Main Article Content

Abstract

Dengan mewabahnya penyakit yang disebabkan oleh virus corona-19, mengakibatkan dampak terhadap sistem pendidikan yang dilaksanakan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran dari rumah. Hal tersebut berdampak pada proses pembelajaran salah satunya pemanfaatan media pembelajaran khususnya pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini yang memerlukan pembelajaran yang bersifat hands on experience. Maka dari itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media TIK sebagai media pembelajaran yang bersifat nyata arau real pada saat pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian fenomenologi berdasarkan hasil wawancara kepada guru PAUD sebagai teknik pengumpulan data dengan teknik analisis data grounded theory. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan triagulasi sumber untuk membandingkan pengalaman pendidik PAUD terhadap media digital sebagai media pembelajaran yang digunakan selama pandemi covid-19. Setelah diperoleh data wawancara, data dianalisis dengan teknik analisis grounded theory. Berdasarkan hasil coding yang diperoleh sebanyak 26 yang disimpulkan bahwa media pembelajaran TIK sebagai media pengganti realitas dimasa pandemi Covid-19 menjadi salah satu solusi guru dalam mentransformasikan pengetahuan yang dibuat dalam bentuk menarik dan konkrit ketika anak belajar di rumah

Keywords

Fenomenologi Media Digital Media Realitas Pendemi Covid-19

Article Details

Author Biographies

Ririn Hunafa Lestari, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

 

 

Sharina Munggaraning Westhisi, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

 

 

Ghina Wulansuci, Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Cimahi

 

 

How to Cite
Lestari, R. H., Westhisi, S. M., & Wulansuci, G. (2023). Media Berbasis TIK Sebagai Media Pengganti Realitas Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 26–34. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.26-34

References

  1. Charmaz, K. (2006). Constructing grounded theory: A practical guide through qualitative analysis. Sage.
  2. Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan. Penerbit Pustaka Pelajar.
  3. Gandana, G. (2019). Penerapan dan Manfaat TIK sebagi Media Pendidikan Anak Usia Dini .
  4. Hamzah, N. H., Khomaeny, E. F. F., & Ulfa, M. (2021). Tontonan anak di Televisi: Paradoks dan Kontestasi Nilai Tontonan Anak di Media Televisi Nasional. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1883–1893. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.713
  5. Inan, H. Z. (2007). An interpretivist approach to understanding how natural sciences are represented in a Reggio Emilia-Inspired preschool classroom (Unpublished dissertation thesis). The Ohio State Uni- versity, USA. .
  6. Inan, H. Z., & Inan, T. (2015). 3Hs Education: Examining hands-on, heads-on and hearts-on early childhood science education. International Journal of Science Education, 37(12), 1974–1991. https://doi.org/10.1080/09500693.2015.1060369
  7. Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671
  8. Kristjansson-Nelson, K. (2020). Methods in Practice: Grounded Theory in Media Arts Education Research. The Interactive Journal of Global Leadership and Learning, 1(1). https://doi.org/10.55354/2692-3394.1002
  9. Ling, Y. L., & Hamzaid, N. A. (2019). PARENTS’ PERSPECTIVES ON ELEMENTARY ENGINEERING EDUCATION USING HANDS-ON, HEADS-ON, AND HEARTS-ON (3HS) APPROACH. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 7(4), 15–29. http://mojes.um.edu.my/EISSN:2289-3024
  10. Maulana, I., & Nurhafizah, N. (2019). ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI ERAREVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 657–665. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.266
  11. Maymunah, S., & Watini, S. (2021). Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4120–4127.
  12. McPake, J., Plowman, L., & Stephen, C. (2013). Pre-school children creating and communicating with digital technologies in the home. British Journal of Educational Technology, 44(3), 421–431. https://doi.org/10.1111/j.1467-8535.2012.01323.x
  13. Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Pub. L. No. 4 (2020).
  14. Muhdi, Nurkolis, & Yuliejantiningsih, Y. (2020). The Implementation of Online Learning in Early Childhood Education During the Covid-19 Pandemic. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 247–261. https://doi.org/10.21009/jpud.142.04
  15. Munawar, M., Rifai, A. R., & Prihatin, T. (2019). Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Literasi Digital Anak Usia Dini. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMRAS), 2(1), 193–197.
  16. Mustafa, M. (2021). Dampak COVID-19 Pada Industri Siaran Televisi di Indonesia. 5(1), 192–210. https://doi.org/10.31604/jim.v5i1.2021.192-210
  17. National Association for the Education of Young Children (NAEYC). (2012). Technology and Interactive Media as Tools in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8. Http://Www.Naeyc.Org/Files/Naeyc/PS_technology_WEB.Pdf.
  18. Pusat Penelitian dan Pengembangan Aplikasi Informatika dan Informasi dan Komunikasi Publik Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2017). SURVEY PENGGUNAAN T I K 2 0 1 7. www.kominfo.go.id
  19. Puspawati, D., & Suyadi, S. (2022). Teknologi Augmented Reality dalam Mengembangkan Kreativitas pada Anak Usia Dini pada Masa Covid-19. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 87–92. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.324
  20. Ratheeswari, K. (2018). Recent Trend of Teaching Methods in Education" Organised by Sri Sai Bharath College of Education Dindigul-624710. India Journal of Applied and Advanced Research, 2018(3), 45–47. https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3S1.169
  21. Rismayanti, I., Bakhraeni, R., & Desiani, N. (2015). HANDS ON DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 108–117. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/5792
  22. Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). PERAN GURU DALAM PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) STUDI KASUS DI TK MUSLIMAT NU MASLAKUL HUDA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1).
  23. Rohmawati, O., & Watini, S. (2022). Pemanfaatan TV Sekolah Sebagai Media Pembelajaran dan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 196–207. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1708
  24. Satuan Tugas Penanganan Covid-19. (2021). Data Sebaran. Https://Covid19.Go.Id.
  25. Soendari, T. (2012). Metode Penelitian Deskriptif.Jakarta : Gramedia Pustaka
  26. Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID- 19) , Pub. L. No. 36962/MPK.A/HK/2020 (2020).
  27. Syafi’i, I., Sa’diyah, C., Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 140–160. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7315
  28. Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
  29. Zainuddin Atsani, K. L. G. M. (2020). TRANSFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Hikmah : Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905