Main Article Content

Abstract

Mengatasi perilaku tantrum pada anak usia dini ini sangat penting bagi orang tua agar anak menjadi dewasa yang berperilaku baik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pocket book untuk orang tua dalam mengatasi perilaku tantrum pada anak usia dini yang valid dan praktis. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua yang memiliki anak usia 3-6 tahun dengan perilaku tantrum. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D). Langkah-langkah model pengembangan yang dikemukakan oleh Richey and Klein. Hasil validasi ahli materi sebesar rata-rata skor 4 dikategorikan Sangat Baik, kemudian hasil validasi ahli desain grafis sebesar rata-rata 3,72 dengan kategori sangat Baik. Hasil dari respon orang tua sebesar rata-rata 3,85 dengan kategori Sangat Baik.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah layak untuk digunakan. Pocket book bisa menjadi pedoman untuk orang tua dalam mengatasi perilaku tantrum pada anak usia dini

Article Details

How to Cite
Meyriana, A. Z., Syafri, F., & Asiyah, A. (2021). Pengembangan Pocket Book Untuk Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Tantrum Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 113–119. https://doi.org/10.33369/jip.6.2.113-119

References

  1. Diaz-Stransky, A., Rowley, S., Zecher, E., Grodberg, D., & Sukhodolsky, D. G. (2020). Tantrum tool: development and open pilot study of online parent training for irritability and disruptive behavior. Journal of Child and Adolescent Psychopharmacology, 30(9), 558–566.
  2. Hayes, E. (2003). Tantrum: Panduan memahami dan mengatasi ledakan emosi anak. ESENSI.
  3. Jiu, C. K., Hartono, H., Amelia, L., Surtikanti, S., Gusmiah, T., Wuriani, W., Usman, U., Pratama, K., & Putra, G. J. (2021). Perilaku Tantrum pada Anak Usia Dini di Sekolah. Jurnal Pelita PAUD, 5(2), 262–267.
  4. Manning, B. L., Roberts, M. Y., Estabrook, R., Petitclerc, A., Burns, J. L., Briggs-Gowan, M., Wakschlag, L. S., & Norton, E. S. (2019). Relations between toddler expressive language and temper tantrums in a community sample. Journal of Applied Developmental Psychology, 65, 101070.
  5. Musawirin, M. (2018). BIMBINGAN ORANGTUA DALAM MENANGGULANGI ANAK TANTRUM DI LOMBOK BARAT. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 7(2), 142–153.
  6. Patidar, J. V, & Patel, D. R. (2021). A Study to assess the effectiveness of Self Instruction Moduale on knowledge regarding temper Tantrum in Children among school Teachers of selected school of Mehsana District. International Journal of Advances in Nursing Management, 9(1), 43–45.
  7. Perepletchikova, F., Nathanson, D., Axelrod, S. R., Merrill, C., Walker, A., Grossman, M., Rebeta, J., Scahill, L., Kaufman, J., & Flye, B. (2017). Randomized clinical trial of dialectical behavior therapy for preadolescent children with disruptive mood dysregulation disorder: Feasibility and outcomes. Journal of the American Academy of Child & Adolescent Psychiatry, 56(10), 832–840.
  8. Prisusanti, R. D., Ikawati, F. R., Ansyori, A., & Effendi, A. (2021). Relationship Between Pay Assembly Parents With Temper Tantrum In Children Pre School. Proceeding International Conference of Innovation Science, Technology, Education, Children and Health, 1(1), 47–49.
  9. Ramadia, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Temper Tantrum Pada Anak Usia Toddler di PAUD Kota Bukittinggi. Menara Ilmu, 12(7).
  10. Rebinal, M. M. (2017). Temper Tantrum among Children. International Journal of Nursing Education and Research, 5(1), 120–123.
  11. Romlah, R. (2017). Pengaruh Motorik Halus dan Motorik Kasar terhadap Perkembangan Kreatifitas Anak Usia Dini. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2314
  12. Salameh, A. K. B., Malak, M. Z., Al-Amer, R. M., Al Omari, O. S. H., El-Hneiti, M., & Sharour, L. M. A. (2021). Assessment of temper tantrums behaviour among preschool children in Jordan. Journal of Pediatric Nursing.
  13. Saripudin, A. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN KECERDASAN NATURALIS PADA ANAK USIA DINI. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1394
  14. Saripudin, A., & Faujiah, I. Y. (2018). Strategi Edutainment dalam Pembelajaran di PAUD (Studi Kasus Pada TK di Kota Cirebon). AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 4 (1)(1), 129–149. https://doi.org/10.24235/AWLADY.V4I1.2637
  15. Supeno, S., Bektiarso, S., & Munawaroh, A. (2018). Pengembangan pocketbook berbasis android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 2, 76–83.
  16. Wati, D. W., Asfiyak, K., & Dewi, M. S. (2021). PERAN GURU DALAM MENGATASI PERILAKU TANTRUM PADA ANAK USIA DINI DI DAY CARE SEKOLAH DOLAN PERUMAHAN VILLA BUKIT TIDAR MALANG. Jurnal Dewantara, 3(1), 82–90.
  17. Yusuf, S., & Sugandhi, N. M. (2011). Perkembangan peserta didik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
  18. Yiw’Wiyouf, R. M. S., Ismanto, A. Y., & Babakal, A. (2017). Hubungan Pola Komunikasi Dengan Kejadian Temper Tantrum Pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK Islamic Center Manado. Jurnal Keperawatan, 5(1).
  19. Yusuf, Syamsu, 2013, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada