Main Article Content
Abstract
Percaya diri adalah sikap nyaman menilai orang lain dan memiliki keyakinan yang kuat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang perkembangan rasa percaya diri anak melalui bermain aktif. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan observasi dan dokumentasi. Rumus persentase = f/n x100% digunakan dalam teknik analisis data. Hasil penelitian materi menunjukkan peningkatan kepercayaan diri anak melalui bermain aktif, sebelum aktivitas 35% (belum berkembang/BB) dan meningkat dengan rata-rata peningkatan 54,68 pada kelas MB “Mulai berkembang” pada siklus I. Pada siklus I, BSB dengan kategori “Sangat Berkembang” tumbuh rata-rata sebesar 81,04%. Sehingga kreativitas anak meningkat dari semula 35 persen menjadi 81,04 persen pada siklus II yaitu sebesar 46,04 persen.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Endang Susilawati, Yaswinda Yaswinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anggraini. (2019). Pengaruh Aktivitas Permainan Finger Painting Terhadap Pengenalan Warna Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Bela Bangsa Mandiri Bandara Lampung. Pendidikan Anak.Fkip.Unila.Ac.Id.
- Guido, D., Morandi, G., Palluzzi, F., & Borroni, B. (2015). Telling the Story of Frontotemporal Dementia by Bibliometric Analysis. In Journal of Alzheimer’s Disease. https://doi.org/10.3233/JAD-150275
- Hasanah, R. N. S. N. N. M. K. E. S. P. F. A. (2021). Increase Creativity And Imagination Children Through Learning Science, Technologic, Engineering, Art And Mathematic With Loose Parts Media. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No 1 (2021): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 77–89. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/downloadSuppFile/8598/1725
- Hurlock, E. B. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. In Erlangga.
- Khaironi, M., & Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University.
- Kusna Subar, N. A. A. J. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). INKLUSI Journal of Disability Studies, Vol 5, No 2 (2018), 179–194. http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/1453/pdf
- Mulyasa. (2014). Manajemen Paud. In Manajemen PAUD. Pustaka Budaya.
- Muyassarah, M. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Cara Mendidik Anak Dan Dampaknya Terhadap Budget Keuangan Keluarga Muslim. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
- Perloff, R. (1997). Daniel Goleman’s Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ. The Psychologist-Manager Journal. https://doi.org/10.1037/h0095822
- Prapsiwi, D. (2012). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Situs di TK Negeri Pembina Boyolali). Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012.
- Rukiyati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Membentuk Balok Bangunan Melalui Metode Praktik Langsung Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 135–150.
- Sari, M., Yetti, E., & Supena, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Tari Saman. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.240
- Suharsimi;, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.
- Suharsimi, A., & Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
- Sujiono, Y. N. dan B. S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. In Jakarta: PT Indeks.
- Suryana, D. D. M. P. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini.
- Tiara, D. R., & Pratiwi, E. (2020). Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring Di Lembaga PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 362–368. https://doi.org/https://doi.org/DOI 10.15294/IJECES.V7I2.23170
- Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255
- Yuniana. (2011). Kesejahteraan subjektif pada yatim piatu (Mustadh’afin). Fakultas Psikologi UAD. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
- Zahroh, L. (2015). Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Tasyri’.
References
Anggraini. (2019). Pengaruh Aktivitas Permainan Finger Painting Terhadap Pengenalan Warna Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Bela Bangsa Mandiri Bandara Lampung. Pendidikan Anak.Fkip.Unila.Ac.Id.
Guido, D., Morandi, G., Palluzzi, F., & Borroni, B. (2015). Telling the Story of Frontotemporal Dementia by Bibliometric Analysis. In Journal of Alzheimer’s Disease. https://doi.org/10.3233/JAD-150275
Hasanah, R. N. S. N. N. M. K. E. S. P. F. A. (2021). Increase Creativity And Imagination Children Through Learning Science, Technologic, Engineering, Art And Mathematic With Loose Parts Media. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No 1 (2021): Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 77–89. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-athfaal/article/downloadSuppFile/8598/1725
Hurlock, E. B. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. In Erlangga.
Khaironi, M., & Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University.
Kusna Subar, N. A. A. J. (2018). Evaluasi Program Pembelajaran di PAUD Inklusi dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP). INKLUSI Journal of Disability Studies, Vol 5, No 2 (2018), 179–194. http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/1453/pdf
Mulyasa. (2014). Manajemen Paud. In Manajemen PAUD. Pustaka Budaya.
Muyassarah, M. (2019). Pengaruh Perkembangan Teknologi Terhadap Cara Mendidik Anak Dan Dampaknya Terhadap Budget Keuangan Keluarga Muslim. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
Perloff, R. (1997). Daniel Goleman’s Emotional intelligence: Why it can matter more than IQ. The Psychologist-Manager Journal. https://doi.org/10.1037/h0095822
Prapsiwi, D. (2012). Pengelolaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Situs di TK Negeri Pembina Boyolali). Jurnal Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta 2012.
Rukiyati, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kreativitas Membentuk Balok Bangunan Melalui Metode Praktik Langsung Pada Anak. Jurnal Pelita PAUD, 3(2), 135–150.
Sari, M., Yetti, E., & Supena, A. (2019). Peningkatan Keterampilan Sosial melalui Kegiatan Tari Saman. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.240
Suharsimi;, A. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.
Suharsimi, A., & Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Sujiono, Y. N. dan B. S. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. In Jakarta: PT Indeks.
Suryana, D. D. M. P. (2007). Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini.
Tiara, D. R., & Pratiwi, E. (2020). Mengukur Kesiapan Guru Sebagai Dasar Pembelajaran Daring Di Lembaga PAUD. Jurnal Golden Age, 4(02), 362–368. https://doi.org/https://doi.org/DOI 10.15294/IJECES.V7I2.23170
Ulfah, M. (2019). Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.255
Yuniana. (2011). Kesejahteraan subjektif pada yatim piatu (Mustadh’afin). Fakultas Psikologi UAD. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Zahroh, L. (2015). Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Tasyri’.