Main Article Content

Abstract

Penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan motivasi belajar, hasil belajar, serta keterampilan kognitif dan sosial siswa secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta pada mata pelajaran kimia setelah menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi koloid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta tahun pelajaran 2023/2024. Sumber data penelitian berasal dari guru dan siswa yang didapatkan melalui proses observasi, wawancara, dan angket. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Berdasarkan data yang diperoleh,  diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di mana pada siklus I rata-rata motivasi peserta didik sebesar 72,23% meningkat menjadi 76,00% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model Learning Cycle 5E menjadi salah satu upaya yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, terutama pada mata pelajaran kimia sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.


 

Article Details

How to Cite
Muryadi, Sulistyaningsih, Ainun Nisa, S., & Rahmawan, S. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Materi Koloid di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 243–252. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.243-252

References

  1. Aditya, I. K. D., Sumantri, M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh model pembelajaran learning cycle (5e) berbasis kearifan lokal terhadap sikap disiplin belajar dan hasil belajar ipa siswa kelas iv sd gugus v kecamatan sukasada. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 2(1), 43–54.
  2. Afrianti, A. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Materi Koloid. Global Journal Teaching Professional, 2(4), 397–406. https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.1054
  3. Arafah, S., & Hamid, A. (2016). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Koloid dengan Menggunakan Model Pembelajaran Arias Ber-setting Model Kooperatif Tipe Jigsaw. In QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (Vol. 7, Issue 1).
  4. Arslan, H. Ö., Geban, Ö., & Sağlam, N. (2015). Learning cycle model to foster conceptual understanding in cell division and reproduction concepts. Journal of Baltic Science Education, 14(5), 670.
  5. Asmawati, M., Nurhasanah, & Jiwandono, I. S. (2020). Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Muatan PPKn Kelas IV SDN Pemepek Kecamatan Pringgarata Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Inovasi Penelitian, 7(1), 1289–1296.
  6. Asriyanti, F. D., & Janah, L. A. (2019). Analisis gaya belajar ditinjau dari hasil belajar siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3(2), 183–187.
  7. Ayvaci, H., Yildiz, M., & Bakırcı, H. (2015). An evaluation of the instruction carried out with printed laboratory materials designed in accordance with 5E model: Reflection of light and image on a plane mirror. Eurasia Journal of Mathematics Science and Technology Education, 11(6).
  8. Dewi, N. P. S., Ardana, I. K., & Putra, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV. JIPP, 2(3), 368–377. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15389
  9. Dewi, R. V. K., Sunarsi, D., & Akbar, I. R. (2020). Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Minat Belajar Siswa di SMK Ganesa Satria Depok. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(4), 1001–1007. https://doi.org/10.5281/zenodo.4395889
  10. Ekawisudawati, E., Wijaya, M., & Danial, M. (2021). Analisis Miskonsepsi Peserta Didik pada Materi Asam Basa Menggunakan Instrumen Three-Tier Diagnostic Test. Chemistry Education Review, 5(1), 62–72. https://doi.org/10.26858/cer.v5i1.26359
  11. Hanifah, N. (2014). Memahami penelitian tindakan kelas: Teori dan aplikasinya. Upi Press.
  12. Harahap, Z. N., Azmi, N., Wariono, & Nasution, F. (2023). Motivasi, Pengajaran dan Pembelajaran. Journal on Education, 5(3), 9258–9269. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1732
  13. Karimah, N., Rasimin, R., & Andiyaksa, R. (2022). Identifikasi Tingkat Keaktifan Belajar Siswa di SMP Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12972–12977.
  14. Liana, D. (2020). Penerapan Pembelajaran Siklus Belajar (Learning Cycle 5e) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN 007 Kotabaru Kecamatan Keritang. J. Mitra PGMI, 6(2), 92–101. https://doi.org/10.46963/mpgmi.v6i1.127
  15. Makur, H. S., Nurfaika, N., & Koem, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Pada Materi Sebaran Dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Indonesia di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Suwawa. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 36–40.
  16. Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen penilaian motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 262–270. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611
  17. Ningsih, N., Saadi, P., & Irhasyuarna, Y. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 5E dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Koloid di Kelas XI MIA-3 MAN 1 Banjarmasin. Journal of Chemistry And Education, 1(3), 209–217.
  18. Nur, M., Winarti, A., & Iriani, R. (2022). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbantuan Linktree pada Materi Koloid dengan Model Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 6(1), 1–12. https://doi.org/10.20527/jcae.v6i1.1418
  19. Parera, L. A. M., Toni, S., Naat, J. N., Sudirman, Dewi, N. W. O., Kerihi, E. C. G., & Nenohai, J. A. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Kimia Berbantuan Kinemaster pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI SMA/MA. Jurnal Beta Kimia, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.35508/jbk.v2i1.7247
  20. Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan media big book untuk menumbuhkan minat membaca di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787
  21. Pujiantari, E. S., Kadaritna, N., & R, R. B. (2016). Pengembangan Media Animasi Berbasis Representasi Kimia pada Pembelajaran Jenis-jenis Koloid. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 5(2), 360–371.
  22. Rahmah, Y., Nasir, M., & Azmin, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran 5E Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas VIII SMP NEGRI 6 KOTA Bima. ORYZA (Jurnal Pendidikan Biologi), 8(2), 40–46.
  23. Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” November, 289–302.
  24. Ratmawan, I. P. J., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan Media yang Diproyeksikan Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 272–280.
  25. Regita, Y., Maulana, A., & Syahriani, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Learning Cycle Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation (5E) pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI di SMAN 16 Makassar. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Learning Cycle Engagement, Exploration Explanation, Elaboration, Evaluation (5E) Pada Materi Sistem Peredaran Darah Kelas XI Di SMAN 16 Makassar.
  26. Salyani, R., Nurmaliah, C., & Mahidin, M. (2020). Application of the 5E learning cycle model to overcome misconception and increase student learning activities in learning chemical bonding. 1. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012102
  27. Sari, I. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Manajemen dalam Penguasaan Keterampilan Berbicara (Speaking) Bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Tools, 9(1), 41–52.
  28. Sumarti, S. S., Nuswowati, M., & Kurniawati, E. (2018). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Pembelajaran Koloid dengan Lembar Kerja Praktikum Berorientasi Chemo-Entrepreneurship. Phenomenon, 8(2), 175–184. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2499
  29. Superni, N. L., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2018). Pengaruh Model Siklus Belajar 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elaboration, Evaluation) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA. International Journal of Elementary Education, 2(2), 115–122. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14413
  30. Supriani, Y., Ulfah, & Arifudin, O. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Peserta Didik dalam Pembelajaran. Jurnal Al-Amar (JAA), 1(1), 1–10.
  31. Wardhani, N. K. S. K., & Armini, N. W. Y. (2022). Implementasi Learning Cycle 5E dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti pada Siswa Kelas X SMAN 1 Rendang Karangasem. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 98–112. https://doi.org/10.37329/jpah.v0i0.1620
  32. Wulandari, C., Susilaningsih, E., & Kasmui. (2018). Estimasi Validitas dan Respon Siswa terhadap Bahan Ajar Multi Representasi: Definitif, Makroskopis, Mikroskopis, Simbolik pada Materi Asam Basa. Phenomenon, 8(2), 165–174. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2498
  33. Yaman, S., & Karaşah, Ş. (2018). Effects of learning cycle models on science success: A meta-analysis. Journal of Baltic Science Education, 17(1), 65.
  34. Yeni, D. F., Putri, S. L., & Setiawati, M. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa SMP N 1 X Koto Diatas. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 10(2), 133–140.