Isi Artikel Utama

Abstrak

Pengenalan berbagai aspek perkembangan salah satunya perkembangan matematika permulaan sangat penting bagi anak usia 5-6 tahun. Pada kenyataannya saat ini  matematika diangap sebagai hal yang sulit untuk dipelajari dan membosaan. Media dalam mengenalkan matematika khususnya bagi anak usia dini saat ini lebih banyak menggunakan lembar kerja dan tidak mengenalkan secara nyata bilangan-bilangan dalam matermatika permulaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah pengembangan media “BANK-KU” dalam mengenalkan matematika permulaan bagi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian  pada analisis kinerja yaitu kurang tersedia media interaktif dalam pengenalan matematika permulaan. Pada analisis kebutuhan berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan rendahnya minat anak dalam pengenalan matematika permulaan khususnya berhitung. Melalui hasil tersebut maka dibuat desain media “BANK-KU” yaitu pengenalan konsep bilangan, ganjil genap, penjumlahan sederhana sencara nyata. Setelah melakukan perancangan media tersebut di validasi oleh pakar materi dan media. Masukan dari kedua pakar diperbaiki dan selanjutnya pelaksanaan implementasi, dalam implementasi pada 11 anak terlihat dapat menggunakan media dalam pengenalan bilangan satuan, puluhan, ratusan sampai dengan ratusan, pengenalan ganjil genap, pengenalan penjumlahan sederhana. Terdapat beberapa kendala dalam implementasi yaitu buku panduan yang memerlukan pengembangan dan ratio jumlah anak dalam penggunaan media BANK-KU

Kata Kunci

pramatematika, media BANK-KU, anak usia 5-6 tahun pramatematika media BANK-KU anak usia 5-6 tahun

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Zahrina Amelia, Universitas Al Azhar Indonesia

 

 

 

Radhiya Bustan, Universitas Al-Azhar Indonesia

 

 

 

Liana Mailani, Universitas Al-Azhar Indonesia

 

 

Nurfadilah Nurfadilah, Universitas Al Azhar Indonesia

 

 

Cara Mengutip
Amelia, Z., Bustan, R., Mailani, L., & Nurfadilah, N. (2023). Pengembangan Development of "My Bank" Media to Improve Beginning Mathematics Ability of 5-6 Years Old Children: Pengembangan Media “Bank-Ku” untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Permulaan Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 8(1), 139–154. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.139-154

Referensi

  1. Amaris, D. U., Rakimahwati, R., & Marlina, S. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini D Hasil Indikator Mengenal ganjil dan genap i Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini, 8-17.
  2. Atiasih, & H. Djoehaeni. (2020). Logical mathematical intelligence for preschool children. In H. Yulindrasari, V. Adriany, Y. Rahmawati, & F. D. Hutagalung, Early Childhood Education In The 21st Century. London: Taylor & Francis Group.
  3. Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Islam Anak Usia Dini, 1-16.
  4. E., M. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  5. Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak-kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai , 49-54.
  6. Gandana, G., Pranata, O. H., & Danti, T. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK At-Toyyibah. Jurnal PAUD Agapedia, 92-105.
  7. Hartati, N. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 sampai 10 Melalui Media Pohon Bilangan Bagi Anak Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 489-501.
  8. Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan, dan Teknologi, 69-77.
  9. Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1560-1566.
  10. Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian dan Urgensinya dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Ekonomi.
  11. Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatakan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 160-171.
  12. OECD. (2019). "Programme for International Student Assessment (PISA)". Pisa: Note Result.
  13. Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2019). Diskalkulia (Kesulitan Matematika) Berdasarkan Gender Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Malang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 288-297.
  14. R.A, M. (2015). Math Anak Usia Dini. Sumedang: IGI PDI.
  15. Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2d2. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
  16. Srianita, Y., Akbar, M., & Meilanie, S. M. (2020). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Makan (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 152-161.
  17. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  18. Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.