Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk partisipasi orang tua dalam mewujudkan pengembangan anak usia dini holistik integratif di TK Al Mukhlis Kabupaten Garut serta faktor pendukung dan penghambat partisipasi orang tua. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian di TK Al-Mukhlis Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat. Subjek penelitian orang tua, kepala sekolah dan guru di lingkungan sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakak reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) PAUD Holistik Integratif yang dilaksanakan sudah sesuai Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 Tentang PAUD Holistik Integratif dengan bentuk layanan pendidikan, kesehatan dan gizi, perlindungan, pengasuhan dan olahraga; 2) Partisipasi orang tua dalam mewujudkan pengembangan anak usia dini holistik integratif sudah optimal, ditinjau dari pengambilan keputusan, orang tua aktif menghadiri rapat dan memberikan gagasan. Partisipasi orang tua dalam tahapan pelaksanaan diwujudkan dalam bentuk partisipasi tenaga dalam keterlibatannya pada beberapa kegiatan lain yang dilaksanakan Satuan PAUD. Bentuk partisipasi dalam pengambilan manfaat berkontribusi positif dalam menciptakan komunikasi antara sekolah dengan orang tua. Bentuk partisipasi dalam kegiatan evaluasi yaitu keterlibatan orang tua dalam kehadiran rapat rutin awal dan akhir semester; 3) Faktor pendukung partisipasi orang tua yakni terdapatnya kesediaan orang tua untuk aktif terlibat dan terjalinnya komunikasi antara sekolah dengan orang tua, sedangkan faktor penghambat, yakni kesibukan orang tua dan rendahnya pemahaman orang tua untuk turut serta membantu mewujudkan optimalisasi perkembangan aspek anak usia dini.

Keywords

Partisipasi Masyarakat Anak Usia Dini Holistik-Integratif. partisipasi orang tua anak usia dini holistik integratif

Article Details

Author Biographies

Achmad Hufad, Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

Jajat S. Ardiwinata, Universitas Pendidikan Indonesia

 

 

How to Cite
Rahmat, U., Hufad, A., Ardiwinata, J. S., & Robandi, B. (2023). Partisipasi Orang Tua Dalam Mewujudkan Layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Di TK Al Mukhlis Kabupaten Garut. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 196–206. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.196-206

References

  1. Amanah, E. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Desa Layak Anak di Desa Sinangohprendeng Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. UNNES.
  2. Arnstein, S. (1969). A Ladder of Citizen Participation. Journal of the American Planning Association, 35 No. 4.
  3. Arofah, F. N. (2022). Collaborative Governance dalam Upaya Penyelenggaraan Kota Layak Anak di Kota Madiun. digilib.uns.ac.id. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/85457/Collaborative-Governance-dalam-Upaya-Penyelenggaraan-Kota-Layak-Anak-di-Kota-Madiun
  4. Cohen, J. M. & U. N. T. (1980). Participation’s Place in Rural Development: Seeking Clarity through Specificity. World Develop.
  5. Direktorat PAUD. (2012). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan POS PAUD. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Eriani, E., & Yolanda, A. M. (2022). Analisis Angka Partisipasi PAUD Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkualitas di Provinsi Riau. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan https://ejournal.stai-tbh.ac.id/index.php/mitra-ash-syibyan/article/view/470
  7. Hakim, M. (2020). Implementasi Kolaborasi Orang Tua dan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada PAUD. JIEES: Journal of Islamic Education at http://jiees.alkhoziny.ac.id/index.php/jiees/article/view/8
  8. Hamid, H. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. De La Macca.
  9. Jamilah, E. (2021).Komunikasi Guru Dengan Orang Tua Terhadap Partisipasi Orang Tua Siswa Untuk Mewujudkan Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus di SMKS Nahdlatul Ulama Al-Farisi Khazanah Akademia. https://www.jurnal.pps.uniga.ac.id/index.php/Jurnalkhazanahakademia/article/view/90
  10. Kariangga, H. (2011). Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Keuangan Daerah. PT Alumni.
  11. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Holistik Integratif di Satuan PAUD.
  12. Lutfia, A. (2021). PERKEMBANGAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN PRA SEKOLAH: FOKUS PADA INOVASI PENDIDIKAN TK. EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan.
  13. Masyitha, K. A. (2020). Gambaran Keterlibatan Orang Tua Dalam Pendidikan Formal Anak Pada Masyarakat Miskin Perkotaan. repository.unair.ac.id. https://repository.unair.ac.id/107881/
  14. Mony, A. (2016). Pengembangan Nelayan Berbasis Kearifan Lokal: Sebuah Pendekatan Socio-Legal Analysis. … DAN LINGKUNGAN Rumusan Kajian Strategis Bidang …. https://jurnal.ipb.ac.id/index.php/jkebijakan/article/view/16254
  15. Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=4JW8EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=buku+metode+penelitian&ots=lbKhchU6Sl&sig=RTTwdihZMDN2z52bMuJqHaj2fLc
  16. Notoatmojo, S. (2010). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Reka Cipta.
  17. Perpres. (2013). Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2013 Tentang PAUD Holistik Integratif. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  18. Rahmadina, F. S., Rahmadina, F. S., & ... (2021). BENTUK DUKUNGAN ORANG TUA PADA ANAK USIA DINI (AUD) SELAMA BELAJAR DARI RUMAH (BDR) Dini Holistik Integratif. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/AUDHI/article/view/629
  19. Rohmani, N. (2020). Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Seluruh Indonesia. In Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. scholar.archive.org. https://scholar.archive.org/work/vbiodigahzgaje6rvhoszbanna/access/wayback/https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/download/262/pdf
  20. Ruswandi, D. (2021). MANAJEMEN PENDIDIKAN TAMAN KANAK-KANAK DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN KERJASAMA ANTARA SEKOLAH DENGAN ORANGTUA …. In Jurnal Menata: Jurnal Manajemen Pendidikan …. jurnal.stai-yaptip.ac.id.
  21. S. Hamijoyo. (2007). Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi. UGM Press.
  22. Safira, N., & Wibowo, Y. H. (2021). Angka partisipasi kasar dan angka partisipasi murni sebagai indikator keberhasilan pendidikan indonesia. PAKAR Pendidikan. http://pakar.pkm.unp.ac.id/index.php/pakar/article/view/212
  23. Sahidu, A. (1998). Partisipasi Masyarakat Tani Pengguna Lahan Sawah dalam Pembangunan Pertanian di Daerah Lombok NTB. Institut Pertanian Bogor.
  24. Sanjani, M. A. (2018). Implementasi Model Manajemen Berbasis Sekolah (Mbs) Pada Madrasah Tsanawiyah Swasta Tpi Tanjung Putus. ANSIRU PAI: Pengembangan Profesi Guru …. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ansiru/article/view/1634
  25. Slamet, M. (2003). Membentuk Pola Perilaku Manusia Pembangunan. IPB Press.
  26. Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta.
  27. Sulistyoningsih, M., Nurwahyunani, A., & ... (2013). Pemberdayaan Masyarakat Mlatiharjo pada Pengelolaan Sampah dan Optimalisasi Sumber Daya Hayati. In … kepada Masyarakat. 103.98.176.9. http://103.98.176.9/index.php/e-dimas/article/download/1566/1312