Main Article Content

Abstract

Kemampuan berbicara ini merupakan salah satu aspek terpenting dalam
perkembangan anak dari awal sampai akhir, dimana kemampuan berbicara anak ini dapat di
kembangkan melalui metode story telling Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Media
Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Maka dari itu Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh pengaruh metode story telling berbasis kearifan lokal
menggunakan media wayang terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 Tahun di TK
Labora Islam Desa Mandalo Indah”. Penelitian ini dilaksanakan 3 april sampai 30 mei 2023
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent
control group desain, instrument pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa ada pengaruh metode story telling berbasis kearifan lokal
menggunakan media wayang terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di tk labora
islam desa mandala indah. Hasil data uji t menunjukkan pengambilan keputusan nilai, yaitu t
hitung 2.109 dan untuk t table, yaitu 1,710 yang artinya thitung lebih besar > dari ttable, maka H0
ditolak dan H1 diterima, sehingga yang dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode
story telling berbasis kearifan lokal menggunakan media wayang terhadap kemampuan
berbicara anak.
Kata Kunci: kemampuan berbicara, story telling, media wayang

Article Details

How to Cite
Fina, F. (2023). Pengaruh Metode Story telling Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Media Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun . Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.33369/jip.9.1.1-8

References

  1. Abduirahman, Maman. 2017. Analisis Koreilasi,Reigreisi, dan Jaluir dalam Peineilitian. Banduing :CV. Puistaka Seitia.
  2. Nuirhidayah, dkk. (2016). Peineirapan Meitodei Beirceirita Beirbantuian Meidia Papan Flaneil uintuik Meiningkatkan Keimampuian Beirbicara di TK Kamila Singaraja. Ei-jouirnal Peindidikan Anak Uisia Dini Uindiksha. Vol 4 no 2.
  3. Haryadi, T. & Ihya'Uiluimuiddin, D. I. (2016). Peinanaman nilai dan moral pada anak PAUiD Deingan Peindeikatan Storyteilling Meilaluii Meidia Komuinikasi Visuial. ANDHARUiPA: Juirnal Deisain Komuinikasi Visuial & Muiltimeidia, 2(01), 56-72.
  4. Suigiyono. 2021. Meitodei Peineilitian Kuiantitatif Kuialitatif dan R&D. Banduing: Alfabeit.