Main Article Content

Abstract

Pengenalan matematika kepada anak usia 5-6 tahun merupakan hal yang menantang bagi pendidik untuk memperkenalkannya kepada anak. Media dalam mengenalkan matematika khususnya bagi anak usia dini saat ini lebih banyak menggunakan lembar kerja dan tidak mengenalkan secara nyata bilangan-bilangan dalam matematika permulaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah pengembangan media “BANK-KU” untuk mengenalkan matematika permulaan bagi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian pada analisis kinerja yaitu kurang tersedia media interaktif dalam pengenalan matematika permulaan. Analisis kebutuhan berdasarkan hasil observasi dan wawancara menunjukkan rendahnya minat anak dalam pengenalan matematika permulaan khususnya berhitung. Melalui hasil tersebut maka dibuat desain media “BANK-KU” yaitu pengenalan konsep bilangan, ganjil-genap, penjumlahan sederhana secara nyata. Setelah melakukan perancangan media tersebut di validasi oleh pakar materi dan media. Masukan dari kedua pakar diperbaiki dan selanjutnya pelaksanaan implementasi, dalam implementasi pada 11 anak dengan persentase 100% terlihat dapat menggunakan media dalam pengenalan bilangan satuan, puluhan, ratusan sampai ribuan, pengenal ganjil dan genap, pengenalan penjumlahan sederhana. Terdapat beberapa kendala dalam implementasi yaitu buku panduan yang memerlukan pengembangan dan rasio jumlah anak dalam penggunaan media BANK-KU.

Keywords

pramatematika, media BANK-KU, anak usia 5-6 tahun pramatematika media BANK-KU anak usia 5-6 tahun

Article Details

Author Biographies

Zahrina Amelia, Universitas Al Azhar Indonesia

 

 

 

Radhiya Bustan, Universitas Al-Azhar Indonesia

 

 

 

Liana Mailani, Universitas Al-Azhar Indonesia

 

 

Nurfadilah Nurfadilah, Universitas Al Azhar Indonesia

 

 

How to Cite
Amelia, Z., Bustan, R., Mailani, L., & Nurfadilah, N. (2023). Pengembangan Media “Bank-Ku” untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Permulaan Anak Usia Dini 5-6 Tahun: Pengembangan Media “Bank-Ku” untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Permulaan Anak Usia Dini 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 139–154. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.139-154

References

  1. Amaris, D. U., Rakimahwati, R., & Marlina, S. (2018). Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini D Hasil Indikator Mengenal ganjil dan genap i Taman Kanak-Kanak Fadhilah Amal 3 Padang. Jurnal Usia Dini, 8-17.
  2. Atiasih, & H. Djoehaeni. (2020). Logical mathematical intelligence for preschool children. In H. Yulindrasari, V. Adriany, Y. Rahmawati, & F. D. Hutagalung, Early Childhood Education In The 21st Century. London: Taylor & Francis Group.
  3. Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Anak Islam Anak Usia Dini, 1-16.
  4. E., M. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  5. Fauziddin, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar di Taman Kanak-kanak Pembina Kec. Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusai , 49-54.
  6. Gandana, G., Pranata, O. H., & Danti, T. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK At-Toyyibah. Jurnal PAUD Agapedia, 92-105.
  7. Hartati, N. (2013). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan 1 sampai 10 Melalui Media Pohon Bilangan Bagi Anak Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus), 489-501.
  8. Hasyim, S. L. (2015). Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Perspektif Islam. Jurnal Lentera: Kajian Keagamaan, Keilmuan, dan Teknologi, 69-77.
  9. Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1560-1566.
  10. Nasution, H. F. (2016). Instrumen Penelitian dan Urgensinya dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Ekonomi.
  11. Nayazik, A., Suwignyo, J., & Meidika, F. (2019). Peningkatakan Kemampuan Kognitif Dalam Mengurutkan Lambang Bilangan Melalui Media Kartu Angka. SCHOLARIA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 160-171.
  12. OECD. (2019). "Programme for International Student Assessment (PISA)". Pisa: Note Result.
  13. Patricia, F. A., & Zamzam, K. F. (2019). Diskalkulia (Kesulitan Matematika) Berdasarkan Gender Pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Malang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 288-297.
  14. R.A, M. (2015). Math Anak Usia Dini. Sumedang: IGI PDI.
  15. Rayanto, Y. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE & R2d2. Pasuruan: Lembaga Academic & Research Institute.
  16. Srianita, Y., Akbar, M., & Meilanie, S. M. (2020). Pembentukan Karakter dalam Pendidikan Makan (Studi Kasus di Raudhatul Athfal Istiqlal Jakarta). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 152-161.
  17. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  18. Susanto, A. (2021). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT Bumi Aksara.