Main Article Content
Abstract
Kebebasan anak dalam bermain gadget berdampak buruk dalam kamampuan anak bersosial. Permaian di dalam gadget dianggap sangat canggih dan menarik untuk dimainkan. Hal ini menjadi pengaruh punahnya permainan tradisional yang ada di Indonesia salah satunya permaian tradisional kelereng. Tujuan penelitian ini adalah mengingatkan dalam eksistensi permainan tradisional kelereng dari masa ke masa dan membantu anak mengembangakan kemampuan sosial dalam lingkungan keluarga ataupun masyarakat sekitar secara optimal. Penelitian menggunakan jenis kualitatif dengan metode etnografi. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, wawancara dan studi literatur terkait permainan kelereng dalam mengembangkan kemampuan sosial anak. Analisis hasil penelitian menunjukan bahwa 1) permainan tradisional kelereng mengalami kelangkaan di salah satu desa Beran Ngawi Jawa Timur, anak usia 4-7 tahun yang terdiri dari 6 orang yang dapat menguasai skill permainan kelereng hanya satu anak laki-laki saja. 2) Peran permainan tradisonal kelereng dapat mengembangkan kemampuan sosial anak yang awalnya bergantung dengan gadget dan mengabaikan lingkungan sekitarnya. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa anak memiliki ketertarikan memainkan permainan tradisional kelereng namun tidak mengetahui cara permainannya sehingga perlu adanya pengenalan permainan tradisional kelereng pada anak yang berpengaruh besar dalam kemampuan sosial anak terhadap kerjasama, menyesuaikan diri, berinteraksi, mengontrol diri, empati, menaati aturan dan menghargai orang lain.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Nur Cahyati Ngaisah, Muhammad Al Ayyubi, Lati Nurliana Wati Fajzrina, Reza Aulia, Munawarah Munawarah, Chairun Nisa Fadillah, Nailul Padhil Zohro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anggraini, G., & Pujiastuti, H. (2020). Peranan Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika di Sekolah Dasar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 87–101. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.952
- Apiati, V., Heryani, Y., & Muslim, S. R. (2019). Etnomatematik dalam Bercocok Tanam Padi dan Kerajinan Anyaman Masyarakat Kampung Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.417
- Aulia, R., & Ngaisah, N. C. (2023). Peran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Fungsi Sosialisasi Keluarga di Kelurahan Teluk Merarti. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 49–62.
- Edhy Rustan & Ahmad Munawir. (2020). Eksistensi Permainan Tradisional Padagenerasi Digital Natives Di Luwu Raya Dan Pengintegrasiannyake Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 181–196. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/
- Ekyana, L., Fauziddin, M., & Arifiyanti, N. (2021). Parents Perception: Early Childhood Social Behaviour During Physical Distancing in the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 258–280. https://doi.org/10.21009/jpud.152.04
- Erliani, S. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Permainan Anak. 2(September), 177–200.
- Fakhriyani, D. V. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Madura. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3685
- Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.
- Hewi, L., & Surpida, S. (2019). Permainan Dadu pada Pengembangan Perilaku Prososial Anak di RA An-Nur Kota Kendari. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 115–128. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.468
- Huda, W. N. (2018). Pembentukan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Prosiding Seminar Nasional "Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global, 11 April, 243–247. http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2018/38_Wafiq_Nurul_Huda_243-247.pdf
- Ismah. (2018). Melestarikan Tari Ebeg Banyumasan sebagai Upaya Memelihara Kesenian Rakyat. Jurnal Warna, 2(2), 29–42. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/907936
- Karina, C. D., U.S, S., & L.A, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Indonesia Komunitas TGR (Traditional Games Return). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1599–1615. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.674
- Kurniawan, I. D. (2018). Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas …. Bekerjanya Demokrasi Melalui Modal Sosial. https://core.ac.uk/download/pdf/148617855.pdf
- Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Denata, G. Y. (2022). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Aktivitas Fisik Anak Usia Dini Pada Generasi Alfa. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 21. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.16525
- Lindawati, Y. I. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Eksistensi Permainan Tradisional di Desa Nyangkringan. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 5(1), 13. https://doi.org/10.30870/hermeneutika.v5i1.7381
- Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 01–09. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.20861
- Mei, M. F., Seto, S. B., & Wondo, M. T. S. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Kelereng Pada Anak Masyarakat Kota Ende. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 29–38. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1611
- Merry Agustina. (2009). Pengembangan Kecerdasan Quantum pada Anak dalam Keluarga (Perspektif Pendidikan Islam). 10(2), 69–82. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2396/
- Montroy, J. J., Bowles, R. P., Skibbe, L. E., & Foster, T. D. (2014). Social skills and problem behaviors as mediators of the relationship between behavioral self-regulation and academic achievement. Early Childhood Research Quarterly, 29(3), 298–309. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2014.03.002
- Naila, J. (2021). Diajukan untuk Melengkapi Tugas – Tugas dan Memenuhi Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Pada Program Studi Matematika.
- Ndeot, F. (2019). Pentingnya Pengembangan Kurikulum di PAUD. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 33–34.
- Nur, H., & Asdana, M. F. (2020). Pergeseran Permainan Tradisional Di Kota Makassar. Phinisi Integration Review, 3(1), 17–29.
- Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558
- Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. 05(02), 1–12.
- Rahmi, P. (2019). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosional Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 19–44.
- Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
- Roostin, E., Aprilianti, R., & Martini, A. (2022). Pelatihan Media Permainan Tradisional Dakuca Terhadap Guru Raudathul Athfal Kabupaten Sumedang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5154–5164. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1890
- Silalahi, E. R., Gunara, S., & Gunawan, I. (2021). Penggunaan Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Seni Budaya Oleh Mahasiswa Program Pengenalan Pengalaman Lapangan Satuan Pendidikan (Pplsp). SWARA - Jurnal Antologi Pendidikan Musik, 1(3), 53–64. https://ejournal.upi.edu/index.php/antomusik/article/view/38474
- Sinaga, R., Nasriah, N., & Hidayati, I. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Kelereng Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B di TK Puteri Sion Medan. Jurnal Usia Dini, 6(1), 10. https://doi.org/10.24114/jud.v6i1.19161
- Slamet, Y. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Pada Anak Usia Dini (PAUD Melati 4 Jakarta Pusat). SKripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IPTIA, Jakarta.
- Supriyono, A. (2018). Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
- Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1–10.
- Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386
- Syamsurrijal, A. (2020). Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.116
- Webster, L., Low, J., Siller, C., & Hackett, R. K. (2013). Understanding the contribution of a father’s warmth on his child’s social skills. Fathering, 11(1), 90–113. https://doi.org/10.3149/fth.1101.90
- Wijayanti, R. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496
- Yudaparmita, G. N. A., & Adnyana, K. S. (2021). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Pada Peserta Didik. Edukasi: Jurnal …, 2(2), 83–90. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1799%0Ahttps://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/viewFile/1799/1460
- Yuli Apriati, Tiara Moktika, Elysia Asmin, C. W. (2021). Pergeseran Permainan Tradisional Menjadi Permainan Virtual Sebagai Dampak Pandemi Covid-19 Di Kota Banjarmasin. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 3(2), 390. https://doi.org/10.20527/padaringan.v3i2.3425
- Yuniar, R. I., & Pujiastuti, H. (2020). Heni Pujiastuti. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah, 6, 66–77.
References
Anggraini, G., & Pujiastuti, H. (2020). Peranan Permainan Tradisional Engklek dalam Mengembangkan Kemampuan Matematika di Sekolah Dasar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 87–101. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i1.952
Apiati, V., Heryani, Y., & Muslim, S. R. (2019). Etnomatematik dalam Bercocok Tanam Padi dan Kerajinan Anyaman Masyarakat Kampung Naga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 107–118. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.417
Aulia, R., & Ngaisah, N. C. (2023). Peran Pendidikan Anak Usia Dini dalam Fungsi Sosialisasi Keluarga di Kelurahan Teluk Merarti. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 49–62.
Edhy Rustan & Ahmad Munawir. (2020). Eksistensi Permainan Tradisional Padagenerasi Digital Natives Di Luwu Raya Dan Pengintegrasiannyake Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 181–196. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/
Ekyana, L., Fauziddin, M., & Arifiyanti, N. (2021). Parents Perception: Early Childhood Social Behaviour During Physical Distancing in the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(2), 258–280. https://doi.org/10.21009/jpud.152.04
Erliani, S. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Permainan Anak. 2(September), 177–200.
Fakhriyani, D. V. (2018). Pengembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Madura. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(1), 39–44. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i1.3685
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.
Hewi, L., & Surpida, S. (2019). Permainan Dadu pada Pengembangan Perilaku Prososial Anak di RA An-Nur Kota Kendari. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 115–128. https://doi.org/10.15642/jeced.v1i2.468
Huda, W. N. (2018). Pembentukan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Tradisional. Prosiding Seminar Nasional "Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global, 11 April, 243–247. http://pgsd.umk.ac.id/files/prosiding/2018/38_Wafiq_Nurul_Huda_243-247.pdf
Ismah. (2018). Melestarikan Tari Ebeg Banyumasan sebagai Upaya Memelihara Kesenian Rakyat. Jurnal Warna, 2(2), 29–42. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/907936
Karina, C. D., U.S, S., & L.A, S. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Indonesia Komunitas TGR (Traditional Games Return). Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1599–1615. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.674
Kurniawan, I. D. (2018). Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas …. Bekerjanya Demokrasi Melalui Modal Sosial. https://core.ac.uk/download/pdf/148617855.pdf
Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Denata, G. Y. (2022). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Aktivitas Fisik Anak Usia Dini Pada Generasi Alfa. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 5(1), 21. https://doi.org/10.24014/kjiece.v5i1.16525
Lindawati, Y. I. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Eksistensi Permainan Tradisional di Desa Nyangkringan. Hermeneutika : Jurnal Hermeneutika, 5(1), 13. https://doi.org/10.30870/hermeneutika.v5i1.7381
Maghfiroh, Y. (2020). Peran Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 01–09. https://doi.org/10.23960/jpa.v6n2.20861
Mei, M. F., Seto, S. B., & Wondo, M. T. S. (2020). Eksplorasi Konsep Etnomatematika Dalam Permainan Tradisional Kelereng Pada Anak Masyarakat Kota Ende. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 5(1), 29–38. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v5i1.1611
Merry Agustina. (2009). Pengembangan Kecerdasan Quantum pada Anak dalam Keluarga (Perspektif Pendidikan Islam). 10(2), 69–82. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2396/
Montroy, J. J., Bowles, R. P., Skibbe, L. E., & Foster, T. D. (2014). Social skills and problem behaviors as mediators of the relationship between behavioral self-regulation and academic achievement. Early Childhood Research Quarterly, 29(3), 298–309. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2014.03.002
Naila, J. (2021). Diajukan untuk Melengkapi Tugas – Tugas dan Memenuhi Syarat Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Pada Program Studi Matematika.
Ndeot, F. (2019). Pentingnya Pengembangan Kurikulum di PAUD. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 33–34.
Nur, H., & Asdana, M. F. (2020). Pergeseran Permainan Tradisional Di Kota Makassar. Phinisi Integration Review, 3(1), 17–29.
Pratiwi, C. P. (2020). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar: Studi Kasus pada Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 1. https://doi.org/10.30734/jpe.v7i1.558
Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Permainan Tradisional Kelereng. 05(02), 1–12.
Rahmi, P. (2019). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosional Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 19–44.
Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Roostin, E., Aprilianti, R., & Martini, A. (2022). Pelatihan Media Permainan Tradisional Dakuca Terhadap Guru Raudathul Athfal Kabupaten Sumedang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5154–5164. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1890
Silalahi, E. R., Gunara, S., & Gunawan, I. (2021). Penggunaan Whatsapp Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Seni Budaya Oleh Mahasiswa Program Pengenalan Pengalaman Lapangan Satuan Pendidikan (Pplsp). SWARA - Jurnal Antologi Pendidikan Musik, 1(3), 53–64. https://ejournal.upi.edu/index.php/antomusik/article/view/38474
Sinaga, R., Nasriah, N., & Hidayati, I. (2020). Pengaruh Permainan Tradisional Kelereng Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B di TK Puteri Sion Medan. Jurnal Usia Dini, 6(1), 10. https://doi.org/10.24114/jud.v6i1.19161
Slamet, Y. (2020). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Egrang Batok Pada Anak Usia Dini (PAUD Melati 4 Jakarta Pusat). SKripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IPTIA, Jakarta.
Supriyono, A. (2018). Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Suryawan, I. . A. J. (2020). Permainan Tradisional Sebagai Media Pelestarian Budaya dan Penanaman Nilai Karakter Bangsa. Genta Hredaya, 2(2), 1–10.
Sutini, A. (2018). Meningkatkan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 67–77. https://doi.org/10.17509/cd.v4i2.10386
Syamsurrijal, A. (2020). Bermain Sambil Belajar: Permainan Tradisional Sebagai Media Penanaman Nilai Pendidikan Karakter. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 1(2), 1–14. https://doi.org/10.37812/zahra.v1i2.116
Webster, L., Low, J., Siller, C., & Hackett, R. K. (2013). Understanding the contribution of a father’s warmth on his child’s social skills. Fathering, 11(1), 90–113. https://doi.org/10.3149/fth.1101.90
Wijayanti, R. (2018). Permainan Tradisional Sebagai Media Pengembangan Kemampuan Sosial Anak. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 51–56. https://doi.org/10.17509/cd.v5i1.10496
Yudaparmita, G. N. A., & Adnyana, K. S. (2021). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Pada Peserta Didik. Edukasi: Jurnal …, 2(2), 83–90. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/view/1799%0Ahttps://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/edukasi/article/viewFile/1799/1460
Yuli Apriati, Tiara Moktika, Elysia Asmin, C. W. (2021). Pergeseran Permainan Tradisional Menjadi Permainan Virtual Sebagai Dampak Pandemi Covid-19 Di Kota Banjarmasin. PADARINGAN (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 3(2), 390. https://doi.org/10.20527/padaringan.v3i2.3425
Yuniar, R. I., & Pujiastuti, H. (2020). Heni Pujiastuti. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah, 6, 66–77.