Isi Artikel Utama

Abstrak

Kemampuan berpikir kritis dan kreatif di SMA PL Don Bosko masing-masing masih tergolong berpikir kritis sedang dan berpikir kreatif yang kurang ini menggambarkan bahwa sebagian siswa belum mampu menginterpretasikan informasi secara ilmiah serta mengembangkan ide-ide untuk menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa dalam memahami materi energi terbarukan di SMA PL Don Bosko. Kemampuan ini penting untuk menghadapi tantangan global terkait pemanfaatan energi secara berkelanjutan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui tes dan angket yang melibatkan 20 siswa sebagai responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir kritis pada kategori sedang dengan rata-rata pencapaian prosentase 62,94%, dengan aspek Elementary Clarification yang paling dominan. Namun, kemampuan berpikir kreatif siswa masih tergolong kurang dengan capaian rata-rata  35,7%, dengan hasil dominan pada aspek fluency. Faktor-faktor seperti pendekatan pembelajaran, keterlibatan aktif siswa, dan dukungan sumber belajar turut memengaruhi pengembangan kemampuan tersebut. Penelitian ini menyarankan pengintegrasian model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada materi energi terbarukan.


Kata kunci: berpikir kritis; berpikir kreatif; energi terbarukan; pembelajaran.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Profil Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA Pada Materi Energi Terbarukan: -. (2025). PendIPA Journal of Science Education, 8(3), 557–563. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.3.557-563

Referensi

    Amelia, N., & Chusni, M. M. (2024). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Energi Terbarukan. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 248–252.
    Bidang, K., Dan, K., & Daya, S. (2020). SDGs. 753–753. https://doi.org/10.1007/978-3-319-95870-5_300217
    Dinantika, H. K., Suyanto, E., & Nyeneng, I. D. P. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Energi Terbarukan. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 73–80. https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.473
    Fitri Amaliyah, Sudarti, S., & Rif’ati Dina Handayani. (2022). Analisis Deskriptif Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMP tentang Lapisan Bumi, Mitigasi Bencana, dan Global Warming. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(2), 227–232. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.595
    Karim, K., & Normaya, N. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
    Khaerudin, K. (2016). Teknik Penskoran Tes Obyektif Model Pilihan Ganda. Madaniyah, 6(2), 183–200.
    Nurizzati, Y. (2016). Upaya mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa IPS. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 1(2).
    Oktarina, N. (2007). Peranan Pendidikan Global dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Dinamika Pendidikan Unnes, 2(3), 61996.
    Palapessy, X. palapessy, Ningrum, M. A., Adhe, K. R., & Widayanti, M. D. (2023). Analisis Project Based Learning (PjBL) Untuk Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia 5-6 Tahun. PENDIPA Journal of Science Education, 7(3), 431–438. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.3.431-438
    Pardede, P. (2016). Berpikir kritis dan kreatif dalam pendidikan kristen. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 1–32.
    Pratiwi, M., Suyanto, E., & Maharta, N. (2019). Pengaruh LKPD dengan strategi react pada materi energi terbarukan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Fisika, 5(2). https://doi.org/10.30870/gravity.v5i2.5029
    Putri, S. M., Arsih, F., Fadilah, M., Anggriyani, R., Studi, P., Biologi, P., & Padang, U. N. (n.d.). Validitas Instrumen Soal Tes Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X pada Materi Komponen Ekosistem dan Interaksinya.
    Rifa Hanifa Mardhiyah, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, & Muhamad Rizal Zulfikar. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
    Rulistiani, V. U., Asyura, I., Kamali, A. S., & Linda, L. (2023). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1366–1378. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.1784
    Sayekti, A. A., & Wasis, W. (2021). Instrumen Tes Berbasis Web Menggunakan Framework Codeigniter untuk Menilai Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. PENDIPA Journal of Science Education, 5(2), 210–217.
    Siswono, T. Y. E. (2004). Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing). Konferensi Nasional Matematika XII, Universitas Udayana, Denpasar, Bali, 23–27.
    Wijayanti, M. D., Suryandari, K. C., & Wahyudi, A. B. E. (2023). Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD Berbasis Etnosains Pada Materi Energi. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 6(1), 10. https://doi.org/10.20961/shes.v6i1.71023