Main Article Content

Abstract

The purpose of this study is to describe the validity, practicality, and effectiveness of the results of the development of chatbot media tailored to the indicators of creative thinking skills to improve students' creative thinking skills. This research includes Research and Development which uses the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, evaluation). Data collection was obtained from media validation forms, implementation observations, student response questionnaires, and tests (pretest and posttest). The results of chatbot media validation from three validators were 84.48% with a valid category. The results of the practicality of chatbot media from three observers were 93.23% with a very practical category. The results of the effectiveness of chatbot media from the N-gain results were 0.72 with a high category and student responses obtained 84.09% with a very good category. Based on the results of the study, chatbot media is valid and practical to be implemented in science learning and can improve students' creative thinking skills.

Keywords

Chatbot pembelajaran IPA Keterampilan Berpikir Kreatif Chatbot Science Creative Thinking

Article Details

Author Biography

Zainur Rasyid Ridlo, Universitas Jember

 

 

How to Cite
Nabillah, Z., Rusdianto, & Ridlo, Z. R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Chatbot Berbasis Web Dalam Pembelajaran IPA SMP Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 8(3), 427–433. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.3.427-433

References

  1. Ananda. R. 2019. Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(1): 1-8.
  2. Auliyak, P., M. D. W. Ernawati, dan W. Syahri. 2023. Pengembangan multimedia pembelajaran cahaya dan alat optik berorientasi keterampilan berpikir kreatif siswa. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA. 13(1): 1-16.
  3. Dwiqi, G. C. S., I. G. W. Sudatha, dan A. I. W. I. Y. Sukmana. 2020. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mata pelajaran IPA untuk siswa SD kelas V. Jurnal Edutech Undiksha. 8(2): 33-48.
  4. Fitriyah, A., dan S. D. Ramadani. 2021. Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan. 10(1): 209-226.
  5. Guilford, J. P. 1967. The Nature of Human Intelligence. United State of America: McGraw-Hill.
  6. Haerunnisa, H., Prasetyaningsih, P., & Biru, L. T. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Konsep Getaran dan Gelombang. PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 428–433.
  7. Hasanah, M., Supeno, dan D. Wahyuni. 2023. Pengembangan e-modul berbasis flip pdf professional untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 10(1): 44-58.
  8. Hasman, A. M., Nadrah, dan R. Tahir. 2023. Peningkatan hasil belajar IPA melalui media interaktif digital berbasis Chatbot pada siswa kelas IV 2 UPT SD Negeri 8 Binamu Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan. 2(2): 01-25.
  9. Istiqomah, K., V. Setyaningrum, dan D. S. Atmaja. 2023. Pengembangan bahan ajar Chatbot berbasis artificial intelligence materi sistem peredaran darah manusia kelas V. Perspektif Pendidikan dan Keguruan. 14(1): 50-56.
  10. Jannah, D. R. N., dan I. R. W. Atmojo. 2022. Media digital dalam memberdayakan kemampuan berpikir kritis abad 21 pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jurnal Basicedu. 6(1): 1064-1074.
  11. Kasmayanti, N. U., V. Setyaningrum, dan D. S. Atmaja. 2023. Pengembangan bahan ajar Chatbot berbasis artifical intelligence pada materi sistem pencernaan manusia kelas V di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 5(1): 294-307.
  12. Nurmala, S., R. Triwoelandari, dan M. Fahri. 2021. Pengembangan media articulate storyline 3 pada pembelajaran IPA berbasis STEM untuk mengembangkan kreativitas siswa SD/MI. Jurnal Basicedu. 5(6): 5024-5034.
  13. Parina, R., A. Wijaya, dan Y. Apridiansyah. 2022. Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif SD N 17 Kota Bengkulu Berbasis Android. Jurnal Media Infotama. 18(1): 121-127.
  14. Ridlo, Z. R., Rusdianto, L. Afafa, dan E. M. Ulfa. (2022). The development of android applications in junior high schools as learning media in astronomy course in smp cendekia insani. Pancaran Pendidikan. 11(1): 103-110.
  15. Ruqoyyah, M. A. Fatkhurrohman, dan Y. Arfiani. 2020. Implementasi model inkuiri terbimbing berbantuan pop-up book untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains. 8(1): 42-48.
  16. Selvina, O., V. Setyaningrum, dan D. S. Atmaja. 2023. Pengembangan bahan ajar chatbot berbasis artificial intelligence pada materi sistem pernapasan makhluk hidup di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah. 8(2): 88-99.
  17. Wicaksono, I., Indrawati, dan Supeno. 2020. Phet (physics education technology) sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Fkip e-Proceeding. 5(1): 1-5.
  18. Yuniar, E., dan H. Purnomo. 2019. Implementasi Chatbot" Alitta" Asisten Virtual Dari Balittas Sebagai Pusat Informasi Di Balittas. Antivirus: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika. 13(1): 24-35.