Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini dilakukan berangkat dari hasil observasi yang diperoleh yaitu kurangnya minat belajar fisika peserta didik di sekolah serta peserta didik lebih sering menggunakan handphone selama proses pembelajaran fisika di kelas. Penelitian bertujuan untuk melihat minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran awareness training berbantuan media e-LKPD. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan instruman yang digunakan berupa angket minat belajar peserta didik. Sebelum angket digunakan dilakukan validasi terlebih dahulu. Insrumen dinyatakan valid dan laying digunakan dengan nilai indeks Aiken V sebesar 0,81. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan model pembelajaran awareness training berbantuan media e-LKPD dapat membuat peserta didik berminat untuk mengikuti pembelajaran fisika. Hal ini dapat dilihat tadi hasil angket yang diperoleh sebesar 89,69% yang berada dalam kategori sangan berminat.

Kata Kunci

Awareness Training, e-LKPD, Minat Belajar. Awareness training, e-LKPD, Learning Interest.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Olivia, M. A., Wea, K. N., & Riong, M. B. D. (2025). Penerapan Model Pembelajaran Awareness training Berbantuan e-LKPD untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. PendIPA Journal of Science Education, 8(3), 574–579. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.3.574-579

Referensi

  1. Deprisa, M., Zikra, & Afza, A. (2024). Pengembangan E-LKPD pada Materi Pemanasan Global di Kelas X SMA/MA. Rnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 179–187.
  2. Fatriyarni, E., & Sapri, J. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Awareness training Untuk Meningkatkan Percaya Diri Dan Prestasi Belajar Peserta didik (Studi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Lahat). Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(1), 38–46.
  3. Gazali,H. (2019). peningkatan kemampuan menulis naskah pidato melalui model pembelajaran pelatihan kesadaran (awareness training). Jurnal Sastra, Bahasa dan Pengajaran, 6(1).
  4. Hamidy, A. N., Sudarti, S., & Nuraini, L. (2023). Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Kemampuan Analisis Peserta didik Dalam Memecahkan Masalah Pada Materi Pengukuran Di Sman 5 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(4), 137.
  5. https://doi.org/10.19184/jpf.v11i4.35602
  6. Mahdiyyah,R., Rojauna, Z., Kibtiyah, A. (20204). Fundamental (Pokok) Pendidikan Agama Islam Dalam Memecahkan Lost Interest (Kehilangan Minat) Anak Ma Al Washoya Ngoro Jombang Upaya Penyelesaian Kehilangan Minat Siswa. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(6), 54–67.
  7. Jauharati, J., Hardiansyah, H., & Halang, B. (2022). Pengembangan Handout Berbasis Flip HTML5 Pada Materi Sistem Peredaran Darah Untuk Peserta didik Kelas XI SMA. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 140–151.
  8. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.159
  9. Maisa, N. R., Kaspul, K., & Putra, A. P. (2022). Pengembangan E-Module Berbasis Flip HTML5 pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Peserta didik SMA Kelas X. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(5), 7050–7059. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.3377
  10. Pratiwi,D.D., Deni A.S. (2022). Dampak Awareness training Berbantu Ice Breaking dan Gaya Kognitif pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 6(1).
  11. Putra, & Nurfauziah. (2018). P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 5(2), 1–6.
  12. Putri, Z. F., Rahman, A. A., & Tanjung, A. F. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(2), 933–942.
  13. Skripsi, M. (n.d.). Achmad, N., Ganiati, M., & Nur Kur, D.(2021). Implementasi Edpuzzle Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Era New Normal. Ujmes, 06 (02), 2. Akbar, A., & Noviani, N.(2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(1), 1.
  14. Sopiana, E., & Sopiana, E. P. A. (2023). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Universitas Hamzanwadi.
  15. Taufiq, U.A., Kartina, Djafar, H.(2019). pengaruh model pembelajaran awareness training terhadap motivasi belajar fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1).
  16. Yulnesty, S., Sidok, I., Agung, B. H., Wea, K. N., Pendidikan, J. R., & Pengajaran, D. (2024). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta didik Kelas X Sma Negeri 1 Maumere Pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 2095–2102.
  17. Retrieved from http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/