Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan fun cooking terhadap kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun di RA Darussalam Kecamatan Pelepat Ilir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-postets. Populasi dalam penelitian ini anak berusia 5-6 tahun dengan sampel kelompok B1 yang berjumlah 21 anak. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi, dokumentasi, dan melalui instrumen penelitian. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial berupa pengujian hipotesis yang didahului uji normalitas dan homogenitas data. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kegiatan fun cooking berpengaruh dalam menstimulasi kecerdasan interpersonal anak usia 5-6 tahun yang dibuktikan dengan hasil dari t hitung sebesar 25,213 > dari t tabel sebesar 2,093 dengan taraf signifikan 0.05 sehingga Ho di tolak dan Ha diterima.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Winda Sherly Utami, Indryani Indryani, indri febri azmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Agusniatih, A., & Muliana, S. (2022). Implementasi Pembelajaran STEAM Melalui Kegiatan Fun Cooking Sebagai Pembelajaran Abad 21. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6502-6512. DOI: 10.31004/obsesi.v6i6.3418
- Amania, I. A., Karta, I. W., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2021). Penerapan Kegiatan Bermain
- Fun Cooking Dalam Meningkatkan Tumbuh Kembang Anak Usia 4-5 Tahun.
- Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(2), 230–235. Retrieved from
- http://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/670
- Amaros, Y., & Rohita. (2018). Peran Kegiatan Fun Cooking dalam Kemampuan Sosial Emosional dan Bahasa Anak. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. 4(4), 256-264.
- DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i4.303
- Ayuba, S. M., Djuko, R. U., & Tine, N. (2022). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok B di RA Almourky. Student Journal of Early Childhood Education. 2(2), 44-54.
- Diana, S. P., & Zulminiati. (2022). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Dalam Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Telkom Schools Padang. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3 (1), 54-66. https://doi.org/1037216/aura.v3i1.594
- Ginting, N. A., Harun, H., & Nurmaniah, N. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4297–4308. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2437
- Hasanah, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kerjasana Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Fun Cooking di RA Darussalam Kedoya Jakarta Barar (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
- Kurniasih, S. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jakarta: Guepedia.
- Maharani, J. F. (2022). Kegiatan Fun Cooking Class dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di Bobocil Kids Club Kota Mataram. Journal Transformation of Mandalika, 3(4), 137-142.
- Niati, A., Sofyan, H., & Utami, W. S. (2023). Pengaruh Tutup Botol Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Tunas Siliwangi, 9(2), 102-107. https://doi.org/10.22460/ts.v9i2.4002
- Nurunnisa, E. C. (2017). Melek Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 2(2), 10-17. DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v2i2p10-17.330
- Pemerintah Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49.
- Pratiwi, O. A., Syafrudin, U., & Oktaria, R. (2023). Identifikasi Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Muttaqin. Jurnal Penelitian Medan Agama, 14(02), 63-67.
- DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v14i2.16105
- Putri, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 118–130. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27203
- Ray dkk. (2022). Gambaran Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cinta Kasih Desa Aeknauli Kabupaten Humbang Hasundutan. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(6).
- Sahidu, N., & Abdullah, S. (2020). Peningkatan Kemandirian Anak Saat Makan Melalui Kegiatan Fun Cooking Makanan Khas Ternate. Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD. 7(2), 106-121. DOI : 10.36706/jtk.v7i2.12328.
- Siregar, A. K. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Cooking Anak Usia 5-6 Tahun
- Di TK IT Nurul Ilmi (Doctoral dissertation. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
- Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabet.
- Utami, W.S., & Harianja, S.I (2023). Pengembangan Model Stimulasi Geometri Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) untuk Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan danPembelajaran Anak Usia Dini, 10(1), 25-36. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i1.18879
- Wirdasari, A. (2022). The Role of Fun Cooking in Enhancing Language Development Early
- Childhood During the Covid-19 Pandemic. Proceeding of International Conference on
- Education, 41–47. https://icon.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/icon/article/view/24
References
Agusniatih, A., & Muliana, S. (2022). Implementasi Pembelajaran STEAM Melalui Kegiatan Fun Cooking Sebagai Pembelajaran Abad 21. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6502-6512. DOI: 10.31004/obsesi.v6i6.3418
Amania, I. A., Karta, I. W., Rachmayani, I., & Suarta, I. N. (2021). Penerapan Kegiatan Bermain
Fun Cooking Dalam Meningkatkan Tumbuh Kembang Anak Usia 4-5 Tahun.
Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(2), 230–235. Retrieved from
http://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/670
Amaros, Y., & Rohita. (2018). Peran Kegiatan Fun Cooking dalam Kemampuan Sosial Emosional dan Bahasa Anak. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. 4(4), 256-264.
DOI: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i4.303
Ayuba, S. M., Djuko, R. U., & Tine, N. (2022). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Kelompok B di RA Almourky. Student Journal of Early Childhood Education. 2(2), 44-54.
Diana, S. P., & Zulminiati. (2022). Pengaruh Kegiatan Fun Cooking Dalam Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Telkom Schools Padang. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3 (1), 54-66. https://doi.org/1037216/aura.v3i1.594
Ginting, N. A., Harun, H., & Nurmaniah, N. (2022). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dengan Kepercayaan Diri Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4297–4308. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2437
Hasanah, N. (2020). Meningkatkan Kemampuan Kerjasana Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Fun Cooking di RA Darussalam Kedoya Jakarta Barar (Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta).
Kurniasih, S. (2021). Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jakarta: Guepedia.
Maharani, J. F. (2022). Kegiatan Fun Cooking Class dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun Di Bobocil Kids Club Kota Mataram. Journal Transformation of Mandalika, 3(4), 137-142.
Niati, A., Sofyan, H., & Utami, W. S. (2023). Pengaruh Tutup Botol Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Tunas Siliwangi, 9(2), 102-107. https://doi.org/10.22460/ts.v9i2.4002
Nurunnisa, E. C. (2017). Melek Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Jurnal Tunas Siliwangi, 2(2), 10-17. DOI: https://doi.org/10.22460/ts.v2i2p10-17.330
Pemerintah Indonesia. (2021). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Standar Nasional Pendidikan, 102501, 1–49.
Pratiwi, O. A., Syafrudin, U., & Oktaria, R. (2023). Identifikasi Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Muttaqin. Jurnal Penelitian Medan Agama, 14(02), 63-67.
DOI: http://dx.doi.org/10.58836/jpma.v14i2.16105
Putri, P. P., Sumardi, S., & Mulyadi, S. (2020). Pengaruh Permainan Treasure Hunt Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Paud Agapedia, 4(1), 118–130. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27203
Ray dkk. (2022). Gambaran Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Cinta Kasih Desa Aeknauli Kabupaten Humbang Hasundutan. Pendidikan Anak Usia Dini, 1(6).
Sahidu, N., & Abdullah, S. (2020). Peningkatan Kemandirian Anak Saat Makan Melalui Kegiatan Fun Cooking Makanan Khas Ternate. Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD. 7(2), 106-121. DOI : 10.36706/jtk.v7i2.12328.
Siregar, A. K. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Cooking Anak Usia 5-6 Tahun
Di TK IT Nurul Ilmi (Doctoral dissertation. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). Alfabet.
Utami, W.S., & Harianja, S.I (2023). Pengembangan Model Stimulasi Geometri Berbasis Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) untuk Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan danPembelajaran Anak Usia Dini, 10(1), 25-36. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v10i1.18879
Wirdasari, A. (2022). The Role of Fun Cooking in Enhancing Language Development Early
Childhood During the Covid-19 Pandemic. Proceeding of International Conference on
Education, 41–47. https://icon.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/icon/article/view/24