Main Article Content

Abstract

Kurikulum merupakan pondasi yang digunakan dalam melaksanakan pembelajaran di PAUD. Namun kondisi pandemi Covid-19 berdampak pada pendidikan Indonesia sehingg pembelajaran dilakukan secara Belajar Dari Rumah (BDR). Perubahan kurikulum pun di buat untuk penyesuaian. Sehingga perlu pemahaman dan strategi guru dalam merancang kurikulum agar pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan terlaksana sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi  Kurikulum 2013 PAUD di masa Pandemi Covid-19 di Taman Kanak-kanak Kecamatan Sungai Beremas. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu: 1) kurikulum 2013 di sesuaikan dengan masa Pandemi Covid-19; 2) pembelajaran dilakukan tidak secara tatap muka di sekolah tetapi pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara BDR di rumah guru dengan jumlah anak maksimal 5 orang; 3) pada muatan pembelajaran disederhanakan dan waktu belajar juga disederhanakan menjadi 1 jam belajar; 4) kendala guru dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu anak terlihat kurang antusias dalam pembelajaran karena kurangnya interaksi bermain anak dan media dan alat bermain. Hal ini diakibatkan karena fasilitasnya kurang memadai

Article Details

How to Cite
Monica, M. A., & Yaswinda, Y. (2021). Analisis Implementasi Kurikulum 2013 dimasa Pandemi Covid-19 di Taman-kanak di Kecamatan Sungai Beremas. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(2), 165–171. https://doi.org/10.33369/jip.6.2.165-171

References

  1. Dhieni, N.-, Hartati, S., & Wulan, S. (2019). Evaluation of Content Curriculum in Kindergarten. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13(1), 72–85. https://doi.org/10.21009/10.21009/jpud.131.06
  2. Fahmi, F., & Ningsih, R. W. (2021). Eksitensi Model Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mash.v4i01.230
  3. KEMENDIKBUD RI. (2020). SE Mendikbud: Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara-daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19
  4. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikukum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud Pendidikan Anak Usia Dini, 2025(1679), 1–68.
  5. Leksono, F. D., Sulton, & Susilaningsih. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 di TK TPI Nurul Huda Malang Kelompok A1. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 126–131.
  6. Pramana, C. (2020). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dimasa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35473/ijec.v2i2.557
  7. Prastowo, A. (2016). Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoretis dan Praktis. Ar-Ruzz Media.
  8. Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
  9. Saloko, A., Sari, D. Y., & Novrizar, J. (2018). Karakteristik Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) yang Memuat Aspek pengembangan Moral, Sosial dan Emosional Anak. IV(01), 75–87.
  10. Saptiani, S. (2016). Model Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini dalam Kurikulum 2013. Jurnal Edukasi AUD, 2(1), 14. https://doi.org/10.18592/jea.v1i1.1534
  11. Sugiyonno. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
  12. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). PT Alfabeta.
  13. Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Universitas Negeri Padang Harus dapat Memberikan Kesempatan Umum. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 11(1), 67–82. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.111 DOI:
  14. Suryana, D. (2019). Manajemen PendidikanAnak Usia Dini Berbasis Akreditasi Lembaga. Prenamedia Group.
  15. Wahab, G. (2021). Problematika Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Covid-19. 10(1), 49–66.
  16. Wartini, A., & Nurlailiyah, A. (2016). Kebijakan Pembelajaran Tematik Integratif Dalam Kurikulum 2013 Paud. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 3(1), 47–70. https://doi.org/10.28944/afkar.v3i1.99
  17. Widyawati. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 2(1), 133–140. https://doi.org/10.14421/jga.2020.53-05
  18. Yaswinda, Yulsyofriend, & Farida Mayar. (2018). Pengembangan Bahan Pembelajaran Sains Berbasis Multisensori Ekologi Bagi Guru Paud Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 13–22.
  19. Yusuf Muri. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.
  20. Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam pembelajaran anak usia dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111.
  21. Zulfania, S. (2021). Analisis rumusan visi, misi, dan tujuan pendidikan anak usia dini di Tk II Pertiwi. 02(01), 48–58