Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembuatan storyboard bertujuan untuk mempermudah tahap awal sebelum pembuatan virtual laboratorium diharapkan dapat digunakan dengan baik dan mudah dipahami sesuai dengan jenjang dan kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yaitu model design sistem pembelajaran yang memperlihatkan tahapan dasar sistem pembelajaran yang mudah untuk dilakukan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis produk berupa saran ataupun komentar hasil penilaian, lembar validasi dan review dari ahli konten dan ahli media. Tampilan storyboard sangat memudahkan dalam pembuatan dalam virtual laboratory disebabkan karena tampilannya yang mudah dipahami dan mewakili dari penyampaian materi yang disampaikan. Untuk selanjutnya story board ini akan dikembangkan ke tahap selanjutnya yaitu ke virtual laboratorium untuk dilakukan berbasis web.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Friska Juliana Purba, Calandra A. Haryani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arsita, G. A. M. L., & Astawan, I. G. (2022). Improving Student Learning Outcomes in Online Learning by Using Electronic Teaching Materials. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2), 199–209.
- Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
- Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.
- Dzikro, A. Z. T., & Dwiningsih, K. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual pada Sub Materi Kimia Unsur Periode Ketiga. Chemistry Education Practice, 4(2), 160–170.
- Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120.
- Kurniawan, W., Jufrida, J., Basuki, F. R., Ariani, R., & Fitaloka, O. (2019). Virtual Laboratory Based Guided Inquiry: Viscosity Exsperiments. JIPF: Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 4(2), 91.
- Lestari, L., Aprilia, L., Fortuna, N., Cahyo, R. N., Fitriani, S., Mulyana, Y., & Kusumaningtyas, P. (2023). Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 1–10.
- Novia Sari, R., & Tri Wahyuni Maharani, E. Implementasi Media Pembelajaran Kimia Berbasis Digital Dalam Storyboard Pada Materi Larutan Penyangga “‘Bufferpedia’” Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Kelas XII. http://prosiding.unimus.ac.id
- Rasyidah, R., & Kusmarni, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Pembuatan Storyboard Melalui Aplikasi Storyboardthat.com. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(2), 105–114.
- Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma. 21(2), 261–268.
- Siregar, E., Kusumawardani, D., & Bunyamin, E. M. (2022). Virtual Laboratory for Practical Learning in Vocational Education Using Nine Events of Instruction Approach. Journal of Education Research and Evaluation, 6(3), 457–467.
- Yuliana, V., Copriady, J., & Erna, M. (2023). Pengembangan E-Modul Kimia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Liveworksheets pada Materi Laju Reaksi. In JIPK (Vol. 17, Issue 1).
- Zurweni, Z., & Sanova, A. (2023). Development of UV-VIS Spectrophotometer Virtual Laboratory Media for Instrumental Analytical Chemistry Digital Practicum. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 13(1).
Referensi
Arsita, G. A. M. L., & Astawan, I. G. (2022). Improving Student Learning Outcomes in Online Learning by Using Electronic Teaching Materials. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(2), 199–209.
Branch, R. M. (2010). Instructional design: The ADDIE approach. In Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42.
Dzikro, A. Z. T., & Dwiningsih, K. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Laboratorium Virtual pada Sub Materi Kimia Unsur Periode Ketiga. Chemistry Education Practice, 4(2), 160–170.
Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120.
Kurniawan, W., Jufrida, J., Basuki, F. R., Ariani, R., & Fitaloka, O. (2019). Virtual Laboratory Based Guided Inquiry: Viscosity Exsperiments. JIPF: Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 4(2), 91.
Lestari, L., Aprilia, L., Fortuna, N., Cahyo, R. N., Fitriani, S., Mulyana, Y., & Kusumaningtyas, P. (2023). Review: Laboratorium Virtual untuk Pembelajaran Kimia di Era Digital. Jambura Journal of Educational Chemistry, 5(1), 1–10.
Novia Sari, R., & Tri Wahyuni Maharani, E. Implementasi Media Pembelajaran Kimia Berbasis Digital Dalam Storyboard Pada Materi Larutan Penyangga “‘Bufferpedia’” Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Kelas XII. http://prosiding.unimus.ac.id
Rasyidah, R., & Kusmarni, Y. (2020). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Dengan Pembuatan Storyboard Melalui Aplikasi Storyboardthat.com. FACTUM: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah, 9(2), 105–114.
Rosmiati, M. (2019). Animasi Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode ADDIE. Paradigma. 21(2), 261–268.
Siregar, E., Kusumawardani, D., & Bunyamin, E. M. (2022). Virtual Laboratory for Practical Learning in Vocational Education Using Nine Events of Instruction Approach. Journal of Education Research and Evaluation, 6(3), 457–467.
Yuliana, V., Copriady, J., & Erna, M. (2023). Pengembangan E-Modul Kimia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Liveworksheets pada Materi Laju Reaksi. In JIPK (Vol. 17, Issue 1).
Zurweni, Z., & Sanova, A. (2023). Development of UV-VIS Spectrophotometer Virtual Laboratory Media for Instrumental Analytical Chemistry Digital Practicum. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 13(1).