Main Article Content
Abstract
Pengenalan matematika kepada anak usia 5-6 tahun merupakan hal yang menantang bagi pendidik untuk memperkenalkannya kepada anak. Media dalam mengenalkan matematika khususnya bagi anak usia dini saat ini lebih banyak menggunakan lembar kerja dan tidak mengenalkan secara nyata bilangan-bilangan dalam matematika permulaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah pengembangan media “BANK-KU” untuk mengenalkan matematika permulaan bagi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian pada analisis kinerja yaitu kurang tersedia media interaktif dalam pengenalan matematika permulaan. Analisis kebutuhan berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan rendahnya minat anak dalam pengenalan matematika permulaan khususnya berhitung. Melalui hasil tersebut maka dibuat desain media “BANK-KU” yaitu pengenalan konsep bilangan, ganjil-genap, penjumlahan sederhana secara nyata. Setelah melakukan perancangan media tersebut di validasi oleh pakar materi dan media. Masukan dari kedua pakar diperbaiki dan selanjutnya pelaksanaan implementasi, dalam implementasi pada 11 anak dengan persentase 100% terlihat dapat menggunakan media dalam pengenalan bilangan satuan, puluhan, ratusan sampai ribuan, pengenal ganjil dan genap, pengenalan penjumlahan sederhana. Terdapat beberapa kendala dalam implementasi yaitu buku panduan yang memerlukan pengembangan dan rasio jumlah anak dalam penggunaan media BANK-KU.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Zahrina Amelia, Radhiya Bustan, Liana Mailani, Nurfadilah Nurfadilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amaris, D. U., Rakimahwati, R., & Marlina, S. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini D Hasil Indikator Mengenal ganjil dan genap i Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini, 8-17.
- Atiasih, & H. Djoehaeni. (2020). Logical mathematical intelligence for preschool children. In H. Yulindrasari, V. Adriany, Y. Rahmawati, & F. D. Hutagalung, Early Childhood Education In The 21st Century. London: Taylor & Francis Group.
- Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Islam Anak Usia Dini, 1-16.
- E., M. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak-kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai , 49-54.
- Gandana, G., Pranata, O. H., & Danti, T. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK At-Toyyibah. Jurnal PAUD Agapedia, 92-105.
- Hartati, N. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 sampai 10 Melalui Media Pohon Bilangan Bagi Anak Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 489-501.
- Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan, dan Teknologi, 69-77.
- Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1560-1566.
- Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian dan Urgensinya dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Ekonomi.
- Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatakan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 160-171.
- OECD. (2019). "Programme for International Student Assessment (PISA)". Pisa: Note Result.
- Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2019). Diskalkulia (Kesulitan Matematika) Berdasarkan Gender Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Malang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 288-297.
- R.A, M. (2015). Math Anak Usia Dini. Sumedang: IGI PDI.
- Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2d2. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
- Srianita, Y., Akbar, M., & Meilanie, S. M. (2020). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Makan (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 152-161.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.
References
Amaris, D. U., Rakimahwati, R., & Marlina, S. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini D Hasil Indikator Mengenal ganjil dan genap i Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini, 8-17.
Atiasih, & H. Djoehaeni. (2020). Logical mathematical intelligence for preschool children. In H. Yulindrasari, V. Adriany, Y. Rahmawati, & F. D. Hutagalung, Early Childhood Education In The 21st Century. London: Taylor & Francis Group.
Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Islam Anak Usia Dini, 1-16.
E., M. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak-kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai , 49-54.
Gandana, G., Pranata, O. H., & Danti, T. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK At-Toyyibah. Jurnal PAUD Agapedia, 92-105.
Hartati, N. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 sampai 10 Melalui Media Pohon Bilangan Bagi Anak Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 489-501.
Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan, dan Teknologi, 69-77.
Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1560-1566.
Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian dan Urgensinya dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Ekonomi.
Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatakan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 160-171.
OECD. (2019). "Programme for International Student Assessment (PISA)". Pisa: Note Result.
Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2019). Diskalkulia (Kesulitan Matematika) Berdasarkan Gender Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Malang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 288-297.
R.A, M. (2015). Math Anak Usia Dini. Sumedang: IGI PDI.
Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2d2. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
Srianita, Y., Akbar, M., & Meilanie, S. M. (2020). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Makan (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 152-161.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.