Main Article Content

Abstract

Egosentris sifat alamiah anak yang perlu di arahkan agar mereka dapat mengembangkan pemahaman terhadap pendapat orang lain dan memiliki kemampuan untuk bekerjasama. Anak yang memiliki kemampuan bekerjasama akan mudah bersosialisasi dengan temannya. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kerjasama anak usia dini melalui kegiatan fun game circle. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas B semester satu di RA Muslimat NU Kembaran Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas. Sumber data yang digunakan adalah purposif sampling diantaranya terdiri dari kepala sekolah, guru kelas dan guru pembimbing. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) penarikan kesimpulan (conclution drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kegiatan Fun Games Circle dapat digunakan dalam mengembangkan kemampuan kerjasama anak. Karena dalam Fun games circle itu anak-anak dikondisikan untuk menaati aturan-aturan, memecahkan masalah bersama temannya, dan terdapat masalah yang harus diselesaikan bersama. Kondisi tersebut yang membuat anak terbiasa untuk bekerjasama.  Kemudian fun games circle membuat anak mau bergabung dengan temannya, anak antusias mengikuti games, anak mau bermain saat istirahat, anak mau berbagi dengan teman, anak membantu dan mendorong anak lain untuk mengikuti games, anak merespon baik jika ada yang menawarkan bantuan, anak terlibat aktif dalam kegiatan games, mengucapkan terimakasih ketika dibantu teman, anak mampu mengatur strategi untuk menyelesaikan kegiatan, anak membagi tugas dalam kegiatan.

Keywords

Kerjasama anak usia dini fun games circle Anak Usia Dini Fun Games Circle Kerjasama

Article Details

Author Biographies

Aji Nur Shofiah, Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto

 

 

Fauzi Fauzi, Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto

 

 

 

 

 

How to Cite
Shofiah, A. N., & Fauzi, F. (2023). Pengembangan Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Fun Games Circle. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 207–218. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.207-218

References

  1. Abidah, A. F., & Dewi, N. K. (2019). SIKAP KERJASAMA MELALUI PERMAINAN BENTENGAN Pada Anak Usia 5-6 Tahun menyesuaikan diri dengan norma-norma dalam penelitian ini yaitu perkembangan usia 5 sampai 6 tahun dapat dikembangkan karena dapat meningkatkan kemampuan. Jurnal Kumara Cendekia. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
  2. Ardiati, L. (2021). Perbandingan Teori Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Jean Piaget Dan Lev Vygotsky Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Institut Agam Islam Negeri (Iain) Bengkulu, 1–117.
  3. Cahyati, S. S., Tukiyo, T., Saputra, N., Julyanthry, J., & Herman, H. (2022). How to Improve the Quality of Learning for Early Childhood? An Implementation of Education Management in the Industrial Revolution Era 4.0. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5437–5446. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2979
  4. Candra, T. K., Tama, S., & Madiun, K. (2017). Jurnal c a r e. 5(1).
  5. Fadlillah, M., & Wiyani, N. A. (2003). Rangsangan Pendidikan Untuk Membantu Pertumbuhan Dan Perkembangan Jasmani Dan Rohani Agar Anak Memiliki Kesiapan Dalam Memasuki Pendidikan Lebih Lanjut …. Repo.Uinsatu.Ac.Id, 20. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/22907%0Ahttp://repo.uinsatu.ac.id/22907/5/BAB II.pdf
  6. Farhurohman, O. (2017). Kata Kunci: pendidikan anak usia dini. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, 2(1), 27–36.
  7. Fauzah, F., & Halim, F. (2020). Upaya Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit Di TKN Pembina Muara Batu. Jurnal Pendidikan Guru Anak Usia Dini, 01(02), 33–39. http://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/view/58%0Ahttp://www.journal.umuslim.ac.id/index.php/jpg/article/download/58/46
  8. Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja sama melalui kegiatan kerja kelompok. Paud Tambusai Pgpaud Stk, 2 Nomor 1, 29–45.
  9. Gunawan, E., & Nurmawan, I. (2010). Colaborative Learning (Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama. Nusamedia.
  10. Hamidah, M. (2017). Meningkatkan Nilai - Nilai Karakter Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(1), 21–37.
  11. Isjoni. (2013). Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Alfabeta.
  12. Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajagrafindo Persada.
  13. Mafra, H. (2015). Development of Learning and Social Skills in Children with Learning Disabilities: An Educational Intervention Program. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 209(July), 221–228. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.11.220
  14. Majid, N. W. A., & Ridwan, T. (2019). Development of the traditional digital games for strengthening childhood’s verbal skill. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(1), 75–82. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i1.22802
  15. Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun. Institut Pesantren K.H. Abdul Chalim Mojokerto, 1–15. https://files.osf.io/v1/resources/p5gu8/providers/osfstorage/5bd78b599faf610017d936d5?action=download&direct&version=1
  16. Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64.
  17. Prabandari, I. R., & Fidesrinur, F. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(2), 96. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i2.572
  18. Putri, C. F., & Zulminiati. (2020). Kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun. In Jurnal Pendidikan tambusai (Vol. 4, p. 3040).
  19. Qory Jumrotul Aqobah, Masnur Ali, G. D., & Raharja, A. T. (2020). Penanaman Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisonal. Untirta, 5 (2)(2), 134–142.
  20. Setyaningsih, D., Sirjon, S., & Mamma, A. T. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Bakiak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7036–7044. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2573
  21. Widayati, T. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Tutor Paud Dalam Menggali Perilaku Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Gerak Dan Lagu. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 4(2), 113–124. https://doi.org/10.21009/jiv.0402.1