Isi Artikel Utama

Abstrak

Tingginya pengangguran lulusan SMK menjadi masalah mendesak yang memerlukan solusi konkret. Direktorat Pembinaan SMK bekerja sama dengan SEAMEO mengembangkan program Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW) untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa agar mampu membangun bisnis mandiri dan berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi implementasi program SPW berbasis ESD di SMK Bina Utama Kendal menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, dan wawancara terhadap siswa, guru, dan pengelola SPW. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek lingkungan, 60% siswa mengurangi sampah plastik melalui daur ulang, meskipun pengelolaan sampah masih perlu diperbaiki. Pada aspek ekonomi, 85% siswa merasa pelatihan SPW meningkatkan keterampilan mengelola usaha berkelanjutan. Pada aspek sosial, 64% siswa merasakan dampak positif program ini, meskipun keterlibatan masyarakat lokal perlu diperkuat. Sehinga program SPW berbasis ESD efektif membantu siswa menjadi wirausahawan mandiri dan berkelanjutan serta dapat menjadi model pendidikan kewirausahaan di sekolah kejuruan lain.

Kata Kunci

SPW ESD SMK

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Budiati, I., Febrihastatiwi, D., Ajibudiarta, R., & Roshayanti, F. (2025). SEKOLAH PENCETAK WIRAUSAHA DALAM PERSPEKTIF ESD DI SMK BINA UTAMA KENDAL. PendIPA Journal of Science Education, 8(3), 601–609. https://doi.org/10.33369/pendipa.8.3.601-609

Referensi

  1. Andayani, F. (2021). Meningkatkan Kinerja Guru Produk Kreatif Dan Kewirausahaan Melalui Program Sekolah Pencetak Wirausaha. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 175–181. https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i2.647
  2. Auliah, F. D., & Izzah, A. (2024). Mengoptimalkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Melalui Problem Based Learning Berpendekatan Education for Sustainable Development. 462–473.
  3. Azizah, W., Widyawati, Irawan, I. A., Wahyudi, A., & Wahyoeni, S. I. (2023). Pengembangan Ide dan Konsep Bisnis bagi Calon Wirausahawan Muda SMK Negeri 3 Depok. Communnity Development Journal, 4(3), 5495–5503.
  4. Barliana, L. (2019). Vistra Mewujudkan Sekolah Pencetak Wirausaha Negeri Atas Awan di SMK Negeri 1 Blado. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 13(2), 149. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i2.5097
  5. Berkelanjutan, K., & Masa, D. I. (2024). PERAN KEWIRAUSAHAAN SOSIAL DALAM MEMBANGUN EKONOMI. 2(3), 203–214.
  6. Bhuwana, M. W. (2024). STRATEGI MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER BERWIRAUSAHA BERLANDASKAN TRI HITA KARANA DI SMK NEGERI 2 SERIRIT. 7(2), 34–46.
  7. Brilianti, N. L., Yoseptry, R., Anisa, H., Islamy, S., Nurlela, N. E., & Nurhasanah, S. (2023). Implementasi Program Sekolah Pencetak Wirausaha ( SPW ) Dalam Mengembangkan Minat Berwirausaha Siswa Di SMKN 1 Majalaya. AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies, 6(2), 340–352. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.558..Implementation
  8. Crisanty, T. M., & Pasaribu, E. (2022). Determinan Pengangguran Lulusan SMK Provinsi Sulawesi Utara Sebelum dan Saat Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Official Statistics, 2022(1), 769–778. https://doi.org/10.34123/semnasoffstat.v2022i1.1155
  9. Dewi, S. (2020). Pengangguran Terbuka: Kasus Di Indonesia. Jurnal Mitra Manajemen, 9(1), 43–46.
  10. Di, K., & Dungsuru, D. (2024). MEMBANGUN MINAT BERWIRAUSAHA DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBERDAYAAN EKONOMI. 1(1), 19–24.
  11. Firdaus, T. M., Aidar, N., Aliasuddin, Dawood, T. C., Effendi, R., Nashrillah, Varlitya, C. R., Seftarita, C., Wahyuni, S. S., & Faiziah, A. (2024). Peningkatan Nilai Ekonomi Sampah Organik. Jurnal Pengabdian Aceh, 4(3), 140–146. https://jpaceh.org/index.php/pengabdian/article/view/291
  12. Hasna, B. A. (2024). Integrasi Problem Based Learning Berbasis Education For Sustainable Development Untuk Meningkatkan Keterampilan Interpretasi Masalah. 233–244.
  13. Hermawan, A., Mufiedah, M., Madina, V., Santika, Z. M., Kasim, M. F., & Siagian, T. H. (2023). Kesenjangan Kondisi Pengangguran Lulusan SMK/MAK di Indonesia: Analisis Antargender dan Variabel-Variabel yang Memengaruhinya. Jurnal Ketenagakerjaan, 18(3), 262–277. https://doi.org/10.47198/jnaker.v18i3.246
  14. Ilham, N. A., & Titin, S. (2021). Hubungan antara Efikasi Diri dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja pada Siswa SMK Cut Nyak Dien Semarang Ilham Nabil Azmi, 2 Titin Suprihatin. 3(November), 293–302.
  15. Imran, A. F., Sumarwadji, H., Idham, A. Z., & Rustan, D. R. H. P. (2024). Pengenalan Materi Ekonomi Berwawasan Lingkungan sebagai Fondasi dalam Mewujudkan ESD (Education for Sustainable Development) di SMAN 10 Makassar. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(9), 1244–1254. https://doi.org/10.59837/qy4pkc17
  16. Nihayati, F. (2024). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERMUATAN ESD. Seminar Nasional IPA XIV: Transformasi Pendidikan IPA Masa Depan Melalui Pembentukan Guru Profesional Yang Berwawasan Lingkungan Untuk Mendukung Pencapaian SDGs.
  17. No, N., Kain, J., & Pematang, S. (2022). Jurnal abdimas maduma. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 14–20. https://doi.org/10.52622/jam.
  18. Noni, Y., Fadhilah, N., Norvadewi, N., Yanti, D., & Fitriah, D. (2023). Pelatihan Kewirausahaan Untuk Mengembangkan Jiwa Entrepreneurship Mahasiswa Di Kalimantan Timur. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 1(5), 445–453. https://doi.org/10.59407/jpki2.v1i5.87
  19. Prihastiwi, D. A., Army, Y., & ... (2018). Optimalisasi Peran SMK sebagai Pencetak Wirausahawan Muda melalui Penguatan Motivasi dan Pembekalan Keterampilan dan Pengetahuan …. … Seminar Nasional Unimus, 1, 374–380. http://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/download/63/61
  20. Purnami, W. (2020). Pengelolaan sampah di lingkungan sekolah untuk meningkatkan kesadaran ekologi siswa. 9(2), 110–116. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.50083
  21. Purnawirawan, O., Chintya, P. P., & Sholihah, M. (2020). The Application of CIPPO Evaluation Model in Evaluating the Performance of School for Producing Entrepreneurs Programs in Vocational High School. 443(Iset 2019), 387–391. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200620.075
  22. Riyanto, A., Nuroso, H., & Roshayanti, F. (2024). Potensi Implementasi STEAM Berorientasi ESD dalam Pembelajaran Zat dan Perubahannya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(1), 88–94. https://doi.org/10.26877/jp2f.v15i1.17345
  23. Saiful, V. M., Janah, R. M., Ali, F. A., Balkis, A., Sugiyanto, S., & Sudaryana, Y. (2024). Edukasi Pemasaran dan Branding Guna Meningkatkan Skill Kewirausahaan Pada Anggota Sekolah Pencetak Wirausaha. Idea Abdimas Journal, 2(69), 115–124.
  24. Silaen, E., Novitasyari, A., Sonawi, S., Nuraeni, E., Putri S, T., Sahroni, S., & Sunardi, N. (2024). Meningkatkan Kecerdasan Finansial Melalui Pelatihan dan Workshop Keuangan Pada Sekolah Pencetak Wirausaha (SPW). Idea Abdimas Journal, 2(3), 155–165. https://doi.org/10.70001/iaj.v2i3.192
  25. Subekti, P., Hafiar, H., Setianti, Y., & Sjuchro, D. W. (2023). Optimalisasi Potensi Bambu untuk Membangkitkan Semangat Wirausaha Siswa SMK Muslimin di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(6), 1751–1760. https://doi.org/10.54082/jamsi.1016
  26. Sucahyowati, H. (2020). Peran Recrutmen Dalam Menghasilkan Sumber Daya Manusia Berkualitas Pada Era Revolusi Industri 4.0. Maret, 4(2), 46.
  27. Tholib, A., Pawening, R. E., Junaedi, D., & Jadid, U. N. (2024). Pendampingan Program Start-Up Bisnis Menuju Sekolah Pencetak Wirausaha di Kabupaten Probolinggo. 5(1), 169–179.
  28. Wardana, B., Sucipto, E., Cakra, S. T., Program, N., & Pendidikan, S. (2024). Program Edukasi Lingkungan: Mengajarkan Praktik Pengelolaan Sampah dan Daur Ulang di Sekolah. JIPITI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 23–28. https://jipiti.technolabs.co.id/index.php/pkm/index
  29. Wardani, A., & Kusmayadi, D. (2024). Analisis Nilai Tambah Ekonomis dari Nilai Finansial Pengelolaan Sampah Pada Bening Saguling Foundation. 9(2), 452–461.
  30. Wijaya, R. B. M. O., & Diah Utami, E. (2021). Determinan Pengangguran Lulusan SMK di Indonesia Tahun 2020 Analisis Data Sakernas Februari 2020. Seminar Nasional Official Statistics 2021, 2020(17), 801–810.