Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara kemampuan matematika dan kemampuan fisika dasar mahasiswa program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menggambarkan sejauh mana dua atau lebih variabel kuantitatif saling terkait. Penelitian ini melibatkan 38 mahasiswa program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat, yang memprogramkan mata kuliah wajib fisika dasar dan mata kuliah wajib matematika pada semester ganjil tahun akademik 2023/2024. Data hasil penelitian diperoleh dari tes kemampuan fisika dan tes kemampuan matematika yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi Spearman. Sebelum dilakukan uji korelasi, data hasil penelitian diuji normalitas terlebih dahulu menggunakan uji Shapiro Wilk. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara kemampuan matematika dan kemampuan fisika dasar mahasiswa sebesar rs = 0.7675 berada pada kategori korelasi yang kuat dan arah positif. Hal ini menunjukkan bahwa apabila kemampuan matematika mahasiswa tinggi maka kemampuan fisika dasar mahasiswa akan tinggi pula, begitupun apabila kemampuan matematika mahasiswa rendah maka kemampuan fisika dasar mahasiswa akan rendah pula.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Aulia Rahmadhani, Meili Yanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Chen, J., Pereira, J., Zhou, Y., Li, X., & Tamur, M. (2021). The Correlation between Mathematics and Physics Achievement of Senior High School Students. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1).
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Pearson.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (8th ed). McGraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages.
Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2012). Educational research: Competencies for analysis and applications (10th ed). Pearson.
Geyer, M.-A., & Kuske-Janßen, W. (2019). Mathematical Representations in Physics Lessons. In G. Pospiech, M. Michelini, & B.-S. Eylon (Eds.), Mathematics in Physics Education (pp. 75–102). Springer International Publishing.
Hanusz, Z., Tarasinska, J., & Zielinski, W. (2016). Shapiro–Wilk Test with Known Mean. REVSTAT-Statistical Journal, 89-100 Pages.
Haryadi, R. (2016). Korelasi antara Matematika Dasar dengan Fisika Dasar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(1), Article 1.
Johansson, H., & Österholm, M. (2023). Algebra discourses in mathematics and physics textbooks: Comparing the use of algebraic symbols. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1–22.
Krey, O. (2019). What Is Learned About the Roles of Mathematics in Physics While Learning Physics Concepts? A Mathematics Sensitive Look at Physics Teaching and Learning. In G. Pospiech, M. Michelini, & B.-S. Eylon (Eds.), Mathematics in Physics Education (pp. 103–123). Springer International Publishing.
Neumann, I., Sorge, S., Hoth, J., Lindmeier, A., Neumann, K., & Heinze, A. (2021). Synergy effects in learning? The influence of mathematics as a second subject on teacher students’ physics content knowledge. Studies in Higher Education, 46(10), 2035–2046.
Septima S, R., & Tirtasari, Y. (2022). Korelasi antara Kemampuan Belajar Matematika dengan Hasil Belajar Fisika Secara Online Siswa SMUN 1 Takengon. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 81–91.
Siombone, S. H., & Niwele, A. (2023). Studi Korelasi Kemampuan Awal Matematika Mahasiswa dengan Pencapaian Kognitif Fisika Umum Konsep Gerak Peluru pada Tingkatan Berpikir Aplikasi (C3) DAN ANALISIS (C4). Jurnal Pendidikan Fisika, 12(2), 116. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i2.49418
Suswati, L., Mirwani, & Rahmawati, E. (2020). Hubungan Kemampuan Dasar Matematika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri Kota Bima. Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 3(1), Article 1.
Referensi
Creswell, J. W. (2012). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Pearson.
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (8th ed). McGraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages.
Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. W. (2012). Educational research: Competencies for analysis and applications (10th ed). Pearson.
Geyer, M.-A., & Kuske-Janßen, W. (2019). Mathematical Representations in Physics Lessons. In G. Pospiech, M. Michelini, & B.-S. Eylon (Eds.), Mathematics in Physics Education (pp. 75–102). Springer International Publishing.
Hanusz, Z., Tarasinska, J., & Zielinski, W. (2016). Shapiro–Wilk Test with Known Mean. REVSTAT-Statistical Journal, 89-100 Pages.
Haryadi, R. (2016). Korelasi antara Matematika Dasar dengan Fisika Dasar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 9(1), Article 1.
Johansson, H., & Österholm, M. (2023). Algebra discourses in mathematics and physics textbooks: Comparing the use of algebraic symbols. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 1–22.
Krey, O. (2019). What Is Learned About the Roles of Mathematics in Physics While Learning Physics Concepts? A Mathematics Sensitive Look at Physics Teaching and Learning. In G. Pospiech, M. Michelini, & B.-S. Eylon (Eds.), Mathematics in Physics Education (pp. 103–123). Springer International Publishing.
Neumann, I., Sorge, S., Hoth, J., Lindmeier, A., Neumann, K., & Heinze, A. (2021). Synergy effects in learning? The influence of mathematics as a second subject on teacher students’ physics content knowledge. Studies in Higher Education, 46(10), 2035–2046.
Septima S, R., & Tirtasari, Y. (2022). Korelasi antara Kemampuan Belajar Matematika dengan Hasil Belajar Fisika Secara Online Siswa SMUN 1 Takengon. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 81–91.
Siombone, S. H., & Niwele, A. (2023). Studi Korelasi Kemampuan Awal Matematika Mahasiswa dengan Pencapaian Kognitif Fisika Umum Konsep Gerak Peluru pada Tingkatan Berpikir Aplikasi (C3) DAN ANALISIS (C4). Jurnal Pendidikan Fisika, 12(2), 116. https://doi.org/10.24114/jpf.v12i2.49418
Suswati, L., Mirwani, & Rahmawati, E. (2020). Hubungan Kemampuan Dasar Matematika Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri Kota Bima. Gravity Edu : Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika, 3(1), Article 1.