Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas bahan ajar berbasis komik pada materi  hidrokarbon. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Tanah Miring. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan modul berbasis komik pada materi senyawa hidrokarbon dinyatakan valid dan praktis ditinjau dari aspek validitas, hasil validasi materi sebesar 100% dengan kategori sangat valid, validasi media sebesar 92% dengan kategori sangat valid dan angket peserta didik sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian, modul ajar berbasis komik sebagai bahan ajar materi senyawa hidrokarbon dinyatakan valid  untuk digunakan sebagai bahan ajar materi senyawa hidrokarbon.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Pada Materi Hidrokarbon. (2024). PendIPA Journal of Science Education, 8(2), 223–230. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.223-230

Referensi

    Agussalim, H., Muharram, M., & Danial, M. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbentuk Komik Berbasis Augmented Reality pada Materi Pokok Ikatan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 4(2), 121. https://doi.org/10.26858/cer.v4i2.20063
    Farsa, H., Johari, A., & Kamid, K. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Komik dilengkapi Video Faktual pada Pelajaran IPA SMP Kelas VII. Biodik, 8(2), 22–30. https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.16613
    Fitria, T. N. (2022). Using Canva As Media for English Language Teaching (Elt) in Developing Creativity for Informatics Students’. ELT Echo : The Journal of English Language Teaching in Foreign Language Context, 7(1), 58. https://doi.org/10.24235/eltecho.v7i1.10789
    Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513
    Lesmana, I. (2021). Pengembangan Media Komik Pada Materi Hidrokarbon Berbasis Kearifan Lokal Di Sma Negeri 5 Banda Aceh Skripsi. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/18075
    Marsela Yulianti, Divana Leli Anggraini, Siti Nurfaizah, & Anjani Putri Belawati Pandiangan. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial, 1(3), 290–298. https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i3.53
    Novisari, U. F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Komik Digital pada Materi Minyak Bumi. Repository.Uinjkt.Ac.Id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/61940
    Romayanti, C., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengembangan E-Modul Kimia Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif Dengan Menggunakan Kvisoft Flipbook Maker. Alotrop, 4(1), 51–58. https://doi.org/10.33369/atp.v4i1.13709
    Siregar, L. F. (2022). Penyusunan Modul Dalam Pembelajaran Daring/Luring SMA Papua. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2508–2512.
    Suciana, F., Fauzan, A., & Sriningsih, R. (2018). Pengembangan Modul Berbentuk Komik Berbasis Kontekstual Untuk Pembelajaran Matematika Di SMA. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 7(1), 60–66.
    Tekege, M. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 2(1), 40–52. https://uswim.e-journal.id/fateksa/article/view/38