Main Article Content

Abstract

Bermain merupakan kegiatan yang disukai anak-anak. Anak dapat menemukan pengalaman-pengalaman baru yang bermakna sesuai dengan tahapan usianya. Anak-anak TK Cahaya Bintang Kabupaten Manokwari dalam mengawali kegiatan pembelajaran terkadang kurang merespon instruksi guru. Oleh karena itu, metode bernyanyi ASYIK dirancang untuk menstimulasi respon anak pada kegiatan awal maupun kegiatan akhir pembelajaran. Jumlah anak adalah 19, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Bernyanyi ASYIK ini dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak-anak TK Cahaya Bintang. Metode ini juga membuat guru mampu memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangannya dengan secara maksimal salah satunya dalam perkembangan bahasa. Metodenya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan empat tahap yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Metode bernyanyi ASYIK ini membuat anak-anak dapat mengawali kegiatan pembelajaran dengan semangat dan pendidik dapat merangsang respon anak dengan cepat. Hasil dari penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan tiga siklus yaitu siklus I dikategorikan 30%, Siklus II 60% dan Siklus III 90%.

Keywords

1. Metode ASYIK 2. Kemampuan Berbicara 3. Anak Usia Dini Metode ASYIK Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini

Article Details

Author Biographies

Cucun Cunaya, universitas Panca Sakti Bekasi

mahasiswi

 

Sri Watini, Universitas Panca Sakti

 

 

How to Cite
Cunaya, C., & Watini, S. (2023). Metode Bernyanyi ASYIK Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bagi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 183–195. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.183-195

References

  1. Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 883–887.
  2. Aditia, M. T., & Muspiroh, N. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat Dan Islam (Salingtemasis) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem Kelas X Di Sma NU (Nadhatul Ulama) Lemahabang Kabupaten Cirebon. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 127–148.
  3. Amalia, E. R., & Hasana, H. (2018). Mengasah Keterampilan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bernyanyi. Aulada: Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 1(1), 1–11.
  4. Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.68
  5. Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik” untuk meningkatkan motivasi belajar anak kelompok b di tk Yapis II Baiturrahman. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939–944.
  6. Hasibuan, D. A. S., & Watini, S. (2022). Implementasi Bernyanyi ASYIK dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak di Ra Cahaya Dita, Bintan. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3328–3333.
  7. Hemah, E., Sayekti, T., & Atikah, C. (2018). Meningkatkan Kemampuan Bahasa anak melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1–14.
  8. Hulukati, Z., & Watini, S. (2022). Implementasi Model “ASYIK” dalam Meningkatkan Semangat Belajar pada Kelompok B TK Negeri Pembina Mimika. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3503–3509.
  9. Kastanja, J., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Kelompok A1 TK Negeri Pembina Nasional. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2636–2639.
  10. Kurniati, K. N., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Raudhatul Athfal Al Islam Petalabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1873–1892.
  11. Mualimin, M., & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. In Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
  12. Musi, M. A., & Winata, W. (2017). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 93–104.
  13. Naif, M. M., & Watini, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi Asyik, dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak pada TK MGR. Gabriel Manek Bekasi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1729–1736.
  14. Noviampura, F. H., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Percaya Diri Anak melalui Model Bermain Asyik di RA. Al Miffa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 2806–2812.
  15. Nuraini, N., Bakir, W. F., & Watini, S. (2023). Implementasi Reward Asyik untuk Meningkatkan Percaya Diri Anak Usia 5-6 Tahun di RA Hafniratunnisa Namlea. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3), 1702–1708.
  16. Ratna, S., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Asyik Dalam Pembelajaran Mengenal Konsep Warna Pada Anak Usia Dini. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1737–1746.
  17. Sahlia, S., Cahyani, F., Sunandar, K., & Watini, S. (2023). IMPLEMENTATION OF THE SIUUL MODEL IN DEVELOPING SPEAKING SKILLS THROUGH ROLE-PLAYING CENTERS IN CHILDREN AGED 4-5 YEARS AT SPSN BALE PLAYING ABDI PRAJA CILINCING NORTH JAKARTA. Jurnal Scientia, 12(01), 314–321.
  18. Setyowati, J., & Watini, S. (2022). Meningkatkan konsentrasi belajar anak melalui model bermain “asyik”(reward & yel-yel “Asyik”) di tk mutiara cemerlang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2065–2072.
  19. Suhardja, M., & Watini, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Model Asyik Terhadap Perkembangan Kemandirian Anak Kelompok B Di RA Miftahul Jannah. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 1915–1926.
  20. Susanti, A., & Watini, S. (2022). Meningkatkan Semangat Belajar Pada Kegiatan Awal Dan Recalling Melalui Model Bermain Asyik (Yel-Yel “Asyik & Nyanyian”) Di TK PGRI Melur Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(3), 2077–2084.