Main Article Content

Abstract

Media maze raksasa tidak dimiliki sekolah sehingga menggunakan lembar kerja maze berukuran kecil dengan tema lingkunganku.  Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media maze raksasa tema lingkunganku untuk aspek perkembangan kognitif anak 4-5 tahun yang valid dan menarik. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di beberapa sekolah di Malang. Penelitian ini menggunakan metodologi research and development menurut Borg dan Gall dengan langkah pengumpulan data sebelum penelitian, perancangan, validasi ahli, revisi dan uji kemenarikan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan angket. Berdasarkan hasil validasi ahli media, ahli perkembangan anak dan ahli praktisi diperoleh nilai rata-rata 95,02% sehingga masuk kategori sangat valid. Berdasarkan hasil observasi pada anak usia 4-5 tahun, diperoleh dari hasil observasi dengan nilai rata-rata 91.8% dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media maze raksasa tema lingkunganku untuk aspek perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun, dinyatakan valid dan menarik untuk digunakan

Keywords

Apek Perkembangan Kognitif media Media Maze Raksasa pengembangan media Pengembangan Media Maze Raksasa Aspek Perkembangan Kognitif

Article Details

Author Biographies

Rikza Azharona Susanti, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

 

 

Bintoro Widodo, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

 

 

How to Cite
Susanti, R. A., & Widodo, B. (2023). Pengembangan Media Maze Raksasa untuk Aspek Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 131–138. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.131-138

References

  1. Aprilia, S. R. (2016). Kemampuan Kognitif Anak Melalui Bermain Maze pada Anak Usia 4-5 Tahun di Kelompok A TK Khadijah 87 Kalibaru Kulon Banyuwangi tahun Pelajaran 2015-2016.
  2. Ardhana, W. (2001). Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.
  3. Destia, S. (2020). PENERAPAN PERMAINAN MAZE ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA ANAK USIA DINI DI PAUD ALAMANDA KECAMATAN TANJUNG BINTANG. http://repository.radenintan.ac.id/10716/1/COVER - BAB I - II - DAPUSf
  4. Dewi, I. R. S. P. N. W. (2016). PENERAPAN METODE BERMAIN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7625
  5. Fithriyanti, N., & Nugrahani, R. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Maze Box Untuk Menstimulasi Aspek Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 68–71. https://doi.org/10.31004/jrpp.v5i1.4934
  6. Hadiyati, N., & Hartati, E. (2020). Permainan “Maze Explorer”: Sebuah Media Untuk Mengajar Keterampilan Membaca-Menulis Anak-Anak Sekolah Dasar. KoPeN: Konferensi …, 184–189.
  7. Mukhlis, A. dkk. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. In Ensiklopedia Pendidikan Anak Usia Dini (1st ed.). UIN Maliki Press.
  8. Paramitha, K. D. P. N. W. ., & Tirtayan., L. A. (2016). PENERAPAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK A TK KUNCUP HARAPAN SINGARAJA. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7767
  9. Robin. (2010). 50 Fun With Mazes. Gramedia Pustaka Utama.
  10. Sadiman, A. S. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Pustekkom Dikbud Clan PT. Raja Grafindo Persada.
  11. Sekarwati, D. A., & Riyanto, E. (2013). Permainan Maze Matching Board Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Khusus, 3(3), 1–8. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/3708
  12. Suyadi. (2009). Psikologi Belajar Paud. Pedagogia.
  13. Syamsiatin, E. (2017). Bermain dan Permainan AUD. universitas Terbuka.
  14. Udani, I. G. A. K. A., Marhaeni, A. A. I. N., & Jampel, N. (2013). Kreativitas Dan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B2 Tk Shanti Kumara Iii Sempidi Mengwi Badung.
  15. Ulandari, S., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Maze Trap Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Islam As-Shofa Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(2), 367–374. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1371
  16. Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
  17. Yulistari, N., Fatimah, A., & Sayekti, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Alat Permainan Edukatif Maze Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 125. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v5i2.4700