Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan saat ini mengedepankan peserta didik untuk aktif berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Revolusi industri 4.0 memengaruhi pendidikan 4.0, yang melibatkan penggunaan teknologi digital, atau cyber system, dalam proses belajar. Dengan penggunaan teknologi tersebut memungkinkan proses pembelajaran berlangsung tidak terbatas ruang dan waktu, dengan arti proses pembelajaran tidak hanya diruang kelas dan pada saat jam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Case Base Learning berbantuan media Augmented Reality terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains pada materi sistem reproduksi siswa kelas XI SMA Negeri 13 Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah quasy eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu the one group pretest-posttest design. Adapun hasil analisis data yang diperoleh yaitu rata rata nilai pretest siswa adalah 50,13 dan posttest adalah 87,26 nilai N-gain yaitu sebesar 0,74 dengan kategori tinggi. Sehingga, dinyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran case base learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 13 Samarinda.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Yasthin Parung, Herliani Herliani, Elsje Theodora Maasawet, Vandalita Maria Magdalena Rambitan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Aditama, P. W., Adnyana, I. N. W., Ariningsih, K. A. 2019. Augmented reality dalam multimedia pembelajaran. Pros. Semin. Nas. Desain dan Arsit. Vol 2, pp 2-3.
- Aditiany, V., Rani, T, P. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. Vol 18 No 2, pp, 15.
- Andika, I, P, H, W., I Ketut, Y., Made, A, D. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran InquiryTerhadapHasil Belajar TeknikDasarPassingSepak Bola. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. Vol 7 No.1, pp, 95-96.
- Elvanisi, A., Hidayat, S., dan Fadillah, E. N. 2018. Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol 4 No 2, pp, 247.
- Farikah., Mimi, M., Astuty., Aulya Cahyaningrum. 2022. Learning Case and Project-based Model Methods: Challenges and Opportunities. Jurnal Riset Pedagogik. Vol 3 No 3, pp, 494.
- Gusteti, M,U., Neviyarni. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika. Vol 2 No. 3, pp, 64.
- Kamaruddin, R., Rahmatia, T. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. Vol 1 No. 2, pp 25-34.
- Nosela, S., Parsaoran, S., dan Iyon, S. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Level Of Inquiri dengan Virtual LAB Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta DIdik SMA Pada Materi Fluida Statis. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics. Vol 6 No. 2, pp, 101.
- Qorimah, E, N., Sutama. 2022. Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu. Vol 6 No. 2, pp, 2056-2027.
- Rahman, S. 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0”. SBN 978-623-98648-2-8, pp 298-299.
- Rini, E, F, S. 2023. Practicum Activity: Analysis of Science Process Skills and Students' Critical Thinking Skills. integrated Science Education Journal. Vol 2 No. 2, pp, 50, 55 dan 61.
- Riskiono, S, D., Try, S., Kristianto. 2020. A ugmented realitysebagai Media Pembelajaran Hewan Purbakala. Jurnal Teknik Informatika. Vol 8 No.1, pp, 9.
- Salsabila RA, S. 2023. Pengaruh Penerapan Model Case Based Learning (CBL) Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA S Adabiah Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 7 No.3, pp, 22164 dan 22167.
- Sapulette, V. 2023. Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on teacher education. Vol 5 No. 1, pp, 209.
- Sobri, M., Abdul, M., Sulhi, M, D. 2021. Penggunaan model Pembelajaran case method dalam mengatasi demotivasi belajar during mata kuliah muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi.Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam. VOl 2 No. 2, pp, 5,6 dan 8.
- Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV, pp 23, 115 dan 123.
- Sungkono, S., Vepi, A., Satya, S. 2022. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 11 No. 3, pp, 460.
- Wati, D, A dan Titin, S. 2019. Keterlaksanaan Case Based Learning (Cbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Di Sma. Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 8 No. 2, pp, 590.
- Yunita, N., Tutut, N. 2021. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains. Vol 9 No. 3, pp, 381-389.
- Zuriatin, Nurhasanah, Nurlaila. 2021. Pandangan Dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Jurnal pendidikan IPS. Vol 11 No. 1, pp, 47.
Referensi
Aditama, P. W., Adnyana, I. N. W., Ariningsih, K. A. 2019. Augmented reality dalam multimedia pembelajaran. Pros. Semin. Nas. Desain dan Arsit. Vol 2, pp 2-3.
Aditiany, V., Rani, T, P. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kuningan). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi. Vol 18 No 2, pp, 15.
Andika, I, P, H, W., I Ketut, Y., Made, A, D. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran InquiryTerhadapHasil Belajar TeknikDasarPassingSepak Bola. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. Vol 7 No.1, pp, 95-96.
Elvanisi, A., Hidayat, S., dan Fadillah, E. N. 2018. Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. Vol 4 No 2, pp, 247.
Farikah., Mimi, M., Astuty., Aulya Cahyaningrum. 2022. Learning Case and Project-based Model Methods: Challenges and Opportunities. Jurnal Riset Pedagogik. Vol 3 No 3, pp, 494.
Gusteti, M,U., Neviyarni. 2022. Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika. Vol 2 No. 3, pp, 64.
Kamaruddin, R., Rahmatia, T. 2021. Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (Ar) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Sma. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran. Vol 1 No. 2, pp 25-34.
Nosela, S., Parsaoran, S., dan Iyon, S. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Level Of Inquiri dengan Virtual LAB Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta DIdik SMA Pada Materi Fluida Statis. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics. Vol 6 No. 2, pp, 101.
Qorimah, E, N., Sutama. 2022. Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Basicedu. Vol 6 No. 2, pp, 2056-2027.
Rahman, S. 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0”. SBN 978-623-98648-2-8, pp 298-299.
Rini, E, F, S. 2023. Practicum Activity: Analysis of Science Process Skills and Students' Critical Thinking Skills. integrated Science Education Journal. Vol 2 No. 2, pp, 50, 55 dan 61.
Riskiono, S, D., Try, S., Kristianto. 2020. A ugmented realitysebagai Media Pembelajaran Hewan Purbakala. Jurnal Teknik Informatika. Vol 8 No.1, pp, 9.
Salsabila RA, S. 2023. Pengaruh Penerapan Model Case Based Learning (CBL) Berbantuan Canva terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa di SMA S Adabiah Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 7 No.3, pp, 22164 dan 22167.
Sapulette, V. 2023. Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on teacher education. Vol 5 No. 1, pp, 209.
Sobri, M., Abdul, M., Sulhi, M, D. 2021. Penggunaan model Pembelajaran case method dalam mengatasi demotivasi belajar during mata kuliah muhadatsah Lil Mubtadiin Prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Jambi.Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam. VOl 2 No. 2, pp, 5,6 dan 8.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV, pp 23, 115 dan 123.
Sungkono, S., Vepi, A., Satya, S. 2022. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 11 No. 3, pp, 460.
Wati, D, A dan Titin, S. 2019. Keterlaksanaan Case Based Learning (Cbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Penalaran Ilmiah Di Sma. Inovasi Pendidikan Fisika. Vol 8 No. 2, pp, 590.
Yunita, N., Tutut, N. 2021. Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains. Vol 9 No. 3, pp, 381-389.
Zuriatin, Nurhasanah, Nurlaila. 2021. Pandangan Dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara Dalam Memajukan Pendidikan Nasional. Jurnal pendidikan IPS. Vol 11 No. 1, pp, 47.