Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas bahan ajar berbasis komik pada materi hidrokarbon. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanah Miring. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul berbasis komik pada materi senyawa hidrokarbon dinyatakan valid dan praktis ditinjau dari aspek validitas, hasil validasi materi sebesar 100% dengan kategori sangat valid, validasi media sebesar 92% dengan kategori sangat valid dan angket peserta didik sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian, modul ajar berbasis komik sebagai bahan ajar materi senyawa hidrokarbon dinyatakan valid untuk digunakan sebagai bahan ajar materi senyawa hidrokarbon.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Yenni Pintauli Pasaribu, Lamtiar Ferawaty Siregar, Tresia Yumilda Somi Dakunya

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Agussalim, H., Muharram, M., & Danial, M. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbentuk Komik Berbasis Augmented Reality pada Materi Pokok Ikatan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 4(2), 121. https://doi.org/10.26858/cer.v4i2.20063
Farsa, H., Johari, A., & Kamid, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Komik dilengkapi Video Faktual pada Pelajaran IPA SMP Kelas VII. Biodik, 8(2), 22–30. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.16613
Fitria, T. N. (2022). Using Canva As Media for English Language Teaching (Elt) in Developing Creativity for Informatics Students’. ELT Echo : The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context, 7(1), 58. https://doi.org/10.24235/eltecho.v7i1.10789
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
Lesmana, I. (2021). Pengembangan Media Komik Pada Materi Hidrokarbon Berbasis Kearifan Lokal Di Sma Negeri 5 Banda Aceh Skripsi. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18075
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Novisari, U. F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital pada Materi Minyak Bumi. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61940
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709
Siregar, L. F. (2022). Penyusunan Modul Dalam Pembelajaran Daring/Luring SMA Papua. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2508–2512.
Suciana, F., Fauzan, A., & Sriningsih, R. (2018). Pengembangan Modul Berbentuk Komik Berbasis Kontekstual Untuk Pembelajaran Matematika Di SMA. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 7(1), 60–66.
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38
Referensi
Farsa, H., Johari, A., & Kamid, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Komik dilengkapi Video Faktual pada Pelajaran IPA SMP Kelas VII. Biodik, 8(2), 22–30. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.16613
Fitria, T. N. (2022). Using Canva As Media for English Language Teaching (Elt) in Developing Creativity for Informatics Students’. ELT Echo : The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context, 7(1), 58. https://doi.org/10.24235/eltecho.v7i1.10789
Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
Lesmana, I. (2021). Pengembangan Media Komik Pada Materi Hidrokarbon Berbasis Kearifan Lokal Di Sma Negeri 5 Banda Aceh Skripsi. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18075
Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
Novisari, U. F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital pada Materi Minyak Bumi. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61940
Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709
Siregar, L. F. (2022). Penyusunan Modul Dalam Pembelajaran Daring/Luring SMA Papua. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2508–2512.
Suciana, F., Fauzan, A., & Sriningsih, R. (2018). Pengembangan Modul Berbentuk Komik Berbasis Kontekstual Untuk Pembelajaran Matematika Di SMA. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 7(1), 60–66.
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38
