Main Article Content

Abstract

This classroom action research aimed to determine the learning outcomes and level of critical thinking demonstrated by the students in the class. The researchers utilized a quasi-experimental study methodology, especially employing a research design called the one group pretest-posttest design. The methodology used was the Independent Sample t-Test to analyze learning outcomes, with a significance level of 5%. This research results a substantial significance. The two-tailed test result is statistically significant because the p-value (0.000) is smaller than the significance level (0.05), or the t-statistic (3.268) is larger than the crucial t-value (2.01063). This study suggests that the combined use of integrated problem-based learning (PBL) and numbered head together (NHT) learning models significantly affect the learning outcomes of class X students at SMA Negeri 16 Samarinda.

Article Details

How to Cite
Indriani, Y., Kurniawati, Z. L., Masitah, & Lumowa, S. V. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Terintegrasi Problem Based Learning (PBL) dan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar: -. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 358–367. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.2.358-367

References

  1. Ali, M. M. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian. JPIB: Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd. Vol 1 No 2, pp, 2 .
  2. Asmawati, A. 2017. Penggunaan Pendekatan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri Bireun. Jurnal Serambi Akademica, Vol 5 No 2 , pp, 20
  3. Aisyah, A., Jaenudin, R., & Koryati, D. 2018. Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal profit: kajian pendidikan ekonomi dan ilmu ekonomi. Vol 1 No 1 ,pp, 2.
  4. Dadri, C., Dantes, N., & Gunamantha, M. 2019. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia. Vol 3. No. 2, pp, 84-93.
  5. Damayanti, A. 2022. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi . Vol. 1, No. 1, pp, 99-100
  6. Isma, T. W., Putra, R., Wicaksana, T. I., Tasrif, E., & Huda, A. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. Vol 6 No 1, pp, 156.
  7. Hotimah, H. 2020. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, Vol 7 No 2, pp, 6.
  8. Iskandar, A. P., & Leonard, L. 2018. Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa. In Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1 No 1, pp 448.
  9. Kurniawati, D., & Ekayanti, A. 2020. Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika. PeTeKa. Vol. 3 No. 2, pp, 110.
  10. Lidya, W. 2018. Pengaruh Pembelajaran Numbered Head Together dan Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ips. Inspirasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Vol. 15 No. 2, pp, 19.
  11. Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. 2019. Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan , vol 1, pp, 928.
  12. Nabila, N. 2021. Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol 2 No 5, pp, 868.
  13. Nurrita, T. 2018. Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat. Vol. 3 No. 1, pp, 171-187.
  14. Sulastri, S., Imran, I., & Firmansyah, A. 2015. Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Online. Vol. 3 No 1, pp, 92.
  15. Triani, T., Copriady, J., & Rasmiwetti, R. Integrasi Startegi Pembelajaran NHT dalam Model Pembelajaran PBL untuk Memotivasi dan Meningkatkan Hasil Belajar Pwserta Didik. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Riau. Vol 6 No 2, pp , 64.
  16. Turdjai, T. 2016. Effect Of Learning Approach On Student Learning Outcomes. Triadik, Vol.15 No. 2, pp, 17.
  17. Wijanarko, Y. 2017. Model pembelajaran Make a Match untuk pembelajaran IPA yang menyenangkan. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An. Vol. 1 No. 1, pp , 52-59
  18. Yenni, R. F. 2016. Penggunaan metode numbered head Together (NHT) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika. Vol 9 No 2, pp, 36.