Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan fun cooking terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di RA Darussalam Kecamatan Pelepat Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-postets. Populasi dalam penelitian ini anak berusia 5-6 tahun dengan sampel kelompok B1 yang berjumlah 21 anak. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan melalui instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial berupa pengujian hipotesis yang didahului uji normalitas dan homogenitas data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kegiatan fun cooking berpengaruh dalam menstimulasi kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun yang dibuktikan dengan hasil dari t hitung sebesar 25,213 > dari t tabel sebesar 2,093 dengan taraf signifikan 0.05 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima.
Article Details
Copyright (c) 2023 Winda Sherly Utami, Indryani Indryani, indri febri azmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amaros, Y., Anak Usia Dini, P., Psikologi dan Pendidikan, F., Al-Azhar Indonesia, U., Masjid Agung Al-Azhar Jl Sisingamangaraja, K., & Selatan, J. (2018). Jurnal Pendidikan : Early Childhood fun cooking : Pembelajaran matematika (Vol. 4, Issue 4).
- Ginting, N. A., Harun, H., & Nurmaniah, N. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4297–4308. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2437
- Jasmine. (2019). Metode mengajar multiple intelligences (Salim (ed.); v). Nuansya Cendikia.
- Pembinaan, D., Anak, P., & Dini, U. (2018). Program Ilmuwan Kecil (Direktorat pembinaan pendidikan anak usia dini (ed.); 1st ed.).
- Pemerintah Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49.
- Putri, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 118–130. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27203
- Sujiono, Y. N. (2013). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. 96–100. https://news.ddtc.co.id/strategi-pendidikan-pajak-untuk-anak-usia-dini-11555
- Lusiyana, I. (2020). Evaluasi Program Fun Cooking di RA AR-Raudah Play Group Play Group & Kindergarten Bandar Lampung.
- Nurfadilah, H., Rahman, T., Studi, P., Upi, P., Tasikmalaya, K., Program, & Upi, S. P. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bina Tunas Warga Ii Tirtawangunan. Desember, 5(2), 159–167.
References
Amaros, Y., Anak Usia Dini, P., Psikologi dan Pendidikan, F., Al-Azhar Indonesia, U., Masjid Agung Al-Azhar Jl Sisingamangaraja, K., & Selatan, J. (2018). Jurnal Pendidikan : Early Childhood fun cooking : Pembelajaran matematika (Vol. 4, Issue 4).
Ginting, N. A., Harun, H., & Nurmaniah, N. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4297–4308. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2437
Jasmine. (2019). Metode mengajar multiple intelligences (Salim (ed.); v). Nuansya Cendikia.
Pembinaan, D., Anak, P., & Dini, U. (2018). Program Ilmuwan Kecil (Direktorat pembinaan pendidikan anak usia dini (ed.); 1st ed.).
Pemerintah Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49.
Putri, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 118–130. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27203
Sujiono, Y. N. (2013). Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. 96–100. https://news.ddtc.co.id/strategi-pendidikan-pajak-untuk-anak-usia-dini-11555
Lusiyana, I. (2020). Evaluasi Program Fun Cooking di RA AR-Raudah Play Group Play Group & Kindergarten Bandar Lampung.
Nurfadilah, H., Rahman, T., Studi, P., Upi, P., Tasikmalaya, K., Program, & Upi, S. P. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Bina Tunas Warga Ii Tirtawangunan. Desember, 5(2), 159–167.