Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan satu dari tahap pendidikan yang harus diperhatikan, karena berperan menentukan perkembangan dan keberhasilan anak di masa mendatang. Namun sayangnya, TK Negeri Tapus yang merupakan satu-satunya TK di kecamatan Topos kabupaten Lebong ini masih kurang diminati oleh masyarakat disana. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat mengenai PAUD dan karena beberapa permasalahan yang ada di dalam lembaga tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mengungkap gambaran isu dan permasalahan yang ada di TK Negeri Tapus. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh beberapa gambaran isu seperti (1) sarana dan prasarana yang sangat kurang dan mengancam keselamatan dan kesehatan anak; (2) kurikulum 2013 yang sulit dipahami dan tidak dapat dikembangkan oleh guru; (3) sistem pembelajaran selama pandemi yang tidak dapat dilakukan secara daring; dan (4) isu manajerial seperti kurangnya tenaga SDM sehingga guru masih melakukan rangkap jabatan. Isu-isu ini perlu diatasi melalui internal lembaga seperti menyediakan sarana dan prasarana yang layak serta pelatihan untuk guru mengenai kurikulum, keahlian, dan kreatifitas sebagai tenaga pendidik, maupun dari luar lembaga seperti dilakukan pembinaan dari Diknas setempat.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.