Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Teams games Tournament (TgT) pendekatan berdiferensiasi dengan Teams games Tournament (TgT) pendekatan Teaching at The Right Level (TaRl) terhadap hasil belajar siswa materi Unsur, Senyawa dan Campuran. Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek Penelitian dengan menggunakan 1 kelas VIII SMP sebanyak 34 peserta didik di SMP Negeri 26 Surabaya. Penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan Observasi dan memberi soal Pre Tes dan Post Tes pada peserta didik dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa kegiatan model pembelajaran Team Games Tournament (TgT) dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRl) memberikan pengaruh terhadap peningkatan Hasil belajar siswa dengan tingkat keefektivas yang didominasi kriteria Cukup Efektivitas sebesar 61%. Bahkan selisih capaian nilai efektivitas dengan Team Games Tournament (TgT) dengan pendekatan berdiferensiasi sangat signifikan sebesar 48%. Hal ini dapat dijadikan acuan pentingnya memberikan fasilitas seperti pendekatan pembelajaran bagi peserta didik agar diperoleh hasil belajar yang optimal.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Efektivitas Model Pembelajaran T Efektivitas Model Pembelajaran Teams games Tournament secara Berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level terhadap pengaruh Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Materi Unsur Senyawa Campuran: Model Pembelajaran Teams games Tournament secara Berdiferensiasi dengan Teaching at The Right Level . (2024). PendIPA Journal of Science Education, 8(2), 151–154. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.151-154

Referensi

    Hake, Richard R. "Analyzing change/gain scores." (1999): 438-335.
    Karinaningsih, I. (2010). Studi komparasi pembelajaran tik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together structure (NHTS) dan model pembelajaran auditory intellectually repetition (air) untuk meningkatkan hasil belajar siswa sma: studi kasus pada salah satu SMA Negeri Di Kota Bandung (Doctoral dissertation, UPI).
    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Pengembangan kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
    Purba, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa SMP pada materi unsur dan campuran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 1-10.
    Slavin, R. E. (2011). Instruction based on cooperative learning. In R. E. Mayer & P. A. Alexander (Eds.), Handbook of research on learning and instruction (pp. 344-360). New York: Routledge.