Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media flash card rejang-indonesia untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini di tk negeri tapus kabupaten lebong. Subjek penelitian yaitu 13 orang anak, 2 dosen, 3 guru, dan peneliti sendiri. Produk pengembangan pembelajaran dibuat menggunakan model pengembangan 4-D selama 4 tahap. Definisi (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan merupakan tahapan-tahapan (disseminate). Instrumen yang digunakan adalah angket dan pedoman wawancara untuk analisis kebutuhan, lembar validasi ahli, lembar uji kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkn bahwa media flash card rejang-indonesia yang dikembangkan valid dengan persentase 94,7% dan praktis digunakan dengan skor presentase 95,7%. Hasil perhitungan data yang sudah dilakukan menunjukkan produk media flash card dapat menstimulasi perkembangan berbicara anak umur 5-6 tahun dengan penilaian data tersebut menunjukkan perolehan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 yang berarti di bawah 0,05 sebagai nilai alfa combart yang artinya adanya perbedaan hasil yang diperoleh dari nilai rata-rata pretest dan posttest.

Keywords

2. Kemampuan Berbicara 3. Anak Usia Dini media flash card rejang Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini

Article Details

Author Biographies

Vevi Asri Lestari, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

 

 

Nurlaili, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

 

 

Evi Selva, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu

 

 

How to Cite
Lestari, V. A., Nurlaili, & Evi Selva. (2023). Pengembangan Media Flash Card Rejang-Indonesia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini di Kabupaten Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 114–120. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.114-120

References

  1. Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard Dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(2), 138–146.
  2. Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Journal of Early Childhood Education. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.68
  3. Ardiyanti, A., Bandu, I., & Usman, M. (2018). Pembelajaran Kosakata Bahasa Prancis dengan Media Flashcard (Studi Kasus pada Mahasiswa Sastra Prancis). Jurnal Ilmu Budaya, 6(1).
  4. Davis, E. P., Hankin, B. L., Glynn, L. M., Head, K., Kim, D. J., & Sandman, C. A. (2020). Prenatal Maternal Stress, Child Cortical Thickness, and Adolescent Depressive Symptoms. Child Development, 91(2), e432–e450. https://doi.org/10.1111/cdev.13252
  5. Esposito, A. G., & Bauer, P. J. (2022). Determinants of elementary-school academic achievement: Component cognitive abilities and memory integration. Child Development, 93(6), 1777–1792. https://doi.org/10.1111/cdev.13819
  6. Evianti, E., & Atika, A. R. (2020). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Media Flashcard. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 55–62.
  7. Febiola, S., & Yulsyofriend, Y. (2020). Penggunaan Media Flash Card terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1026–1036.
  8. Febrianto, K., YUSTITIA, V. I. A., & IRIANTO, A. (2020). Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media flashcard di sekolah dasar. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(29), 92–98.
  9. Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Media Flashcard untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 13–27.
  10. Ganea, N., Hudry, K., Leslie Tucker, A. V, Charman, T., Johnson, M. H., & Senju, A. (2018). Development of adaptive communication skills in infants of blind parents. Developmental Psychology, 54(12), 2265–2273. https://doi.org/10.1037/dev0000564
  11. Hotimah, E. (2017). Penggunaan media flashcard dalam meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran kosakata bahasa Inggris kelas II MI Ar-Rochman Samarang Garut. Jurnal Pendidikan UNIGA, 4(1), 10–18.
  12. Ikhwati, H., Sudarmin, S., & Parmin, P. (2014). Pengembangan Media Flashcard IPA Terpadu dalam Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STAD) Tema Polusi Udara. Unnes Science Education Journal, 3(2).
  13. Iswari, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berupa Flashcard Bergambar pada Tingkat Sekolah Dasar. Deiksis, 9(02), 119–128.
  14. Maghfiroh, L. (2013). Penggunaan media flashcard untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 1–13.
  15. Malelak, E. O., & Taneo, J. (2021). Peran Orang tua terhadap anak-anak gifted. Solidarity: Journal of Social Studies, 1(1), 13–24.
  16. Nasution, B. I. (2022). Penciptaan Manusia dalam Perspektif Al-Qur’an dan Sains. Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, 1(1), 109–118.
  17. Novack, M. A., Standley, M., Bang, M., Washinawatok, K., Medin, D., & Waxman, S. (2022). Hands On: Nonverbal Communication in Native and Non-Native American Parent–Child Dyads During Informal Learning. Developmental Psychology, 58(1), 32–42. https://doi.org/10.1037/dev0001279
  18. Valentino, K., Cummings, E. M., Borkowski, J., Hibel, L. C., Lefever, J., & Lawson, M. (2019). Efficacy of a reminiscing and emotion training intervention on maltreating families with preschool-aged children. Developmental Psychology, 55(11), 2365–2378. https://doi.org/10.1037/dev0000792
  19. Wahyuni, N. K. D., Wiarta, I. W., & Suadnyana, I. N. (2014). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok B Tk Putra Sesana Antiga Karangasem. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).
  20. Wicaksana, S. B. (2020). Tinjauan Pustaka Sistematis Tentang Penggunaan Flashcard pada Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 121–130.
  21. Zhao, L., Li, Y., Qin, W., Amemiya, J., Fang, F., Compton, B. J., & Heyman, G. D. (2022). Overheard evaluative comments: Implications for beliefs about effort and ability. Child Development, 93(6), 1889–1902. https://doi.org/10.1111/cdev.13829