Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan nilai dan karakter anak usia dini melalui permainan tradisional boyboyan yang diadakan di lembaga pendidikan nonformal ECO Bambu Cipaku Bandung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah peserta kegiatan literasi budaya yang melakukan kunjungan belajar melalui kegiatan rekreasi edukatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan triangulasi subjek dengan mengklarifikasi informasi pada informan sehingga memperoleh data jenuh dan dijadikan hasil temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai karakter dalam permainan tradisional boyboyan. Berdasarkan temuan, nilai karakter dapat dilihat dari kegiatan bermain yang dilakukan secara spontan dan berulang-ulang oleh para peserta sehingga terjadi pembentukan nilai dari sikap dan tindakan para peserta. Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam permainan ini adalah nilai-nilai disiplin, kerja keras, kreatif, kebangsaan, rasa ingin tahu, kejujuran, tanggung jawab, menghargai prestasi, religius, toleransi, kemandirian, demokrasi, bersahabat/komunikatif, dan peduli sosial. Permainan tradisional bukan hanya permainan sederhana yang dapat memberikan kesenangan bagi pemainnya tetapi tidak kita sadari bahwa kegiatan permainan tradisional memiliki banyak nilai karakter dan memiliki filosofi yang kuat bagi pembentukan jati diri peserta permainan. Penemuan nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional boyboyan dapat dijadikan sebagai media dalam pembentukan karakter khususnya untuk kegiatan pembelajaran baik secara formal maupun informal. Keberlanjutan dalam inventarisasi nilai-nilai karakter dalam permainan tradisional harus terus digali sehingga dapat menjadi inovasi dalam pembelajaran dan upaya pelestarian budaya lokal.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Ari Putra, Elwan Stiadi, Dwi Ismawati, Dayat Hidayat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Suri, D., & Chandra, D. (2021). Teacher's strategy for implementing multiculturalism education based on local cultural values and character building for early childhood education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(4), 271-285.
- Burroughs, M. D. (2018). Ethics Across Early Childhood Education. In Ethics Across the Curriculum—Pedagogical Perspectives (pp. 245–260). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-78939-2_15
- Daemi, M., & Farnia, M. (2013). The effect of the storytelling on social skills of female preschools’ students of educational district (1) in Tabriz. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 3(1), 197–203.
- Gonzalez-Mena, J. (2008). Foundation of early childhood education (4th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Higher Education.
- Hardwick, S. A. (2017). Ethical principles and character traits in children’s literature (Doctoral Dissertation). Capella University.
- Muchlas, S dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Zubaedi, D. M. A., & Pd, M. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana
- Kress, J.S., & Elias, M. J. (2019). Nurturing Students’ Character. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429199875
- Elting, T. (2015). One love, one heart: Promoting empathy through children’s literature (Doctoral dissertation). https:// library.capella.edu/login?url=http://
- Price-Mitchell, M. (2022, December, 29). 8 Pathways to Every Student’s Success. [Web log post]. Retrieved from https://www. edutopia.org/blog/8-pathways-every-students-success-marilyn-price-mitchell
- Kang, S. Y. (2022, Dec 6). The True Meaning of Integrity. Retrieved from https://www.huffingtonpost.com/soyoung-kang/ the-true-meaning-of-integ_b_11273420.htm
- Fathurrohman, P., Suryana, A., dan Fatriani, F. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Jakarta:PT Refika Aditama
- Irman, I. (2017). Nilai-Nilai Karakter pada Anak Dalam Permainan Tradisionan dan Moderen. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), Vol. 4, No.2, 89-96.
- Sudrajat, W., dan Wijayanti, A. T. (2015). Muatan Nilai-Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional di PAUD Among Siwi, Panggung Harjo, Sewon, Bantul. Jurnal Ilmu Sosial UNY. Jipsindo, Vol.2, No. 1, 44-65.
- Kurikulum, P. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum. Balitbang, Kemdiknas.
- Kurikulum, P. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum. Balitbang, Kemdiknas.
- Supriyanto, A., dan Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 7, No. 2, 61-70.
References
Suri, D., & Chandra, D. (2021). Teacher's strategy for implementing multiculturalism education based on local cultural values and character building for early childhood education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 8(4), 271-285.
Burroughs, M. D. (2018). Ethics Across Early Childhood Education. In Ethics Across the Curriculum—Pedagogical Perspectives (pp. 245–260). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-78939-2_15
Daemi, M., & Farnia, M. (2013). The effect of the storytelling on social skills of female preschools’ students of educational district (1) in Tabriz. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 3(1), 197–203.
Gonzalez-Mena, J. (2008). Foundation of early childhood education (4th ed.). New York, NY: McGraw-Hill Higher Education.
Hardwick, S. A. (2017). Ethical principles and character traits in children’s literature (Doctoral Dissertation). Capella University.
Muchlas, S dan Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Zubaedi, D. M. A., & Pd, M. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana
Kress, J.S., & Elias, M. J. (2019). Nurturing Students’ Character. Routledge. https://doi.org/10.4324/9780429199875
Elting, T. (2015). One love, one heart: Promoting empathy through children’s literature (Doctoral dissertation). https:// library.capella.edu/login?url=http://
Price-Mitchell, M. (2022, December, 29). 8 Pathways to Every Student’s Success. [Web log post]. Retrieved from https://www. edutopia.org/blog/8-pathways-every-students-success-marilyn-price-mitchell
Kang, S. Y. (2022, Dec 6). The True Meaning of Integrity. Retrieved from https://www.huffingtonpost.com/soyoung-kang/ the-true-meaning-of-integ_b_11273420.htm
Fathurrohman, P., Suryana, A., dan Fatriani, F. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Jakarta:PT Refika Aditama
Irman, I. (2017). Nilai-Nilai Karakter pada Anak Dalam Permainan Tradisionan dan Moderen. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), Vol. 4, No.2, 89-96.
Sudrajat, W., dan Wijayanti, A. T. (2015). Muatan Nilai-Nilai Karakter Melalui Permainan Tradisional di PAUD Among Siwi, Panggung Harjo, Sewon, Bantul. Jurnal Ilmu Sosial UNY. Jipsindo, Vol.2, No. 1, 44-65.
Kurikulum, P. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum. Balitbang, Kemdiknas.
Kurikulum, P. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa: Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum. Balitbang, Kemdiknas.
Supriyanto, A., dan Wahyudi, A. (2017). Skala karakter toleransi: konsep dan operasional aspek kedamaian, menghargai perbedaan dan kesadaran individu. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 7, No. 2, 61-70.