Isi Artikel Utama

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis yang dimiliki siswa tergolong rendah, hal ini juga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model PBL berbantuan authetic video terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang. Penelitian dilakukan pada kelas kontrol dan kelas eksperimen, dengan desain penelitian posttest only control group. Data primer diperoleh melalui tes yang dilakukan di akhir kegiatan pembelajaran (posttest), data hasil tes akan dianalisis dengan uji normalitas dan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian berpikir kritis kedua kelas menunjukkan 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga kedua kelas memiliki perbedaan nilai yang signifikan. Sementara hasil belajar dengan ketentuan taraf signifikansi yang sama memiliki hasil sebesar 0,011<0,05 yang artinya hasil belajar kedua kelas berbeda secara signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL berbantuan authentic video berpengaruh terhadap kemampuan berpikir dan hasil belajar siswa pada materi getaran dan gelombang.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Fatmawati, R., Supeno, S., & Bachtiar, R. W. (2024). Pengaruh Model PBL berbantuan Authentic Video Pada Materi Getaran dan Gelombang Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. PendIPA Journal of Science Education, 8(2), 337–341. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.337-341

Referensi

  1. Handayani, A., dan H. D. Koeswati. 2021. Meta-analisis model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Basicedu. 5(3), 1349-1355.
  2. Haerunnisa., Prasetyaningsih., dan L. T. Biru. 2022. Analisis miskonsepsi siswa smp pada konsep getaran dan gelombang. PENDIPA Journal of Science Education. 6(2), 428-433.
  3. Jamaluddin, A., W. Jufri., Muhlis., dan I. Bahtiar. 2020. Pengembangan instrumen keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran ipa. J Pijar. 15(1) ,13-19.
  4. Jufrida., Fibrika., R. B., Frenki. R., dan Heni. P. 2020. Analisis permasalahan pembelajaran IPA : Studi kasus di SMPN 7 Muaro Jambi. Jurnal Pendidikan Sains (JPS). 8(1), 50-58.
  5. OECD. (2023) PISA 2022 Result (volume I) : The State of Learning and Equity in Education. Paris : OECD Publishing.
  6. Purwaningsih, E. 2015. Potret Representasi Pedagogical Content Knowledge (PCK) Guru dalam Mengajarkan Materi Getaran dan Gelombang pada Siswa Smp. Indonesian Journal of Applied Physics. 5(1), 15.
  7. Putri, M. I., I. Wilujeng., dan W. Setianingsih. 2017. Pengaruh model problem based learning berbantuan video terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP. I E-Journal Pendidikan IPA. 6(8), 1-5.
  8. Widyaningrum, A., Wasitohadi., dan T. S. Rahayu. Penerapan model problem based learning (PBL) berbantuan media video untuk meningkatkan hasil belajar muatan ipa di kelas 4 sd. Jurnal Pendidikan Indonesia. 4(2), 154-166.
  9. Ridho, S., Ruwiyatun., B. Subali., dan P. Marwoto. 2020. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pokok bahasan klasifikasi materi dan perubahannya. Jurnal Pendidikan IPA. 6(1), 10-15.