Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan fun cooking terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di RA Darussalam Kecamatan Pelepat Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-postets. Populasi dalam penelitian ini anak berusia 5-6 tahun dengan sampel kelompok B1 yang berjumlah 21 anak. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan melalui instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial berupa pengujian hipotesis yang didahului uji normalitas dan homogenitas data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kegiatan fun cooking berpengaruh dalam menstimulasi kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun yang dibuktikan dengan hasil dari t hitung sebesar 25,213 > dari t tabel sebesar 2,093 dengan taraf signifikan 0.05 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima.

Keywords

Kecerdasan Interpersonal ,Kegiatan fun cooking kecerdasan interpersonal kegiatan fun cooking anak usia dini

Article Details

How to Cite
Utami, W. S., Indryani, I., & febri azmi, I. F. (2023). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun . Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 9–17. https://doi.org/10.33369/jip.9.1.9-17

References

  1. Agusniatih, A., & Muliana, S. (2022). Implementasi Pembelajaran STEAM Melalui Kegiatan Fun Cooking Sebagai Pembelajaran Abad 21. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6502-6512. DOI: 10.31004/obsesi.v6i6.3418
  2. Amania, I. A., Karta, I. W., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2021). Penerapan Kegiatan Bermain
  3. Fun Cooking Dalam Meningkatkan Tumbuh Kembang Anak Usia 4-5 Tahun.
  4. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(2), 230–235. Retrieved from
  5. http://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/670
  6. Amaros, Y., & Rohita. (2018). Peran Kegiatan Fun Cooking dalam Kemampuan Sosial Emosional dan Bahasa Anak. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. 4(4), 256-264.
  7. DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i4.303
  8. Ayuba, S. M., Djuko, R. U., & Tine, N. (2022). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok B di RA Almourky. Student Journal of Early Childhood Education. 2(2), 44-54.
  9. Diana, S. P., & Zulminiati. (2022). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Dalam Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Telkom Schools Padang. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3 (1), 54-66. https://doi.org/1037216/aura.v3i1.594
  10. Ginting, N. A., Harun, H., & Nurmaniah, N. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4297–4308. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2437
  11. Hasanah, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kerjasana Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Fun Cooking di RA Darussalam Kedoya Jakarta Barar (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
  12. Kurniasih, S. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jakarta: Guepedia.
  13. Maharani, J. F. (2022). Kegiatan Fun Cooking Class dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di Bobocil Kids Club Kota Mataram. Journal Transformation of Mandalika, 3(4), 137-142.
  14. Niati, A., Sofyan, H., & Utami, W. S. (2023). Pengaruh Tutup Botol Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Tunas Siliwangi, 9(2), 102-107. https://doi.org/10.22460/ts.v9i2.4002
  15. Nurunnisa, E. C. (2017). Melek Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 2(2), 10-17. DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v2i2p10-17.330
  16. Pemerintah Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49.
  17. Pratiwi, O. A., Syafrudin, U., & Oktaria, R. (2023). Identifikasi Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Muttaqin. Jurnal Penelitian Medan Agama, 14(02), 63-67.
  18. DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v14i2.16105
  19. Putri, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 118–130. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27203
  20. Ray dkk. (2022). Gambaran Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cinta Kasih Desa Aeknauli Kabupaten Humbang Hasundutan. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(6).
  21. Sahidu, N., & Abdullah, S. (2020). Peningkatan Kemandirian Anak Saat Makan Melalui Kegiatan Fun Cooking Makanan Khas Ternate. Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD. 7(2), 106-121. DOI : 10.36706/jtk.v7i2.12328.
  22. Siregar, A. K. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Cooking Anak Usia 5-6 Tahun
  23. Di TK IT Nurul Ilmi (Doctoral dissertation. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
  24. Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabet.
  25. Utami, W.S., & Harianja, S.I (2023). Pengembangan Model Stimulasi Geometri Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) untuk Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan danPembelajaran Anak Usia Dini, 10(1), 25-36. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i1.18879
  26. Wirdasari, A. (2022). The Role of Fun Cooking in Enhancing Language Development Early
  27. Childhood During the Covid-19 Pandemic. Proceeding of International Conference on
  28. Education, 41–47. https://icon.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/icon/article/view/24