Isi Artikel Utama

Abstrak

Tuntutan abad ke 21 ini, menuntut siswa untuk memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah sehari-hari serta kesadaran keinginan. Kesadaran ini mencakup pemahaman, sikap, dan tindakan yang mendukung upaya pelestarian lingkungan serta pembangunan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil keterampilan proses sains dan kesadaran berkelana dalam konsep ESD siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kulitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa SMP Negeri 23 Semarang. Instrumen yang digunakan yaitu soal pilihan ganda untuk mengukur tingkat keterampilan proses sains dan angket untuk mengetahui kesadaran minat siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains siswa masih berada pada tingkat cukup dengan perolehan persentase rata – rata 61,97, sedangkan tingkat persentase kesadaran menyukai siswa dalam kategori medium dengan perolehan persentase 66,2. Sehingga dapat disimpulkan dalam pembelajaran IPA perlu adanya pendekatan KPS dan penerapan model pembelajaran berbasis masalah yang terintegrasi ESD dalam upaya peningkatan keterampilan proses sains dan kesadaran berkesinambungan (sustainability awareness) siswa SMP .


 


Kata kunci: Keterampilan Proses Sains ; Siswa; Kesadaran Keberlanjutan.

Kata Kunci

Kesadaran Berkelanjutan keterampilan proses sains

Rincian Artikel

Cara Mengutip
sifah, layyinatus, Dewi, E. R. S., Roshayanti, F., & Hayat , M. S. (2024). profil Profiles of science process skills and sustainability awareness of junior high school students: Profiles of science process skills and sustainability awareness of junior high school students. PendIPA Journal of Science Education, 8(3), 549–556. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.3.549-556

Referensi

  1. Aditiyas, S. E., & Kuswanto, H. (2024). Analisis Implementasi Keterampilan Proses Sains Di Indonesia Pada Pembelajaran Fisika : Literatur Review. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 153–166. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i2.15912
  2. Angelia, Y., Supeno, S., & Suparti, S. (2022). Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri. Jurnal Basicedu, 6(5), 8296–8303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3692
  3. Anggraini, S., & Sukartono, S. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5287–5294. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3071
  4. Arsy Mutiara Rihada, Ratih Soko Aji Jagat, & Dede Indra Setiabudi. (2021). Refleksi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdasarkan Hasil Pisa (Programme for Interational Student Assessment). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 1(2), 1–8. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v1i2.293
  5. Arwan, J. F., Dewi, L., & Wahyudin, D. (2021). Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan Berkelanjutan, 22(2), 23–38.
  6. Astuti, S. W., Andayani, Y., Al-Idrus, S. W., & Purwoko, A. A. (2019). Penerapan Metode Praktikum Berbasis Kehidupan Sehari-hari Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI MIA MAN 1 Mataram. Chemistry Education Practice, 1(2), 20. https://doi.org/10.29303/cep.v1i2.952
  7. Awalia, N. (2021). Manajemen Risiko Bencana Hidroklimatologi untuk Ketahanan Kota di Semarang. Jurnal Biosains Pascasarjana, 23(1), 6. https://doi.org/10.20473/jbp.v23i1.2021.6-15
  8. Barokah, Awalina, at al. (2019). Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Sains (Kps) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 18–31. https://doi.org/10.31949/jee.v2i1.1269
  9. Carmila, M. (2022). Analisis Muatan Keterampilan Proses Sains Pada Lembar Kerja Peserta Didik SDS Bruder Kanisius Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 2(02), 445–451. https://doi.org/10.47709/jpsk.v2i02.1812
  10. E. Triani, Darmaji, & Astalini. (2023). Identifikasi Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berargumentasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 13(1), 9–16. https://doi.org/10.23887/jppii.v13i1.56996
  11. Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426
  12. Fitriani, R., Maryani, S., Chen, D., Aldila, F. T., Br.Ginting, A. A., Sehab, N. H., & Wulandari, M. (2021). Mendeskripsikan Keterampilan Proses Sains Siswa melalui Kegiatan Praktikum Viskositas di SMAN 1 Muaro Jambi. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 173–179. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.2.173-179
  13. Ginting, et al. (2022). Analisis Pentingnya Keterampilan Proses Sains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di SMA Se-Kecamatan Pemayung. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(1), 91–96. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i1.542
  14. Hamadi, A. A. L. (2018). Pemahaman Guru Terhadap Keterampilan Proses Sains (Kps) Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Ipa Smp Di Salatiga. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 6(2), 42. https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.935
  15. Hayati, S. (2016). Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Jenjang Pendidikan Dasar. Jurnal Geografi Gea, 7(1). https://doi.org/10.17509/gea.v7i1.1712
  16. Juantara, B., & Bulan, I. (2020). Pendidikan Lingkungan Dan Jalan Tengah Kebijakan Sumber Daya Alam Di Indonesia. SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 22(1), 79–90. https://doi.org/10.23960/sosiologi.v22i1.49
  17. Kurnia, N. D., Chandra, A. F., & Tarigan, D. E. (2020). Pengembangan Instrumen Sustainability Awareness Dalam Materi Alat-Alat Optik Pada Siswa Sekolah Menegah Atas. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(2), 16–23. https://doi.org/10.17509/wapfi.v5i2.26345
  18. Mahmudah, I. R., Makiyah, Y. S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMA di Kota Bandung. Jurnal Diffraction, 1(1), 39–43.
  19. Mahmudah, L. (2017). Pentingnya Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran Ipa Di Madrasah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.2047
  20. Novitasari, I., Astuti, Y., Safahi, L., & Rakhmawati, I. (2023). Science Process Skills: Exploring Students’ Interpretation Skills Through Communication Skills. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 14(1), 123–130. https://doi.org/10.24042/biosfer.v14i1.17860
  21. Rapih, S., & Sutaryadi, S. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(1), 78. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2560
  22. Rini, N. W., & Nuroso, H. (2022). Profil Sustainability Awareness Siswa Sma/Smk Pada Materi Suhu Dan Energi. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 18(1), 68. https://doi.org/10.35580/jspf.v18i1.21535
  23. Rosanti, A., Juhana, H., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2022). Pendidikan Hijau (Green Education) Dalam Menghadapi Isu Nasional Dan Global. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1218–1223. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3637
  24. Sa’adah, N., Langitasari, I., & Wijayanti, I. E. (2020). Implementasi pendekatan science writing heuristic pada laporan praktikum berbasis multipel representasi terhadap kemampuan interpretasi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 195–208. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31078
  25. Senisum, M. (2021). Keterampilan Proses Sains Siswa Sma Dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 13(1), 76–89. https://doi.org/10.36928/jpkm.v13i1.661
  26. Setiya Rini, E. F., Darmaji, D., & Kurniawan, D. A. (2022). Identifikasi Kegiatan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di SMPN Se-Kecamatan Bajubang. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2476–2481. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2360
  27. Siswanto, Yusiran, & Fajarudin, M. F. (2016). Keterampilan Proses Sains dan Kemandirian Belajar Siswa: Profil dan Setting Pembelajaran untuk Melatihkannya. Gravity, 2(2), 190–202.
  28. Sutinah, C., Widodo, A., Muslim, M., & Syaodih, E. (2023). Sustainable Awareness About Climate Change on Elementary School Pupils’ Perspective: What Wonderful Finding! Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 10(1), 53. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v10i1.13037
  29. Syakur. (2017). Education For Sustainable Development (ESD) Sebagai Respon dari Isu Tantangan Global Melalui Pendidikan Berkarakter dan Berwawasan Lingkungan yang Diterapkan pada Sekolah Dasar, Sekolah Menengah dan Kejuruan di Kota Malang. Eduscience, 1(1), 37–47. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.514
  30. Yolanda, Y. (2019). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Mahasiswa Fisika pada Materi Listrik Magnet. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 70–78. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i2.533
  31. Yuliati, Y. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v2i2.335
  32. Zulaikhah, V. N. (2021). Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 04(02), 510–515.