-2 SMAN 1 Kalitidu. Journal on Education, 6(1), 2408-2420.
Prihatni, Kumaidi, Y. and Mundilarto. 2016. Pengembangan Instrumen Diagnostik Kognitif pada Mata Pelajaran IPA di SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 20(1), 111–125.
Putra, B. K. B. and Prayitno, B. A. and Maridi. 2018. The Effectiveness Of Guided Inquiry and Instad Towards Students ’ Critical Thinking Skills On Circulatory System Materials. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 7(4), 476–482.
Sidqi, M. F. K. 2021. Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas di MAN 1 Batanghari. Jurnal Pendidikan Fisika dan Fisika Terapan. Vol. 2(2): 15-21
Wati, T. N., & Nafiah, N. (2020, December). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Tpack Pada Siswa Kelas V Upt Sd Negeri Jambepawon 02 Blitar. In Prosiding National Conference For Ummah, 1(1), 631-646.
Wicaksono, AGC (2014). Hubungan Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi dengan Strategi Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 85–92.