Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui model-model menulis anak usia dini di RA Kota Medan, 2) untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat kemampuan menulis di RA Kota Medan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan deskriptif analisis. Metode dalam mengumpulkan data dengan teknik wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Data yang digunakan pada penelitian ini dengan subjek penelitian yaitu dengan guru-guru RA Se-kota Medan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model-model pembelajaran menulis anak usia dini di Raudhatul Athfal Se-kota Medan T.A 2021/2022 yaitu 1) Model-model menulis anak usia dini di RA Kota Medan yaitu dilakukan di RA Ibunda, RA Bunayya IV, dan RA Ar-Rayhan dengan menggunakan model pembelajaran pramenulis dan model draf. Dengan model ini, anak terlebih dahulu di latih tangannya dengan bermain plastisin, meremas kertas, bermain pasir, melempar, dan menangkap bola. Adapun bentuk reward diberikan kepada anak agar anak semakin senang dalam pembelajaran menulis. 2) Faktor pendukung pembelajaran yaitu dukungan dari guru, orang tua dan lingkungan keluarga. Ini semua sangat berpengaruh, karena itu guru harus memberikan media yang baik untuk meningkatkan kemampuan menulis anak seperti media puzzle huruf, memberikan media kertas untuk anak mencoret-coret dibuku kasar, dan memberikan reward juga pujian agar menumbuhkan semangat anak. Dan faktor penghambatnya adalah kurangnya kompetensi guru dalam memberikan pembelajaran untuk menstimulus anak dalam memahami huruf dan angka, anak mudah bosan dalam menullis, anak kurang konsentrasi. Diharapkan dengan adanya penelitian ini dapat membantu perkembangan anak dalam meningkatkan kemampuan menulis anak di RA Kota Medan dengan menggunakan model-model pembelajaran yang menarik
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Muhammad Nazri P Harahap, Sapri Sapri, Ahmad Syukri Sitorus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 141–148. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813
- Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 717–723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798
- Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.
- Chairunnisa, & Mashyuri, A. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini Dengan menggunakan Metode Meniru Tulisan. Jurnal El-Muhbib, 3(1).
- Darnis, S. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3
- Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(1).
- Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. PT. Nasya Expanding Management.
- Hijriati. (2016). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Jurnal Kognitif, 1(2).
- Jamil, I. M., & Irmawati, D. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Abjad. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 2(3), 24–60. jurnal.stkipan-nur.ac.id › jipa › article › download%0A
- Khadijah. (2017). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Pengembangannya. Perdana Publishing.
- Komaini, A. (2018). Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. PT Raja Grafindo Persada.
- Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish Publisher.
- Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680
- Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51–66. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.4
- Putri, R., & Hafidah, R. (2021). Program Pengembangan Kemampuan Menulis Kelompok B Pada Masa Pandemi Di R.A Al-Hidayah. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 31–37. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/2977/1842
- Riskayanti, S., & Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.567
- Sugiono, S., & Kuntjojo, K. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276. https://doi.org/10.21009/jpud.102.04
- Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2).
- Theresia Dina. (2017). Pengaruh Bermain Kotak Kartu Kata Terhadap Kemampuan Menulis Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 109–116.
- Widyastuti, A. (2017). Analisis Tahapan Menulis Dan Stimulasi Anak Kelompok B-1 Tk Islam Assaadah Limo Depok. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 157. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1533
References
Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 141–148. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813
Azizah, A., & Eliza, D. (2021). Pelaksanaan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis pada Anak. Jurnal Basicedu, 5(2), 717–723. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.798
Basyiroh, I. (2017). Program Pengembangan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 3(2), 120–134.
Chairunnisa, & Mashyuri, A. A. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Anak Usia Dini Dengan menggunakan Metode Meniru Tulisan. Jurnal El-Muhbib, 3(1).
Darnis, S. (2018). Aplikasi Montessori Dalam Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Tingkat Permulaan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Caksana : Pendidikan Anak Usia Dini, 1(01). https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3
Fitriani, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 3(1).
Haryanti, D., & Tejaningrum, D. (2020). Keaksaraan Awal Anak Usia Dini. PT. Nasya Expanding Management.
Hijriati. (2016). Tahapan Perkembangan Kognitif Pada Masa Early Childhood. Jurnal Kognitif, 1(2).
Jamil, I. M., & Irmawati, D. (2018). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Abjad. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 2(3), 24–60. jurnal.stkipan-nur.ac.id › jipa › article › download%0A
Khadijah. (2017). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini: Teori dan Pengembangannya. Perdana Publishing.
Komaini, A. (2018). Kemampuan Motorik Anak Usia Dini. PT Raja Grafindo Persada.
Kurnia, R. (2019). Bahasa Anak Usia Dini. Deepublish Publisher.
Listriani, A., Hapidin, H., & Sumadi, T. (2020). Kemampuan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun dalam Penerapan Metode Spalding di TK Quantum Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 591. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.680
Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 1(1), 51–66. https://doi.org/10.35896/ijecie.v1i1.4
Putri, R., & Hafidah, R. (2021). Program Pengembangan Kemampuan Menulis Kelompok B Pada Masa Pandemi Di R.A Al-Hidayah. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 31–37. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/2977/1842
Riskayanti, S., & Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.567
Sugiono, S., & Kuntjojo, K. (2016). Pengembangan Model Permainan Pra-Calistung Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 10(2), 255–276. https://doi.org/10.21009/jpud.102.04
Sukirman. (2020). Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2).
Theresia Dina. (2017). Pengaruh Bermain Kotak Kartu Kata Terhadap Kemampuan Menulis Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 109–116.
Widyastuti, A. (2017). Analisis Tahapan Menulis Dan Stimulasi Anak Kelompok B-1 Tk Islam Assaadah Limo Depok. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 157. https://doi.org/10.24235/awlady.v3i2.1533