Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi di TK Nusa Indah Palembang pembelajaran pada anak dengan via online, dengan menggunakan media berbasis komputer atau laptop yang menggunakan aplikasi (zoom) dan whatsApp, dengan melalui aplikasi tersebut seorang guru yang diberikan pembelajaran pada anak dalam bentuk, lembar kerja, vidio, dan tugas dirumah dalam proses pembelajaran. Sehingga Indikasi dalam pembelajaran ini dapat dilihat anak mempunyai fokus pembelajaran maksimal 10 menit maka dari situ dari 32 anak yang mengikuti pembelajaran online, dapat dilihat 15 anak yang merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran yang berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran online anak terhadap psikologi sosial di TK Nusa Indah Palembang. Penelitian ini termasuk penelitian asosiatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 Siswa TK Nusa Indah Palembang, dengan tehnik analisis dengan teknik pengambilan sampel Sensus. Data dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang dipakai yaitu metode dengan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Tehnik analisis menggunakan regresi linier sederhana dan uji t (parsial). Hasil pengujian yang telah dilakukan dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil perhitungan regresi linier sederhana yang didapat Y= 0,188 + 0,961X, artinya bahwa nilai konstanta sebesar 0,188 artinya jika pembelajaran online (X) = 0 maka psikologi sosial anak (Y) sebesar 0,188 serta nilai koefisien regresi variabel pembelajaran online (X) sebesar 0,961 menandakan apabila variabel pembelajaran online (X) meningkat 1% maka akan terjadi peningkatan terhadap psikologi sosial anak sebesar 0,961. untuk uji t didapat nilai t hitung = 11,129 dengan probabilitas sebesar 0,000 < 0,10 artinya ditolak Ho dan diterima Ha. dengan demikian disimpulkan ada pengaruh secara signifikan antara variabel Pembelajaran Online terhadap Psikologi Sosial Anak Siswa TK Nusa Indah Palembang
Keywords
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abu, a. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
- Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Atsani. (2020). pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat dasar pada masa pandemi covid 19. al Hikmah, 44-54.
- Basori. (2017). Efektivitas komunikasi pembelajaran online dengan menggunakan media E-learning pada perkuliahan body otomitif. ilmiah pendidikan teknik dan kejuruan, 39-45.
- Galiyen. (2020). Guru PAUD dalam mengajar pada masa pamdemi covid 19 dan implikasinya. obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 334-345.
- Kusuma, W. S. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku soaial emosional anak . obsesi; jurnal pendidikan anak usia dini, 12-25.
- Mahmuda, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Psikologi Siswa Terdampak Sosial . Al Mauizhoh, 23-28.
- Mahmuda, s. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Psikologi Siswa Terdampak Sosial Distencing Akibat Covid 19. Al-Mau'izhoh, 23-28.
- Nurdin. (2021). Efektivitas Pembelajaran Onlie Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Obsesi: Jurna Pendidikan Anak Usia Dini, 1-10.
- Nurlatifah. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Versus Tatap Muka. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1-20.
- Rahman, F. S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid 19. Indonesia jurnal of educational science (IJS), 1-10.
- sarifudin. (2020). pembelajaran onlime di masa pandemi covid 19. Sipatokkong, 336-339.
- Shaw, M. &. (1970). Theories of sosial psychology. jurnal New York M Graw Hill Co, 215.
- Siregar, S. (2016). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
- Sugiyono. ( 2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
- Wulandari. (2021). Pencapaian perkembangan anak usia dini di TK selama pembelajaran daring saat pandemi covid 19. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 452-462.
References
Abu, a. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Atsani. (2020). pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat dasar pada masa pandemi covid 19. al Hikmah, 44-54.
Basori. (2017). Efektivitas komunikasi pembelajaran online dengan menggunakan media E-learning pada perkuliahan body otomitif. ilmiah pendidikan teknik dan kejuruan, 39-45.
Galiyen. (2020). Guru PAUD dalam mengajar pada masa pamdemi covid 19 dan implikasinya. obsesi: jurnal pendidikan anak usia dini, 334-345.
Kusuma, W. S. (2021). Dampak pembelajaran daring terhadap perilaku soaial emosional anak . obsesi; jurnal pendidikan anak usia dini, 12-25.
Mahmuda, S. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Psikologi Siswa Terdampak Sosial . Al Mauizhoh, 23-28.
Mahmuda, s. R. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Psikologi Siswa Terdampak Sosial Distencing Akibat Covid 19. Al-Mau'izhoh, 23-28.
Nurdin. (2021). Efektivitas Pembelajaran Onlie Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Obsesi: Jurna Pendidikan Anak Usia Dini, 1-10.
Nurlatifah. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online Versus Tatap Muka. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1-20.
Rahman, F. S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid 19. Indonesia jurnal of educational science (IJS), 1-10.
sarifudin. (2020). pembelajaran onlime di masa pandemi covid 19. Sipatokkong, 336-339.
Shaw, M. &. (1970). Theories of sosial psychology. jurnal New York M Graw Hill Co, 215.
Siregar, S. (2016). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. ( 2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Wulandari. (2021). Pencapaian perkembangan anak usia dini di TK selama pembelajaran daring saat pandemi covid 19. Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 452-462.