Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui model-model menulis anak usia dini di RA Kota Medan, 2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat kemampuan menulis di RA Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan deskriptif analisis. Metode dalam mengumpulkan data dengan teknik wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Data yang digunakan pada penelitian ini dengan subjek penelitian yaitu dengan guru-guru RA Se-kota Medan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model-model pembelajaran menulis anak usia dini di Raudhatul Athfal Se-kota Medan T.A 2021/2022 yaitu 1) Model-model menulis anak usia dini di RA Kota Medan yaitu dilakukan di RA Ibunda, RA Bunayya IV, dan RA Ar-Rayhan dengan menggunakan model pembelajaran pramenulis dan model draf. Dengan model ini, anak terlebih dahulu di latih tangannya dengan bermain plastisin, meremas kertas, bermain pasir, melempar, dan menangkap bola. Adapun bentuk reward diberikan kepada anak agar anak semakin senang dalam pembelajaran menulis. 2) Faktor pendukung pembelajaran yaitu dukungan dari guru, orang tua dan lingkungan keluarga. Ini semua sangat berpengaruh, karena  itu guru harus memberikan media yang baik untuk meningkatkan kemampuan menulis anak seperti media puzzle huruf, memberikan media kertas untuk anak mencoret-coret dibuku kasar, dan memberikan reward juga pujian agar menumbuhkan semangat anak. Dan faktor penghambatnya adalah kurangnya kompetensi guru dalam memberikan pembelajaran untuk menstimulus anak dalam memahami huruf dan angka, anak mudah bosan dalam menullis, anak kurang konsentrasi. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu perkembangan anak dalam meningkatkan kemampuan menulis anak di RA Kota Medan dengan menggunakan model-model pembelajaran yang menarik

Keywords

Model Pembelajaran Menulis Model Pembelajaran Menulis

Article Details

Author Biographies

Muhammad Nazri P Harahap, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

 

 

Sapri Sapri, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

 

 

Ahmad Syukri Sitorus, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

 

 

 

How to Cite
P Harahap, M. N., Sapri, S., & Sitorus, A. S. (2023). Model-Model Pembelajaran Menulis Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Kota Medan. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 155–169. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.155-169

References

  1. Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 141–148. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813
  2. Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 717–723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798
  3. Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.
  4. Chairunnisa, & Mashyuri, A. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini Dengan menggunakan Metode Meniru Tulisan. Jurnal El-Muhbib, 3(1).
  5. Darnis, S. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3
  6. Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(1).
  7. Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. PT. Nasya Expanding Management.
  8. Hijriati. (2016). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Jurnal Kognitif, 1(2).
  9. Jamil, I. M., & Irmawati, D. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Abjad. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 2(3), 24–60. jurnal.stkipan-nur.ac.id › jipa › article › download%0A
  10. Khadijah. (2017). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Pengembangannya. Perdana Publishing.
  11. Komaini, A. (2018). Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. PT Raja Grafindo Persada.
  12. Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish Publisher.
  13. Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680
  14. Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51–66. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.4
  15. Putri, R., & Hafidah, R. (2021). Program Pengembangan Kemampuan Menulis Kelompok B Pada Masa Pandemi Di R.A Al-Hidayah. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 31–37. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/2977/1842
  16. Riskayanti, S., & Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.567
  17. Sugiono, S., & Kuntjojo, K. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276. https://doi.org/10.21009/jpud.102.04
  18. Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2).
  19. Theresia Dina. (2017). Pengaruh Bermain Kotak Kartu Kata Terhadap Kemampuan Menulis Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 109–116.
  20. Widyastuti, A. (2017). Analisis Tahapan Menulis Dan Stimulasi Anak Kelompok B-1 Tk Islam Assaadah Limo Depok. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 157. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1533