Main Article Content

Abstract

Keterampilan membaca permulaan pada anak PAUD didasari pada perkembangan berfikir anak sehingga membutuhkan bahan ajar yang memungkinkan memotivasi anak. Materi ajar pada bahan ajar membaca permulaan lebih mengarahkan pada motivasi anak untuk meningkatkan minat membaca. Untuk itu, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar keterampilan membaca permulaan yang valid, praktis, dan efektif pada anak PAUD Hidatul Ilmi Kabupaten Musi Rawas. Metode penelitian Research and Development (R&D) dan digunakan model pengembangan bahan ajar Dick & Carey yang dibatasi sampai 8 tahap. Penelitian  yang menghasilakan produk baru berupa Bahan ajar Keterampilan Membaca Permulaan dan diuji tentang valid, praktis, dan efektif. Berdasararkan hasil penelitian diketahui kevalidan sebesar 81,25%, kepraktisan diketahui dari uji kecil, sedang dan besar. Sedangkan keefektifan bahan ajar diketahui sebanyak 6 orang 30% memperoleh nilai sangat baik (A) dengan skor 80-100, sebanyak 9 orang 45% yang memperoleh nilai 66-79 dengan kategori baik (B),  jumlah anak yang memperoleh nilai cukup (C)  1 orang 5% dengan skor 58, dan anak yang memperoleh nilai kurang (D) sebanyak 4 orang 20% dengan rentang nilai 46-55. berdasarkan hasil penelitian disimpulkan jika bahan ajar Keterampilan Membaca Permulaan sudah valid, praktis dan efektif bagi anak PAUD Hidatul Ilmi kabupaten Musi Rawas

Article Details

How to Cite
Lazuardi, D. R., Hamzah, S., & Nugroho, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Keterampilan Membaca Permulaan pada Anak PAUD Himatul Ilmi Kabupaten Musi Rawas. Jurnal Ilmiah Potensia, 7(1), 35–45. https://doi.org/10.33369/jip.7.1.35-45

References

  1. Amin, A., S., Z., & Astuti, S. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP DAN BUDAYA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 1(1), 96–113. https://doi.org/10.29300/IJSSE.V1I1.1917
  2. Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289
  3. Aulia, E. (2016). Senam Pencak Silat Berpengaruh Terhadap Kecerdasan Kinestetik Kelompok B [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/45000/
  4. Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
  5. Efrizal, D. (2019). The Use of Picture Media to Enhance Students’ Writing Ability of Recount Text at MTs N 1 of Bengkulu City, Bengkulu. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 51. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1685
  6. Juita, R. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 1(1), 43–50. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v1i1.1404
  7. Latifah, S., Susilowati, N. E., Khoiriyah, K., Saidy, S., Yuberti, Y., & Rahayu, R. (2019). Self-Efficacy: Its Correlation to the Scientific-Literacy of Prospective Physics Teacher. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012015
  8. Rohman, F., & Lusiyana, A. (2017). Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilan Sosial. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 47–56. http://www.journal.stkipnurulhuda.ac.id/index.php/JIPFRI/article/view/115
  9. Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
  10. Sukarno, S., & Salamah, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction.) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 75 Kota Bengkulu. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 137. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1867
  11. Suswina, M. (2016). Hasil Validitas Pengembangan Bahan Ajar Bergambar Disertai Peta Konsep untuk Pembelajaran Biologi SMA Semester 1 Kelas XI. Ta’dib, 14(1).
  12. TAS’ADI, R. (2010). PENDEKATAN HOLISTIK PADA TUMBUH KEMBANG ANAK. Ta’dib, 13(1), 80–89. https://doi.org/10.31958/jt.v13i1.179