Main Article Content
Abstract
Pemahaman geometri merupakan salah satu tahap perkembangan kognitif yang harus dikuasai anak usia dini. Informasi yang menggunakan media konkret akan lebih mudah untuk dipahami oleh anak dari pada informasi yang bersifat abstrak. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Media Realia Terhadap Pemahaman Geometri Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara Tahun 2021. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quassy Eksperimental Desain, dengan pendekatan penelitian kuantitaif Nonequivalent Control Grup Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 30 anak, sampel pada kelas B1 15 anak dan kelas B2 15 anak di TK Nurul Iman Beringin Makmur I. Kelompok eksperimen menggunakan media realia dan kelompok kontrol menggunakan media papan tulis. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes tidak terstruktur. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis t test. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan media realia dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 76,4 sedangkan kelompok kontrol 54,67, kemudian berdasarkan perhitungan uji t dimana nilai ttabel untuk taraf signifikansi 5% sebesar 2,048 . Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung>ttabel (5,871798>2,048), maka kesimpulan pada penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dengan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya media realia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman geometri anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Iman Beringin Makmur I Kabupaten Musi Rawas Utara.
Kata Kunci: Media Realia, Pemahaman Geometri
Article Details
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- B.Uno, H. (2012). Profesi kependidikan problema, solusi, dan reformasi pendidikan di indonesia
- (1st ed.). Bumi Aksara.
- Cania, S., Novianti, R., Childhood, D. C.-A. J. on E., & 2019, U. (2019). Pengaruh
- media glowing city terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak
- usia dini. Journal on Early Childhood, 1(3).
- https://www.aulad.org/index.php/aulad/article/view/54
- Darsinah. (2011). Perkembangan kognitif. Qinant.
- Fitria, A. (2013). Mengenalkan dan membelajarakn matematika pada anak usia dini.
- Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2).
- Hasanah, L., & Agung, S. (2018). Kemampuan pengenalan geometri melalui kegiatan
- bermain balok anak usia 5-6 tahun. PAUD Agapedia, 2(2), 46.
- Hasnida. (2015). Media pembelajaran kreatif, mendukung pembelajaran pada anak usia dini.
- PT. Luxima MetroMedia.
- Japar, M. (2019). Media dan teknologi pembelajaran ppkn. CV Jakad Publishing.
- Jindrich, S. (2005). How to help children learn. Book Marks.
- Lestari, N., & Mustika, E. (2014). Pengaruh penggunaan media realia terhadap
- keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah
- dasar negeri setia darma 03 tambun selatan. PEDAGOGIK (JURNAL
- PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR), 2(2), 1–8.
- https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1240
- Nila Puspitasari, R., & Wanita Desa Bulukidul Kecamatan Balong Ponorogo, D.
- (2016). Pengaruh media loto warna dan bentuk terhadap pemahaman geometri
- anak kelompok b. Journal.Trunojoyo.Ac.Id, 3(2), 103.
- https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3492
- Pendidikan, J., Dini, A. U., Indra, N. F., Fitria, N., & Dewi, K. (2019). Pengaruh
- media realia terhadap pemahaman anak usia 5-7 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi
- Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 34–43.
- https://doi.org/10.31000/CERIA.V9I2.1234
- Pendidikan, M. K.-J. I., & 2016, U. (2016). Geometri sekolah dasar dan
- pengajarannya: suatu pola penyajian berdasarkan teori piaget dan teori van heile.
- Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 262.
- http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/1867
- PISA. (2018). Hasil survey pisa. https://www.oecd.org/pisa/
- Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. alfabeta.
- Yayuk, E. & S. prasetyo. (2020). Kajian matematika sd. UMM Press
References
B.Uno, H. (2012). Profesi kependidikan problema, solusi, dan reformasi pendidikan di indonesia
(1st ed.). Bumi Aksara.
Cania, S., Novianti, R., Childhood, D. C.-A. J. on E., & 2019, U. (2019). Pengaruh
media glowing city terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak
usia dini. Journal on Early Childhood, 1(3).
https://www.aulad.org/index.php/aulad/article/view/54
Darsinah. (2011). Perkembangan kognitif. Qinant.
Fitria, A. (2013). Mengenalkan dan membelajarakn matematika pada anak usia dini.
Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(2).
Hasanah, L., & Agung, S. (2018). Kemampuan pengenalan geometri melalui kegiatan
bermain balok anak usia 5-6 tahun. PAUD Agapedia, 2(2), 46.
Hasnida. (2015). Media pembelajaran kreatif, mendukung pembelajaran pada anak usia dini.
PT. Luxima MetroMedia.
Japar, M. (2019). Media dan teknologi pembelajaran ppkn. CV Jakad Publishing.
Jindrich, S. (2005). How to help children learn. Book Marks.
Lestari, N., & Mustika, E. (2014). Pengaruh penggunaan media realia terhadap
keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah
dasar negeri setia darma 03 tambun selatan. PEDAGOGIK (JURNAL
PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR), 2(2), 1–8.
https://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1240
Nila Puspitasari, R., & Wanita Desa Bulukidul Kecamatan Balong Ponorogo, D.
(2016). Pengaruh media loto warna dan bentuk terhadap pemahaman geometri
anak kelompok b. Journal.Trunojoyo.Ac.Id, 3(2), 103.
https://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/view/3492
Pendidikan, J., Dini, A. U., Indra, N. F., Fitria, N., & Dewi, K. (2019). Pengaruh
media realia terhadap pemahaman anak usia 5-7 tahun. Ceria: Jurnal Program Studi
Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 34–43.
https://doi.org/10.31000/CERIA.V9I2.1234
Pendidikan, M. K.-J. I., & 2016, U. (2016). Geometri sekolah dasar dan
pengajarannya: suatu pola penyajian berdasarkan teori piaget dan teori van heile.
Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 262.
http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/1867
PISA. (2018). Hasil survey pisa. https://www.oecd.org/pisa/
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif. alfabeta.
Yayuk, E. & S. prasetyo. (2020). Kajian matematika sd. UMM Press