Main Article Content

Abstract

Sebagai calon guru maka mahasiswa harus dapat membelajarkan anak usia dini dalam pengenalan sains sebagai salah satu tujuan kurikulum pembelajaran di PAUD. Periode operasi formal ini berkaitan dengan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada mahasiswa. Berdasarkan input mahasiswa PAUD Universitas Dehasen yang berbeda dalam tingkat kemampuan berpikir sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membantu mahasiswa agar dapat memahami dan mengenal sains dengan lebih mudah dan sederhana. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menghasilkan model pembelajaran dengan konsep Higher Order Thinking Skill (HOTS). Desain pengembangan menurut Plomp (1999), terdiri dari lima fase, yaitu : investigasi awal, perancangan / design, konstrusi / realisasi, tes, evaluasi & revisi dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 PAUD Universitas Dehasen Bengkulu. Penelitian ini merupakan uji coba terbatas dengan model pembelajaran dan semua perangkat pembelajaran yang dikembangkan secara praktis dan efektif. Setelah revisi dilakukan, diperoleh Prototipe final, yaitu Model Pembelajaran Sains dengan Konsep HOTS yang valid, praktis, dan efektif

Article Details

Author Biography

Ranny Fitria Imran, Universitas Dehasen Bengkulu

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
How to Cite
Imran, R. F., & Partikasari, R. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sains Dengan Konsep Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Mahasiswa PAUD Universitas Dehasen Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 173–179. https://doi.org/10.33369/jip.5.2.173-179

References

  1. Cabanilla-Pedro, L. A., Acob-Navales, M., & Josue, F. T. (2004). Improving analyzing skills of primary students using a problem solving strategy. Journal of Science and Mathematics Education in Southeast Asia, 27(1), 33–53.
  2. Cahyono, B. (2016). Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berfikir Kritis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.87
  3. Hakkarainen, P. (2011). Promoting Meaningful Learning through Video Production-Supported PBL. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 5(1). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1217
  4. Haryani, D. (2012). Membentuk siswa berpikir kritis melalui pembelajaran matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
  5. Ika Santia, dan J. S. W. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika pada Pemecahan Masalah Analisis Real. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i2.1947
  6. Kashani-Vahid, L., Afrooz, G. A., Shokoohi-Yekta, M., Kharrazi, K., & Ghobari, B. (2017). Can a creative interpersonal problem solving program improve creative thinking in gifted elementary students? Thinking Skills and Creativity, 24, 175–185. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.02.011
  7. Kusumah, R. G. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Mahasiswa Tadris IPA Melalui Pendekatan Saintifik Pada Mata kuliah IPA Terpadu. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 71. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1762
  8. Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898
  9. Malik, A., Nuraeni, Y., Samsudin, A., & Sutarno, S. (2019). Creative Thinking Skills of Students on Harmonic Vibration using Model Student Facilitator and Explaining (SFAE). Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 8(1), 77–88. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v8i1.3056
  10. Pakarinen, E., & Kikas, E. (2019). Child-centered and teacher-directed practices in relation to calculation and word problem solving skills. Learning and Individual Differences, 70(June 2018), 76–85. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2019.01.008
  11. Peter, E. E. (2012). Critical thinking: Essence for teaching mathematics and mathematics problem solving skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5(3), 39–43. https://doi.org/https://doi.org/10.5897/AJMCSR11.161
  12. Prasasti, D. E., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI KELAS IV SD. Jurnal Basicedu, 3(1), 174–179. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.113
  13. Pratiwi, R. D. (2015). Penerapan Constructive Controversy dan Modified Free Inquiry Terhadap HOTS Mahasiswa Pendidikan Biologi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v4i2.144
  14. SAREGAR, A., IRWANDANI, I., ABDURRAHMAN, A., PARMIN, P., SEPTIANA, S., DIANA, R., & SAGALA, R. (2019). Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding: Impact on Students Critical Thinking Ability. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 6(3), 39–54. https://doi.org/10.17478/jegys.2018.80
  15. Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (cetakan ke). Alfabeta, CV.
  16. Supardi, K. I., & Putri, I. R. (2011). Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia Dari Internet Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Sma. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 574–581.
  17. Sutarman, S., Sartika, B., Wulandari, W., & Eka, F. (2016). Buku Ajar Ilmu Kealaman Dasar. Umsida Press.
  18. Sutarto, S., Indrawati, I., Prihatin, J., & Dwi, P. A. (2018). Geometrical Optics Process Image-Based Worksheets for Enhancing Students’ Higher-Order Thinking Skills and Self-Regulated Learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 376–382. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.14563
  19. Wiyoko, T. (2019). Analisis Profil Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa PGSD Dengan Graded Response Models Pada Pembelajaran IPA. Indonesian J. Integr. Sci. Education ( IJIS Edu ), 1(1), 25–32. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1402
  20. Yuliati, Y. (2017). LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA. Jurnal Cakrawala Pendas. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592