Main Article Content
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kreativitas anak yang terjadi RA Fathirmaturridha Medan berdampak pada proses pembelajaran yang tak sesuai. Pembelajaran yang menarik dapat membantu pada proses pembelajaran dan perkembangan anak usia dini khususnya pada pembelajaran STEAM. Maka dari itu peneIitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui pengaruh pembeIajaran STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini, (2) Mengetahui pengaruh pembeIajaran STEAM terhadap kemampuan kreativitas anak usia dini. PeneIitian ini diIaksanakan pada tanggaI 17 Januari hingga 17 Februari 2023, peneIitian ini menggunakan jenis peneIitian kuantitatif ex-post facto.PeneIitian ini meIibatkan 2 orang guru dan 41 anak di keIas Semangka dan keIas Rambutan. Instrumen dan teknik pengumpuIan data yang digunakan adaIah instrumen peneIitian, dan angket pengamatan. HasiI peneIitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh pembeIajaran STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di RA Fathimaturridha Medan. HasiI data kemampuan berpikir kritis anak mempunyai niIai thitung(2.143) > ttabeI(2,021) dan sig.2-taiIed (0,008) < α = 0,05. 2) Terdapat pengaruh pembeIajaran STEAM terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Data kreativitas anak mempunyai niIai thitung(2.690) > ttabeI(2,021) dan sig.2-taiIed (0,001) < α = 0,05.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Risky Ayu Permata, Tien Rafida, Ahmad Syukri Sitorus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Azizah, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Bernasis STEAM dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Harapan Bunda Semarang. Wawasan Pendidikan, 2(2), 593–599.
- Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136
- Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nani Nurjanah. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 275–281.
- Imamah, Z., & Muqowin. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM and Loose Part. Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 1(2).
- Kartini, W., Faatinisa, E., & Annisa, Y. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM. Jurnal Al-Fitrah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2829), 40–46.
- Mardianto. (2011). Pembelajaran Tematik. Perdana Publishing.
- Mariana, A., Nurbani, B., & Istiqlaliyah, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Steam Berbasis Loose Part Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Tadrusuun: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 88–94.
- Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
- Murgiyanti. (2022). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM dan Loose Part. Journal Semnaspa, 3(2).
- Nadar, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penggunaan Strategi Inkuiri. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusumanegara, 9(2), 129–144.
- Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Belajar. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” No. 02/Tah.
- Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995
- Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.490
- Sit, M., Basri, M., & Dwinamira, A. M. (2022). Peningkatan Berpikir Kritis dan Kemampuan Matematika Awal dengan Pembelajaran STEAM Pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal (RA) Tazkia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1349–1358.
- Sit, M., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Science, Techology, Engineering, Arts, and Mathematics pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6813–6826. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3496
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
- Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203
- Wahyu, C., Purwaningsih, W., & Triharnanto, J. (2022). Penggunaan Media Loose Part Berbasis STEAM Dalam Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Seminar Nasional 100 Tahun Taman Siswa, 31–35.
- Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Munif, M., Syamsuddin, Rasmani, U. E. E., & Nurjanah, N. E. (2020). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).
- Wulandani, C., Putri, M. A., Indah Pratiwi, R., & Sulong, K. (2022). Implementing Project-Based Steam Instructional Approach in Early Childhood Education in 5.0 Industrial Revolution Era. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research (IJECER), 1(1), 29. https://doi.org/10.31958/ijecer.v1i1.5819
References
Azizah, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Bernasis STEAM dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Harapan Bunda Semarang. Wawasan Pendidikan, 2(2), 593–599.
Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136
Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nani Nurjanah. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 275–281.
Imamah, Z., & Muqowin. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM and Loose Part. Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 1(2).
Kartini, W., Faatinisa, E., & Annisa, Y. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM. Jurnal Al-Fitrah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2829), 40–46.
Mardianto. (2011). Pembelajaran Tematik. Perdana Publishing.
Mariana, A., Nurbani, B., & Istiqlaliyah, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Steam Berbasis Loose Part Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Tadrusuun: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 88–94.
Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Murgiyanti. (2022). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM dan Loose Part. Journal Semnaspa, 3(2).
Nadar, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penggunaan Strategi Inkuiri. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusumanegara, 9(2), 129–144.
Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Belajar. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” No. 02/Tah.
Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995
Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.490
Sit, M., Basri, M., & Dwinamira, A. M. (2022). Peningkatan Berpikir Kritis dan Kemampuan Matematika Awal dengan Pembelajaran STEAM Pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal (RA) Tazkia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1349–1358.
Sit, M., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Science, Techology, Engineering, Arts, and Mathematics pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6813–6826. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3496
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203
Wahyu, C., Purwaningsih, W., & Triharnanto, J. (2022). Penggunaan Media Loose Part Berbasis STEAM Dalam Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Seminar Nasional 100 Tahun Taman Siswa, 31–35.
Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Munif, M., Syamsuddin, Rasmani, U. E. E., & Nurjanah, N. E. (2020). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).
Wulandani, C., Putri, M. A., Indah Pratiwi, R., & Sulong, K. (2022). Implementing Project-Based Steam Instructional Approach in Early Childhood Education in 5.0 Industrial Revolution Era. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research (IJECER), 1(1), 29. https://doi.org/10.31958/ijecer.v1i1.5819