Main Article Content

Abstract

Percaya diri adalah sikap  nyaman menilai orang lain dan memiliki keyakinan yang kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang perkembangan rasa percaya diri anak melalui bermain aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan observasi dan dokumentasi. Rumus persentase = f/n x100% digunakan dalam teknik analisis data. Hasil  penelitian materi menunjukkan peningkatan kepercayaan diri anak melalui bermain aktif, sebelum aktivitas 35% (belum berkembang/BB) dan meningkat  dengan rata-rata peningkatan 54,68 pada kelas MB “Mulai berkembang” pada siklus I. Pada siklus I, BSB  dengan kategori “Sangat Berkembang” tumbuh rata-rata sebesar 81,04%. Sehingga  kreativitas anak meningkat dari semula 35 persen menjadi 81,04 persen pada siklus II yaitu sebesar 46,04 persen.

Keywords

Percaya Diri New Norma Anak Usia Dini Self Confidence New Normal Early Childhood

Article Details

Author Biographies

Endang Susilawati, Universitas Negeri Padang

 

 

Yaswinda Yaswinda, Padang State University

 

 

 

 

How to Cite
Susilawati, E., & Yaswinda, Y. (2023). Bermain Aktif untuk Tingkatkan Percaya Diri Anak Usia Dini Pada Masa New Normal . Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 95–102. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.95-102

References

  1. Anggraini. (2019). Pengaruh Aktivitas Permainan Finger Painting Terhadap Pengenalan Warna Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Bela Bangsa Mandiri Bandara Lampung. Pendidikan Anak.Fkip.Unila.Ac.Id.
  2. Guido, D., Morandi, G., Palluzzi, F., & Borroni, B. (2015). Telling the Story of Frontotemporal Dementia by Bibliometric Analysis. In Journal of Alzheimer’s Disease. https://doi.org/10.3233/JAD-150275
  3. Hasanah, R. N. S. N. N. M. K. E. S. P. F. A. (2021). Increase Creativity And Imagination Children Through Learning Science, Technologic, Engineering, Art And Mathematic With Loose Parts Media. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No 1 (2021): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 77–89. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/downloadSuppFile/8598/1725
  4. Hurlock, E. B. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. In Erlangga.
  5. Khaironi, M., & Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University.
  6. Kusna Subar, N. A. A. J. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). INKLUSI Journal of Disability Studies, Vol 5, No 2 (2018), 179–194. http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/1453/pdf
  7. Mulyasa. (2014). Manajemen Paud. In Manajemen PAUD. Pustaka Budaya.
  8. Muyassarah, M. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Cara Mendidik Anak Dan Dampaknya Terhadap Budget Keuangan Keluarga Muslim. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
  9. Perloff, R. (1997). Daniel Goleman’s Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ. The Psychologist-Manager Journal. https://doi.org/10.1037/h0095822
  10. Prapsiwi, D. (2012). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Situs di TK Negeri Pembina Boyolali). Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012.
  11. Rukiyati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Membentuk Balok Bangunan Melalui Metode Praktik Langsung Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 135–150.
  12. Sari, M., Yetti, E., & Supena, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Tari Saman. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.240
  13. Suharsimi;, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.
  14. Suharsimi, A., & Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  15. Sujiono, Y. N. dan B. S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. In Jakarta: PT Indeks.
  16. Suryana, D. D. M. P. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini.
  17. Tiara, D. R., & Pratiwi, E. (2020). Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring Di Lembaga PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 362–368. https://doi.org/https://doi.org/DOI 10.15294/IJECES.V7I2.23170
  18. Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255
  19. Yuniana. (2011). Kesejahteraan subjektif pada yatim piatu (Mustadh’afin). Fakultas Psikologi UAD. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  20. Zahroh, L. (2015). Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Tasyri’.