Main Article Content

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan kreativitas anak yang terjadi RA Fathirmaturridha Medan berdampak pada proses pembelajaran yang tak sesuai. Pembelajaran yang menarik dapat membantu pada proses pembelajaran dan perkembangan anak usia dini khususnya pada pembelajaran STEAM. Maka dari itu peneIitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Mengetahui pengaruh pembeIajaran STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini, (2) Mengetahui pengaruh pembeIajaran STEAM terhadap kemampuan kreativitas anak usia dini. PeneIitian ini diIaksanakan pada tanggaI 17 Januari hingga 17 Februari 2023, peneIitian ini menggunakan jenis peneIitian kuantitatif ex-post facto.PeneIitian ini meIibatkan 2 orang guru dan 41 anak di keIas Semangka dan keIas Rambutan. Instrumen dan teknik pengumpuIan data yang digunakan adaIah instrumen peneIitian, dan angket pengamatan. HasiI peneIitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh pembeIajaran STEAM terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia 5-6 tahun di RA Fathimaturridha Medan. HasiI data kemampuan berpikir kritis anak mempunyai niIai thitung(2.143) > ttabeI(2,021) dan sig.2-taiIed (0,008) < α = 0,05. 2) Terdapat pengaruh pembeIajaran STEAM terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun. Data kreativitas anak mempunyai niIai thitung(2.690) > ttabeI(2,021) dan sig.2-taiIed (0,001) < α = 0,05.

Keywords

PembeIajaran STEAM, Berpikir Kritis, Kreativitas PembeIajaran STEAM Berpikir Kritis Kreativitas

Article Details

Author Biographies

Risky Ayu Permata, Universitas IsIam Negeri Sumatera Utara

 

 

Tien Rafida, Universitas IsIam Negeri Sumatera Utara

 

 

Ahmad Syukri Sitorus, Universitas IsIam Negeri Sumatera Utara

 

 

How to Cite
Permata, R. A., Rafida, T., & Sitorus, A. S. (2023). Pengaruh PembeIajaran STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun di RA Fathimaturridha Medan. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 170–182. https://doi.org/10.33369/jip.8.1.170-182

References

  1. Azizah, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Bernasis STEAM dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK IT Harapan Bunda Semarang. Wawasan Pendidikan, 2(2), 593–599.
  2. Dewi, A. C., Hapidin, H., & Akbar, Z. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Sains Fisik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 18. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.136
  3. Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nani Nurjanah. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02), 275–281.
  4. Imamah, Z., & Muqowin. (2020). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM and Loose Part. Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender Dan Anak, 1(2).
  5. Kartini, W., Faatinisa, E., & Annisa, Y. N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis STEAM. Jurnal Al-Fitrah: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2829), 40–46.
  6. Mardianto. (2011). Pembelajaran Tematik. Perdana Publishing.
  7. Mariana, A., Nurbani, B., & Istiqlaliyah, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Steam Berbasis Loose Part Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Tadrusuun: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 88–94.
  8. Mulyasa. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
  9. Murgiyanti. (2022). Pengembangan Kreativitas dan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis STEAM dan Loose Part. Journal Semnaspa, 3(2).
  10. Nadar, W. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Penggunaan Strategi Inkuiri. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusumanegara, 9(2), 129–144.
  11. Priyanto, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Belajar. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” No. 02/Tah.
  12. Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52. https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995
  13. Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Steam Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (Hots) Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.490
  14. Sit, M., Basri, M., & Dwinamira, A. M. (2022). Peningkatan Berpikir Kritis dan Kemampuan Matematika Awal dengan Pembelajaran STEAM Pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal (RA) Tazkia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 1349–1358.
  15. Sit, M., & Rakhmawati, F. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Science, Techology, Engineering, Arts, and Mathematics pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6813–6826. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3496
  16. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta.
  17. Syafi’i, I., & Dianah, N. D. (2021). Pemanfaatan Loose Parts Dalam Pembelajaran Steam Pada Anak Usia Dini. Aulada : Jurnal Pendidikan Dan Perkembangan Anak, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31538/aulada.v3i1.1203
  18. Wahyu, C., Purwaningsih, W., & Triharnanto, J. (2022). Penggunaan Media Loose Part Berbasis STEAM Dalam Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini. Seminar Nasional 100 Tahun Taman Siswa, 31–35.
  19. Wahyuningsih, S., Pudyaningtyas, A. R., Hafidah, R., Munif, M., Syamsuddin, Rasmani, U. E. E., & Nurjanah, N. E. (2020). Efek Metode STEAM pada Kreatifitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1).
  20. Wulandani, C., Putri, M. A., Indah Pratiwi, R., & Sulong, K. (2022). Implementing Project-Based Steam Instructional Approach in Early Childhood Education in 5.0 Industrial Revolution Era. Indonesian Journal of Early Childhood Educational Research (IJECER), 1(1), 29. https://doi.org/10.31958/ijecer.v1i1.5819