Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah dan meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pebelajaran Problem based learning (PBL). Model pembelajaran yang digunakan adalah PBL. Jenis penelitian merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 2 siklus pembelajaran. Adapun tahapan kegiatan yang dilaksanakan dalam peneltian Tindakan kelas ini meliputi perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas IX E SMPN 56 Surabaya sebanyak 39 orang. Teknik pengumpulan melalui observasi, wawancara, serta pemberian tes. Data hasil penelitian yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis secara deskriptif untuk menggambarkan data tentang peningkatan hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa penerapan PBL menghasilkan peningkatan hasil belajar peserta didik dari prasiklus ke siklus I sebesar 42,07% dan dari siklus I dan ke siklus II sebesar 24,37% dengan kategori peningkatan cukup baik. Hasil penelitan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat menjadi masukan bagi guru untuk melatihkan keterampilan pemecahan masalah dan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Problem Based Learning: Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi IPA: Problem Based Learning: Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi IPA kelas IX. (2024). PendIPA Journal of Science Education, 8(2), 171–175. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.171-175

Referensi

    Arends, R. I. (2012). Learning to teach (Ninth Edition). New York, US: McGraw Hill Book.
    Aslam, L. K., Suparji, S., & Rijanto, T. (2021). The effect of problem based learning model on learning outcomes in the vocational high school students. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(4), 264-267.
    Asiyah, A., Topano, A., & Walid, A. (2021). Pengaruh problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah Dan hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri 10 Kota Bengkulu. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 717-727.
    Halim, A., Halim, L., Meerah, T. S. M., & Osman, K. (2010). Pembangunan instrumen penyelesaian masalah sains. Jurnal Pendidikan Malaysia (Malaysian Journal of Education), 35(1), 35–39.
    Jumina, W., Syahrir, S., & Mahatma, M. (2020). The Relationship Between Problem Solving Methods and Student Learning Outcomes. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 1(1), 50-58.
    Kamaliah, K. (2021). Hakikat peserta didik. Educational Journal: General and Specific Research, 1(1), 49-55.
    Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi, K. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 2, No. 1, pp. 701-707).
    Novellia, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 149-156.
    Prihandono, T., Supriyono, A., Abdillah, U. F., & Sudarti, S. (2023). Analysis of Differentiate Learning with Classroom Action Research to Improve Physics Activities and Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(9), 7427- 7433.
    Rahman, M. R., Suyidno, S., & Suryajaya, S. (2023). Development of Physics Teaching Material with Problem-Based Learning to Train Students’ Problem-Solving Skills. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(3), 459-470.
    Shofiyah, N.,dan Wulandari, FE. (2018). “Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Melatih Scientific Resoaning Siswa”. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA.03 (01), 1-6.
    Strobel, J., & Barneveld, A. Van. (2009). When is PBL more effective ? A meta-synthesis of meta-analyses comparing PBL to conventional classrooms. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 3(1), 44–58.
    TIMSS (2015 )8th-Grade Science Concepts and Science Items. (Online), (http:nces.ed.gov/timss/pdf/timss2015_g8_science.pdf, diakses pada tanggal 28 Mei 2024).
    Ubabuddin, U. (2019). Hakikat Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal Edukatif, 5(1), 18-27.
    Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. tentang Sistem Pendidikan Nasional.
    Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016, September). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 26, pp. 263-278.