Main Article Content
Abstract
Sulitnya guru PAUD mengembangkan permainan yang dapat membantu anak menerapkan konsep Tri Hita Karana dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan permainan “Magic Box Kolaboratif” berbasis Konsep Tri Hita Karana pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Wisata Kumara Barat Kalibukbuk, dan (2) Untuk mengetahui efektifitas pengembangan permainan “Magic Box Kolaboratif” berbasis Konsep Tri Hita Karana pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Wisata Kumara Barat Kalibukbuk. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan, menggunakan model ADDIE, adapun tahapannya: 1) analisis, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Sampel penelitian adalah TK Wisata Kumara Barat Kalibukbuk pada anak usia 4-5 tahun yang berada di desa Kalibukbuk, kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif dan menggunakan rumus validasi isi Lawshe yaitu Content Validity Ratio (CVR). Hasil analisis data penelitian dengan CVR menunjukkan penilaian dari ahli media diperoleh 0,8 dan nilai CVI sebesar 0,975. Selanjutnya diperoleh nilai CVR dari ahli materi sebesar 1 (0,99) dan nilai CVI sebesar 1 (0,99). Berdasarkan hal tersebut maka dapat dinyatakan bahwa media Magic Box Kolaboratif valid dan layak untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran anak usia dini
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 I Made Lestiawati, I Gusti Lanang Agung Wiranata, Ayu Tri Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aljabreen, H. (2020). Montessori, Waldorf, and Reggio Emilia: A Comparative Analysis of Alternative Models of Early Childhood Education. International Journal of Early Childhood, 52(3). https://doi.org/10.1007/s13158-020-00277-1
- Andari Nur Rahmawati, & Fithri, R. (2020). Religious Attitude dengan Perilaku Prososial pada Relawan PMI Kota Surabaya. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(2). https://doi.org/10.33367/psi.v5i2.1136
- Cahyono, A. N. (2010). Vygotskian Perspective: Proses Scaffolding untuk mencapai Zone of Proximal Development (ZPD) Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Semarang.
- Davison, B. (2011). Piaget vs. Vygotsky: The cognitive development theory. Assoicated Content.
- Dwaja, I. G. N., & Mudana, I. N. (2015). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas XII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
- Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, 37(1).
- Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
- Hurlock, E. B. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
- Johnson, B. (2021). Importance of Early Childhood Development. BMH Medical Journal, 8(2).
- Komalasari, E. (2016). Skill-Based Curriculum Development to Prevent the Violence Against Children. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1). https://doi.org/10.51529/ijiece.v1i1.36
- Lamrani, R., & Abdelwahed, E. H. (2020). Game-based learning and gamification to improve skills in early years education. Computer Science and Information Systems, 17(1). https://doi.org/10.2298/CSIS190511043L
- Lestari, N. G. A. M. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga “ Widya Suputra ” Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32629
- Lillard, A. S. (2021). Montessori as an alternative early childhood education. Early Child Development and Care, 191(7–8). https://doi.org/10.1080/03004430.2020.1832998
- Mahendra, P. R. A., & Kartika, I. M. (2021). Membangun Karakter berlandaskan Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 9 No. 2.
- Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta.
- Salasiah, S. (2021). PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN RUTINITAS. E-CHIEF Journal, 1(1). https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3372
- Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak, Jilid 2 Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
- Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
- Sujiono, Y. N., & dkk. (2010). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
- Zhou, J. (2020). A Critical Discussion of Vygotsky and Bruner’s Theory and Their Contribution to Understanding of the Way Students Learn. Review of Educational Theory, 3(4). https://doi.org/10.30564/ret.v3i4.2444
References
Aljabreen, H. (2020). Montessori, Waldorf, and Reggio Emilia: A Comparative Analysis of Alternative Models of Early Childhood Education. International Journal of Early Childhood, 52(3). https://doi.org/10.1007/s13158-020-00277-1
Andari Nur Rahmawati, & Fithri, R. (2020). Religious Attitude dengan Perilaku Prososial pada Relawan PMI Kota Surabaya. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(2). https://doi.org/10.33367/psi.v5i2.1136
Cahyono, A. N. (2010). Vygotskian Perspective: Proses Scaffolding untuk mencapai Zone of Proximal Development (ZPD) Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Semarang.
Davison, B. (2011). Piaget vs. Vygotsky: The cognitive development theory. Assoicated Content.
Dwaja, I. G. N., & Mudana, I. N. (2015). Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas XII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, 37(1).
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. As-Sibyan : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1).
Hurlock, E. B. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Johnson, B. (2021). Importance of Early Childhood Development. BMH Medical Journal, 8(2).
Komalasari, E. (2016). Skill-Based Curriculum Development to Prevent the Violence Against Children. Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1). https://doi.org/10.51529/ijiece.v1i1.36
Lamrani, R., & Abdelwahed, E. H. (2020). Game-based learning and gamification to improve skills in early years education. Computer Science and Information Systems, 17(1). https://doi.org/10.2298/CSIS190511043L
Lestari, N. G. A. M. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga “ Widya Suputra ” Berbasis Tri Hita Karana. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 23–30. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32629
Lillard, A. S. (2021). Montessori as an alternative early childhood education. Early Child Development and Care, 191(7–8). https://doi.org/10.1080/03004430.2020.1832998
Mahendra, P. R. A., & Kartika, I. M. (2021). Membangun Karakter berlandaskan Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 9 No. 2.
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta.
Salasiah, S. (2021). PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN RUTINITAS. E-CHIEF Journal, 1(1). https://doi.org/10.20527/e-chief.v1i1.3372
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak, Jilid 2 Edisi Kesebelas. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Sujiono, Y. N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks.
Sujiono, Y. N., & dkk. (2010). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Zhou, J. (2020). A Critical Discussion of Vygotsky and Bruner’s Theory and Their Contribution to Understanding of the Way Students Learn. Review of Educational Theory, 3(4). https://doi.org/10.30564/ret.v3i4.2444