Main Article Content
Abstract
Penguasaan bahasa pada anak yang berusia empat sampai lima tahun dimana anak sudah mampu mengucapkan kata dan mengetahui makna kata yang benar serta sudah mampu mengatakan yang diinginkannya. Permasalahan yang sering terjadi pada anak belum mengetahui arti dari kata atau kalimat yang diucapkannya, permasalahan yang terjadi ini karena pemberian stimulus pada anak kurang dalam pemerolehan bahasa semantik. Penelitihan ini menggambarkan pemerolehan semantik anak usia empat sampai lima tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitataif deskriptif dengan subjek penelitian anak kelompok A dan lokasi penelitihan di Taman Kanak-Kanak Negeri Pertiwi Kabupaten Rokan Hulu. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan hasil penelitian bahwa penggunaan media buku cerita mampu membuat anak lebih memahami arti dari sebuah kata atau kalimat yang membuat anak lebih mampu menyelesaikan masalah yang terjadi pada kehidupan anak.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Delfi Eliza, Tri Kumala Dewi, Suryana Sari, Sisri Melina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Alwi, Hasan dkk. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
- Asnawir, Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
- Chaer, A. (2003). Psikolinguistik: Kajian Teoritik. PT Rineka Cipta.
- Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini , 3(3), 153–163. Doi: 10.15294/IJECES.V3I1.9467
- Eliza, Delfi. 2017. “Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini.” PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 3(3): 153–63. doi; http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3b.1072
- Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21
- Isna Aisyah, (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. JurnalAl_Athfal. Vol.2 No. 1 Desember 2019. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140
- Madyawati, Lilis. (2017). Strategi Perkembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana
- Mansyur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Pustaka Pelajar.
- Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak Edisi Kesebelas. Erlangga.
- Septi & Delfi Eliza,2019. Peningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Cerita Mamuro Di Taman Kanak-Kanak Istiqomah Lubuk Gadang. Jurnal Penelitian Guru Indonesia (Vol. 4 No. 1, 2019) Doi: http://dx.doi.org/10.29210/02382jpgi0005
- Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfa Beta.
- Vadilla, M, and D Eliza. 2020. “Pengaruh Bercerita Rang Mudo Salendang Dunia Terhadap Kemandirian Anak Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 7(2): 100–114. doi: https://doi.org/10.24036/109175
- Widarmi. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. nuansa.
- Yasmin, N. S., & Eliza, D. (2021). Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 4-5 Tahun. 5, 9547–9553.
- Zubaidah, E. (2004 Vol.3, November). Perkembangan Bahasa Anak Usi Dini dan Teknik Pengembangannya di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 459-479. http://dx.doi.org/10.21831/cp.v3i3.7600
References
Alwi, Hasan dkk. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka
Asnawir, Basyiruddin Usman. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
Chaer, A. (2003). Psikolinguistik: Kajian Teoritik. PT Rineka Cipta.
Eliza, D. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini , 3(3), 153–163. Doi: 10.15294/IJECES.V3I1.9467
Eliza, Delfi. 2017. “Pengembangan Model Pembelajaran Karakter Berbasis Cerita Tradisional Minangkabau Untuk Anak Usia Dini.” PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 3(3): 153–63. doi; http://dx.doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3b.1072
Husna, A., & Eliza, D. (2021). Strategi Perkembangan dan Indikator Pencapaian Bahasa Reseptif dan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia Dini. Jurnal Family Education, 1(4), 38–46. https://doi.org/10.24036/jfe.v1i4.21
Isna Aisyah, (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. JurnalAl_Athfal. Vol.2 No. 1 Desember 2019. https://doi.org/10.52484/al_athfal.v2i1.140
Madyawati, Lilis. (2017). Strategi Perkembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana
Mansyur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Pustaka Pelajar.
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak Edisi Kesebelas. Erlangga.
Septi & Delfi Eliza,2019. Peningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Cerita Mamuro Di Taman Kanak-Kanak Istiqomah Lubuk Gadang. Jurnal Penelitian Guru Indonesia (Vol. 4 No. 1, 2019) Doi: http://dx.doi.org/10.29210/02382jpgi0005
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Alfa Beta.
Vadilla, M, and D Eliza. 2020. “Pengaruh Bercerita Rang Mudo Salendang Dunia Terhadap Kemandirian Anak Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Ilmiah Pesona PAUD 7(2): 100–114. doi: https://doi.org/10.24036/109175
Widarmi. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. nuansa.
Yasmin, N. S., & Eliza, D. (2021). Penerapan Metode Bercerita Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 4-5 Tahun. 5, 9547–9553.
Zubaidah, E. (2004 Vol.3, November). Perkembangan Bahasa Anak Usi Dini dan Teknik Pengembangannya di Sekolah. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 459-479. http://dx.doi.org/10.21831/cp.v3i3.7600