Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak: Pendidikan merupakan suatu kegiatan universal dalam kehidupan manusia. Maka pendidikan Anak Usia Dini hendaknya menyediakan pengalaman-pengalaman yang menyenangkan, bermakna dan hangat seperti yang diberikan oleh orang tua di lingkungan rumah dengan kegiatan bermain sambil belajar atau belajar sambil bermain dengan kegiatan tersebut anak mampu memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangannya dengan secara maksimal salah satunya dengan metode bernyanyi ASYIK sebagai salah satu peningkatan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Cahaya Bintang Manokwari.

Dengan metode bernyanyi ASYIK anak-anak dapat meningkatkan kemampuan berbicara pada saat kegiatan awal atau kegiatan akhir pada pembelajaran, dimana anak akan menumbuhkan gairah senang atau motivasi dalam kegiatan berbicara sehingga menumbuhkan ide atau wawasan anak yang cemerlang pada saat berbicara.

Penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi  permainan ASYIK sangat berpengaruh pada peningkatan kemampuan anak pada saat bercerita didepan kelas.

Kata Kunci

1. Metode ASYIK 2. Kemampuan Berbicara 3. Anak Usia Dini Metode ASYIK Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Cucun Cunaya, Universitas Panca Sakti Bekasi

 

 

Sri Watini, Universitas Panca Sakti

 

 

Cara Mengutip
Cunaya, C., & Watini, S. (2023). Metode Bernyanyi Asyik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bagi Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Cahaya Bintang. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 8(1), 183–195. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.183-195

Referensi

  1. Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883–887.
  2. Aditia, M. T., & Muspiroh, N. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat Dan Islam (Salingtemasis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di Sma NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 127–148.
  3. Amalia, E. R., & Hasana, H. (2018). Mengasah Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 1–11.
  4. Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.68
  5. Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik” untuk meningkatkan motivasi belajar anak kelompok b di tk Yapis II Baiturrahman. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939–944.
  6. Hasibuan, D. A. S., & Watini, S. (2022). Implementasi Bernyanyi ASYIK dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak di Ra Cahaya Dita, Bintan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3328–3333.
  7. Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa anak melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–14.
  8. Hulukati, Z., & Watini, S. (2022). Implementasi Model “ASYIK” dalam Meningkatkan Semangat Belajar pada Kelompok B TK Negeri Pembina Mimika. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3503–3509.
  9. Kastanja, J., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok A1 TK Negeri Pembina Nasional. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2636–2639.
  10. Kurniati, K. N., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1873–1892.
  11. Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. In Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  12. Musi, M. A., & Winata, W. (2017). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 93–104.
  13. Naif, M. M., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik, dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak pada TK MGR. Gabriel Manek Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1729–1736.
  14. Noviampura, F. H., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2806–2812.
  15. Nuraini, N., Bakir, W. F., & Watini, S. (2023). Implementasi Reward Asyik untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hafniratunnisa Namlea. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1702–1708.
  16. Ratna, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Asyik Dalam Pembelajaran Mengenal Konsep Warna Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1737–1746.
  17. Sahlia, S., Cahyani, F., Sunandar, K., & Watini, S. (2023). IMPLEMENTATION OF THE SIUUL MODEL IN DEVELOPING SPEAKING SKILLS THROUGH ROLE-PLAYING CENTERS IN CHILDREN AGED 4-5 YEARS AT SPSN BALE PLAYING ABDI PRAJA CILINCING NORTH JAKARTA. Jurnal Scientia, 12(01), 314–321.
  18. Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan konsentrasi belajar anak melalui model bermain “asyik”(reward & yel-yel “Asyik”) di tk mutiara cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2065–2072.
  19. Suhardja, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Model Asyik Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Kelompok B Di RA Miftahul Jannah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1915–1926.
  20. Susanti, A., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Semangat Belajar Pada Kegiatan Awal Dan Recalling Melalui Model Bermain Asyik (Yel-Yel “Asyik & Nyanyian”) Di TK PGRI Melur Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2077–2084.