Isi Artikel Utama

Abstrak

Perkembangan IPTEK di Indonesia mendorong inovasi pendidikan, termasuk penggunaan teknologi dalam pembelajaran sesuai Kurikulum Merdeka. Modul cetak yang digunakan kurang efektif dalam visualisasi proses biologis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran yakni e-modul interaktif berbasis case study materi sistem sirkulasi darah, kemudian menganalisis kelayakan media, menganalisis persepsi guru dan peserta didik atas produk yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluation. Jenis data penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah angket validasi ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakan produk, angket persepsi guru dan peserta didik yang disebarkan kepada kelompok kecil berjumlah 6 peserta didik dan kelompok besar 27 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan e-modul interaktif berbasis case study yang telah melalui tahap validasi materi diperoleh persentase sebesar 91,6% dengan kategori “sangat layak”, tahap validasi media diperoleh persentase sebesar 96,25% dengan kategori “sangat layak”. Hasil persepsi guru biologi diperoleh persentase 91,25% termasuk pada kategori “sangat baik”. Hasil persepsi ujicoba kelompok kecil sebesar 92,29% termasuk kategori “baik” dan ujicoba kelompok besar sebesar 93,05% termasuk kategori “sangat baik”. Maka disimpulkan bahwa pengembangan e-modul interaktif berbasis case study layak, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran biologi materi sistem sirkulasi darah

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case Study Pada Materi Sistem Sirkulasi Darah Untuk Siswa Kelas XI SMA. (2024). PendIPA Journal of Science Education, 8(3), 440–448. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.3.440-448

Referensi

    Agit, A., Hasmawati, Sahurri, Yunus, S., & Syukri, F. (2023). Peran Dan Kontribusi Teknologi Dalam Menunjang Potensi Ekonomi Masyarakat Di Wilayah Pedesaan. Seminar Nasional Pariwisata Dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 263–271. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.126
    Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1), 62–65. https://doi.org/10.33751/jsalaka.v2i1.1838
    Anggriani, F. D., Arsih, F., Rahmi, F. O., Padang, U. N., & Biologi, P. (2024). LITERATURE REVIEW : VALIDITAS PENGEMBANGAN E-MODUL DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA / MA LITERATURE REVIEW : VALIDITY OF E-MODULE DEVELOPMENT. VII(September), 130–137.
    Azzahra, S., & Febriani Sya, M. (2023). Strategi Pembelajaran Inovatif dan Kreatif di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 2(1), 329–338. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/7943/3605
    Belanisa, F., Amir, F. R., & Sudjani, D. H. (2022). E-modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.30997/tjpba.v3i1.4754
    Handayani, S., Halidjah, S., Auliya, D., & Ghasya, V. (2021). Deskripsi Kemampuan Guru Membuat Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(03), 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/46061
    Herman, H., Olahairullah, O., & Nehru, N. (2019). Hubungan Antara Keterampilan Siswa Menggunakan Higrometer dengan Hasil Belajar IPA Terpadu Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas VII di SMPN 6 Kota Bima Tahun Pelajaran 2018/2019. Oryza ( Jurnal Pendidikan Biologi ), 8(1), 31–35. https://doi.org/10.33627/oz.v8i1.164
    Idayanti, A., & Suleman, M. . (2024). E-Modul sebagai Bahan Ajar Mandiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.61283
    Ikhtiara, T., Jaya, A., Madalena, D. ., Putri, N., & Suryanda, A. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Biologi di Sekolah Urban. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 216–224. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i3.12940
    Lastri, Y. (2023). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914
    Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
    Manurung, J., Haloho, B., & Napitu, U. (2023). Mengembangkan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) di Sd. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 8(2), 676. https://doi.org/10.58258/jupe.v8i2.5596
    Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
    Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
    Parmin, & Peniati, E. (2014). PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH STRATEGI BELAJAR MENGAJAR IPA BERBASIS HASIL PENELITIAN PEMBELAJARAN. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 146–153.
    Roza, L. . (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Artikulasi Pada Siswa KeLAS XI IPA-2 MAN 3 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.
    Sholeh, B., Hufad, A., & Fathurrohman, M. (2023). Pemanfaatan E-Modul Interaktif dalam Pembelajaran Mandiri Sesuai Kapasitas Siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(2), 2614–3275. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.458.
    Solihudin JH, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731
    Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1), 65–72. https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868
    Winatha, K. R. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188–199. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021
    Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Khazanah Pendidikan, 15(2), 139. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809
    Wulandari, R. (2023). Dampak Perkembangan Teknologi Dalam Pendidikan Dimasa Pandemi Bagi Kaum Milenial. Journal of Pedagogy and Online Learning, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.24036/jpol.v2i1.20