Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media flash card rejang-indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini di tk negeri tapus kabupaten lebong. Subjek penelitian yaitu 13 orang anak, 2 dosen, 3 guru, dan peneliti sendiri. Produk pengembangan pembelajaran dibuat menggunakan model pengembangan 4-D selama 4 tahap. Definisi (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan merupakan tahapan-tahapan (disseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan, lembar validasi ahli, lembar uji kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkn bahwa media flash card rejang-indonesia yang dikembangkan valid dengan persentase 94,7% dan praktis digunakan dengan skor presentase 95,7%. Hasil perhitungan data yang sudah dilakukan menunjukkan produk media flash card dapat menstimulasi perkembangan berbicara anak umur 5-6 tahun dengan penilaian data tersebut menunjukkan perolehan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 yang berarti di bawah 0,05 sebagai nilai alfa combart yang artinya adanya perbedaan hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest dan posttest.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Vevi Asri Lestari, Nurlaili, Evi Selva
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 138–146.
- Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.68
- Ardiyanti, A., Bandu, I., & Usman, M. (2018). Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis dengan Media Flashcard (Studi Kasus pada Mahasiswa Sastra Prancis). Jurnal Ilmu Budaya, 6(1).
- Davis, E. P., Hankin, B. L., Glynn, L. M., Head, K., Kim, D. J., & Sandman, C. A. (2020). Prenatal Maternal Stress, Child Cortical Thickness, and Adolescent Depressive Symptoms. Child Development, 91(2), e432–e450. https://doi.org/10.1111/cdev.13252
- Esposito, A. G., & Bauer, P. J. (2022). Determinants of elementary-school academic achievement: Component cognitive abilities and memory integration. Child Development, 93(6), 1777–1792. https://doi.org/10.1111/cdev.13819
- Evianti, E., & Atika, A. R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 55–62.
- Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036.
- Febrianto, K., YUSTITIA, V. I. A., & IRIANTO, A. (2020). Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media flashcard di sekolah dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(29), 92–98.
- Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 13–27.
- Ganea, N., Hudry, K., Leslie Tucker, A. V, Charman, T., Johnson, M. H., & Senju, A. (2018). Development of adaptive communication skills in infants of blind parents. Developmental Psychology, 54(12), 2265–2273. https://doi.org/10.1037/dev0000564
- Hotimah, E. (2017). Penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10–18.
- Ikhwati, H., Sudarmin, S., & Parmin, P. (2014). Pengembangan Media Flashcard IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Tema Polusi Udara. Unnes Science Education Journal, 3(2).
- Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119–128.
- Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–13.
- Malelak, E. O., & Taneo, J. (2021). Peran Orang tua terhadap anak-anak gifted. Solidarity: Journal of Social Studies, 1(1), 13–24.
- Nasution, B. I. (2022). Penciptaan Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 109–118.
- Novack, M. A., Standley, M., Bang, M., Washinawatok, K., Medin, D., & Waxman, S. (2022). Hands On: Nonverbal Communication in Native and Non-Native American Parent–Child Dyads During Informal Learning. Developmental Psychology, 58(1), 32–42. https://doi.org/10.1037/dev0001279
- Valentino, K., Cummings, E. M., Borkowski, J., Hibel, L. C., Lefever, J., & Lawson, M. (2019). Efficacy of a reminiscing and emotion training intervention on maltreating families with preschool-aged children. Developmental Psychology, 55(11), 2365–2378. https://doi.org/10.1037/dev0000792
- Wahyuni, N. K. D., Wiarta, I. W., & Suadnyana, I. N. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B Tk Putra Sesana Antiga Karangasem. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
- Wicaksana, S. B. (2020). Tinjauan Pustaka Sistematis Tentang Penggunaan Flashcard pada Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 121–130.
- Zhao, L., Li, Y., Qin, W., Amemiya, J., Fang, F., Compton, B. J., & Heyman, G. D. (2022). Overheard evaluative comments: Implications for beliefs about effort and ability. Child Development, 93(6), 1889–1902. https://doi.org/10.1111/cdev.13829
References
Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 138–146.
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.68
Ardiyanti, A., Bandu, I., & Usman, M. (2018). Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis dengan Media Flashcard (Studi Kasus pada Mahasiswa Sastra Prancis). Jurnal Ilmu Budaya, 6(1).
Davis, E. P., Hankin, B. L., Glynn, L. M., Head, K., Kim, D. J., & Sandman, C. A. (2020). Prenatal Maternal Stress, Child Cortical Thickness, and Adolescent Depressive Symptoms. Child Development, 91(2), e432–e450. https://doi.org/10.1111/cdev.13252
Esposito, A. G., & Bauer, P. J. (2022). Determinants of elementary-school academic achievement: Component cognitive abilities and memory integration. Child Development, 93(6), 1777–1792. https://doi.org/10.1111/cdev.13819
Evianti, E., & Atika, A. R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 55–62.
Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036.
Febrianto, K., YUSTITIA, V. I. A., & IRIANTO, A. (2020). Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media flashcard di sekolah dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(29), 92–98.
Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 13–27.
Ganea, N., Hudry, K., Leslie Tucker, A. V, Charman, T., Johnson, M. H., & Senju, A. (2018). Development of adaptive communication skills in infants of blind parents. Developmental Psychology, 54(12), 2265–2273. https://doi.org/10.1037/dev0000564
Hotimah, E. (2017). Penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10–18.
Ikhwati, H., Sudarmin, S., & Parmin, P. (2014). Pengembangan Media Flashcard IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Tema Polusi Udara. Unnes Science Education Journal, 3(2).
Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119–128.
Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–13.
Malelak, E. O., & Taneo, J. (2021). Peran Orang tua terhadap anak-anak gifted. Solidarity: Journal of Social Studies, 1(1), 13–24.
Nasution, B. I. (2022). Penciptaan Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 109–118.
Novack, M. A., Standley, M., Bang, M., Washinawatok, K., Medin, D., & Waxman, S. (2022). Hands On: Nonverbal Communication in Native and Non-Native American Parent–Child Dyads During Informal Learning. Developmental Psychology, 58(1), 32–42. https://doi.org/10.1037/dev0001279
Valentino, K., Cummings, E. M., Borkowski, J., Hibel, L. C., Lefever, J., & Lawson, M. (2019). Efficacy of a reminiscing and emotion training intervention on maltreating families with preschool-aged children. Developmental Psychology, 55(11), 2365–2378. https://doi.org/10.1037/dev0000792
Wahyuni, N. K. D., Wiarta, I. W., & Suadnyana, I. N. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B Tk Putra Sesana Antiga Karangasem. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
Wicaksana, S. B. (2020). Tinjauan Pustaka Sistematis Tentang Penggunaan Flashcard pada Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 121–130.
Zhao, L., Li, Y., Qin, W., Amemiya, J., Fang, F., Compton, B. J., & Heyman, G. D. (2022). Overheard evaluative comments: Implications for beliefs about effort and ability. Child Development, 93(6), 1889–1902. https://doi.org/10.1111/cdev.13829