Main Article Content
Abstract
Media maze raksasa tidak dimiliki sekolah sehingga menggunakan lembar kerja maze berukuran kecil dengan tema lingkunganku. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media maze raksasa tema lingkunganku untuk aspek perkembangan kognitif anak 4-5 tahun yang valid dan menarik. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di beberapa sekolah di Malang. Penelitian ini menggunakan metodologi research and development menurut Borg dan Gall dengan langkah pengumpulan data sebelum penelitian, perancangan, validasi ahli, revisi dan uji kemenarikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan angket. Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli perkembangan anak dan ahli praktisi diperoleh nilai rata-rata 95,02% sehingga masuk kategori sangat valid. Berdasarkan hasil observasi pada anak usia 4-5 tahun, diperoleh dari hasil observasi dengan nilai rata-rata 91.8% dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media maze raksasa tema lingkunganku untuk aspek perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun, dinyatakan valid dan menarik untuk digunakan
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Rikza Azharona Susanti, Bintoro Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aprilia, S. R. (2016). Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Maze pada Anak Usia 4-5 Tahun di Kelompok A TK Khadijah 87 Kalibaru Kulon Banyuwangi tahun Pelajaran 2015-2016.
- Ardhana, W. (2001). Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.
- Destia, S. (2020). PENERAPAN PERMAINAN MAZE ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI DI PAUD ALAMANDA KECAMATAN TANJUNG BINTANG. http://repository.radenintan.ac.id/10716/1/COVER - BAB I - II - DAPUSf
- Dewi, I. R. S. P. N. W. (2016). PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7625
- Fithriyanti, N., & Nugrahani, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Maze Box Untuk Menstimulasi Aspek Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 68–71. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4934
- Hadiyati, N., & Hartati, E. (2020). Permainan “Maze Explorer”: Sebuah Media Untuk Mengajar Keterampilan Membaca-Menulis Anak-Anak Sekolah Dasar. KoPeN: Konferensi …, 184–189.
- Mukhlis, A. dkk. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. In Ensiklopedia Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed.). UIN Maliki Press.
- Paramitha, K. D. P. N. W. ., & Tirtayan., L. A. (2016). PENERAPAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A TK KUNCUP HARAPAN SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7767
- Robin. (2010). 50 Fun With Mazes. Gramedia Pustaka Utama.
- Sadiman, A. S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Pustekkom Dikbud Clan PT. Raja Grafindo Persada.
- Sekarwati, D. A., & Riyanto, E. (2013). Permainan Maze Matching Board Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/3708
- Suyadi. (2009). Psikologi Belajar Paud. Pedagogia.
- Syamsiatin, E. (2017). Bermain dan Permainan AUD. universitas Terbuka.
- Udani, I. G. A. K. A., Marhaeni, A. A. I. N., & Jampel, N. (2013). Kreativitas Dan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B2 Tk Shanti Kumara Iii Sempidi Mengwi Badung.
- Ulandari, S., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Maze Trap Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam As-Shofa Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 367–374. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1371
- Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
- Yulistari, N., Fatimah, A., & Sayekti, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Maze Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 125. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i2.4700
References
Aprilia, S. R. (2016). Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Maze pada Anak Usia 4-5 Tahun di Kelompok A TK Khadijah 87 Kalibaru Kulon Banyuwangi tahun Pelajaran 2015-2016.
Ardhana, W. (2001). Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.
Destia, S. (2020). PENERAPAN PERMAINAN MAZE ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI DI PAUD ALAMANDA KECAMATAN TANJUNG BINTANG. http://repository.radenintan.ac.id/10716/1/COVER - BAB I - II - DAPUSf
Dewi, I. R. S. P. N. W. (2016). PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7625
Fithriyanti, N., & Nugrahani, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Maze Box Untuk Menstimulasi Aspek Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 68–71. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4934
Hadiyati, N., & Hartati, E. (2020). Permainan “Maze Explorer”: Sebuah Media Untuk Mengajar Keterampilan Membaca-Menulis Anak-Anak Sekolah Dasar. KoPeN: Konferensi …, 184–189.
Mukhlis, A. dkk. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. In Ensiklopedia Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed.). UIN Maliki Press.
Paramitha, K. D. P. N. W. ., & Tirtayan., L. A. (2016). PENERAPAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A TK KUNCUP HARAPAN SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7767
Robin. (2010). 50 Fun With Mazes. Gramedia Pustaka Utama.
Sadiman, A. S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Pustekkom Dikbud Clan PT. Raja Grafindo Persada.
Sekarwati, D. A., & Riyanto, E. (2013). Permainan Maze Matching Board Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/3708
Suyadi. (2009). Psikologi Belajar Paud. Pedagogia.
Syamsiatin, E. (2017). Bermain dan Permainan AUD. universitas Terbuka.
Udani, I. G. A. K. A., Marhaeni, A. A. I. N., & Jampel, N. (2013). Kreativitas Dan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B2 Tk Shanti Kumara Iii Sempidi Mengwi Badung.
Ulandari, S., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Maze Trap Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam As-Shofa Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 367–374. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1371
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Yulistari, N., Fatimah, A., & Sayekti, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Maze Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 125. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i2.4700