Main Article Content

Abstract

Kebebasan anak dalam bermain gadget berdampak buruk dalam kamampuan anak bersosial. Permaian di dalam gadget dianggap sangat canggih dan menarik untuk dimainkan. Hal ini menjadi pengaruh punahnya permainan tradisional yang ada di Indonesia salah satunya permaian tradisional kelereng. Tujuan penelitian ini adalah mengingatkan dalam eksistensi permainan tradisional kelereng dari masa ke masa dan membantu anak mengembangakan kemampuan sosial dalam lingkungan keluarga ataupun masyarakat sekitar secara optimal. Penelitian menggunakan jenis kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan studi literatur terkait permainan kelereng dalam mengembangkan kemampuan sosial anak. Analisis hasil penelitian menunjukan bahwa 1) permainan tradisional kelereng mengalami kelangkaan di salah satu desa Beran Ngawi Jawa Timur, anak usia 4-7 tahun yang terdiri dari 6 orang yang dapat menguasai skill permainan kelereng hanya satu anak laki-laki saja. 2) Peran permainan tradisonal kelereng dapat mengembangkan kemampuan sosial anak yang awalnya bergantung dengan gadget dan mengabaikan lingkungan sekitarnya. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa anak memiliki ketertarikan memainkan permainan tradisional kelereng namun tidak mengetahui cara permainannya sehingga perlu adanya pengenalan permainan tradisional kelereng pada anak yang berpengaruh besar dalam kemampuan sosial anak terhadap kerjasama, menyesuaikan diri, berinteraksi, mengontrol diri, empati, menaati aturan dan menghargai orang lain.

Keywords

permainan tradisional kelereng kemampuan sosial anak Permainan Tradisional Kelereng Kemampuan Sosial Anak Gadget

Article Details

Author Biographies

Nur Cahyati Ngaisah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

 

Muhammad Al Ayyubi, University of Islamabad, Pakistan

 

 

Lati Nurliana Wati Fajzrina, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

 

Reza Aulia, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

 

Munawarah Munawarah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

 

Chairun Nisa Fadillah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

 

Nailul Padhil Zohro, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

 

 

How to Cite
Ngaisah, N. C., Al Ayyubi, M., Fajzrina, L. N. W., Aulia, R., Munawarah, M., Fadillah, C. N., & Zohro, N. P. (2023). Permainan Tradisional Kelereng dan Perannya dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.103-113

References

  1. Anggraini, G., & Pujiastuti, H. (2020). Peranan Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika di Sekolah Dasar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 87–101. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.952
  2. Apiati, V., Heryani, Y., & Muslim, S. R. (2019). Etnomatematik dalam Bercocok Tanam Padi dan Kerajinan Anyaman Masyarakat Kampung Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.417
  3. Aulia, R., & Ngaisah, N. C. (2023). Peran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Fungsi Sosialisasi Keluarga di Kelurahan Teluk Merarti. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 49–62.
  4. Edhy Rustan & Ahmad Munawir. (2020). Eksistensi Permainan Tradisional Padagenerasi Digital Natives Di Luwu Raya Dan Pengintegrasiannyake Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 181–196. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/
  5. Ekyana, L., Fauziddin, M., & Arifiyanti, N. (2021). Parents Perception: Early Childhood Social Behaviour During Physical Distancing in the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 258–280. https://doi.org/10.21009/jpud.152.04
  6. Erliani, S. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Permainan Anak. 2(September), 177–200.
  7. Fakhriyani, D. V. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Madura. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3685
  8. Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.
  9. Hewi, L., & Surpida, S. (2019). Permainan Dadu pada Pengembangan Perilaku Prososial Anak di RA An-Nur Kota Kendari. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 115–128. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.468
  10. Huda, W. N. (2018). Pembentukan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Prosiding Seminar Nasional "Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global, 11 April, 243–247. http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2018/38_Wafiq_Nurul_Huda_243-247.pdf
  11. Ismah. (2018). Melestarikan Tari Ebeg Banyumasan sebagai Upaya Memelihara Kesenian Rakyat. Jurnal Warna, 2(2), 29–42. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/907936
  12. Karina, C. D., U.S, S., & L.A, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Indonesia Komunitas TGR (Traditional Games Return). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1599–1615. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.674
  13. Kurniawan, I. D. (2018). Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas …. Bekerjanya Demokrasi Melalui Modal Sosial. https://core.ac.uk/download/pdf/148617855.pdf
  14. Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Denata, G. Y. (2022). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Aktivitas Fisik Anak Usia Dini Pada Generasi Alfa. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 21. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.16525
  15. Lindawati, Y. I. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Eksistensi Permainan Tradisional di Desa Nyangkringan. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 5(1), 13. https://doi.org/10.30870/hermeneutika.v5i1.7381
  16. Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 01–09. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.20861
  17. Mei, M. F., Seto, S. B., & Wondo, M. T. S. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Kelereng Pada Anak Masyarakat Kota Ende. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 29–38. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1611
  18. Merry Agustina. (2009). Pengembangan Kecerdasan Quantum pada Anak dalam Keluarga (Perspektif Pendidikan Islam). 10(2), 69–82. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2396/
  19. Montroy, J. J., Bowles, R. P., Skibbe, L. E., & Foster, T. D. (2014). Social skills and problem behaviors as mediators of the relationship between behavioral self-regulation and academic achievement. Early Childhood Research Quarterly, 29(3), 298–309. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2014.03.002
  20. Naila, J. (2021). Diajukan untuk Melengkapi Tugas – Tugas dan Memenuhi Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Pada Program Studi Matematika.
  21. Ndeot, F. (2019). Pentingnya Pengembangan Kurikulum di PAUD. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 33–34.
  22. Nur, H., & Asdana, M. F. (2020). Pergeseran Permainan Tradisional Di Kota Makassar. Phinisi Integration Review, 3(1), 17–29.
  23. Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558
  24. Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. 05(02), 1–12.
  25. Rahmi, P. (2019). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosional Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 19–44.
  26. Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
  27. Roostin, E., Aprilianti, R., & Martini, A. (2022). Pelatihan Media Permainan Tradisional Dakuca Terhadap Guru Raudathul Athfal Kabupaten Sumedang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5154–5164. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1890
  28. Silalahi, E. R., Gunara, S., & Gunawan, I. (2021). Penggunaan Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Seni Budaya Oleh Mahasiswa Program Pengenalan Pengalaman Lapangan Satuan Pendidikan (Pplsp). SWARA - Jurnal Antologi Pendidikan Musik, 1(3), 53–64. https://ejournal.upi.edu/index.php/antomusik/article/view/38474
  29. Sinaga, R., Nasriah, N., & Hidayati, I. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Kelereng Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B di TK Puteri Sion Medan. Jurnal Usia Dini, 6(1), 10. https://doi.org/10.24114/jud.v6i1.19161
  30. Slamet, Y. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Pada Anak Usia Dini (PAUD Melati 4 Jakarta Pusat). SKripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IPTIA, Jakarta.
  31. Supriyono, A. (2018). Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
  32. Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1–10.
  33. Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386
  34. Syamsurrijal, A. (2020). Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.116
  35. Webster, L., Low, J., Siller, C., & Hackett, R. K. (2013). Understanding the contribution of a father’s warmth on his child’s social skills. Fathering, 11(1), 90–113. https://doi.org/10.3149/fth.1101.90
  36. Wijayanti, R. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496
  37. Yudaparmita, G. N. A., & Adnyana, K. S. (2021). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Pada Peserta Didik. Edukasi: Jurnal …, 2(2), 83–90. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1799%0Ahttps://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/viewFile/1799/1460
  38. Yuli Apriati, Tiara Moktika, Elysia Asmin, C. W. (2021). Pergeseran Permainan Tradisional Menjadi Permainan Virtual Sebagai Dampak Pandemi Covid-19 Di Kota Banjarmasin. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 3(2), 390. https://doi.org/10.20527/padaringan.v3i2.3425
  39. Yuniar, R. I., & Pujiastuti, H. (2020). Heni Pujiastuti. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah, 6, 66–77.