Main Article Content
Abstract
Kemampuan berbicara ini merupakan salah satu aspek terpenting dalam
perkembangan anak dari awal sampai akhir, dimana kemampuan berbicara anak ini dapat di
kembangkan melalui metode story telling Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Media
Wayang Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Maka dari itu Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh pengaruh metode story telling berbasis kearifan lokal
menggunakan media wayang terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 Tahun di TK
Labora Islam Desa Mandalo Indah”. Penelitian ini dilaksanakan 3 april sampai 30 mei 2023
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain nonequivalent
control group desain, instrument pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian
ini menunjukan bahwa ada pengaruh metode story telling berbasis kearifan lokal
menggunakan media wayang terhadap kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di tk labora
islam desa mandala indah. Hasil data uji t menunjukkan pengambilan keputusan nilai, yaitu t
hitung 2.109 dan untuk t table, yaitu 1,710 yang artinya thitung lebih besar > dari ttable, maka H0
ditolak dan H1 diterima, sehingga yang dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode
story telling berbasis kearifan lokal menggunakan media wayang terhadap kemampuan
berbicara anak.
Kata Kunci: kemampuan berbicara, story telling, media wayang
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Finarsih Finarsih, Evita Anggereini, Winda Sherly Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abduirahman, Maman. 2017. Analisis Koreilasi, Reigreisi, dan Jaluir dalam Peineilitian. Banduing: CV. Puistaka Seitia
- Alfatihaturrohmah, A., Mayangsari, D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK X Kamal. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5 (2), 101–109. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4885
- Depdiknas. 2017. Sumber Kompetensi Bahasa Indonesia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas
- Haryadi, T. & Ihya'Ulumuddin, D. I. (2016). Penanaman nilai dan moral pada anak PAUD Dengan Pendekatan Storytelling Melalui Media Komunikasi Visual. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(01), 56-72
- Habsy, B. A. (2018). Model story telling dalam pembelajaran JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(2), 91-99
- Jamaris, Martini, 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman kanak-kanak. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
- Karlina, Dwi Nami, dkk. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 tahun melalui Digital Storytelling di tk apple kids salatiga dwi. Jurnal Pendidikan Usia Dini. PG PAUD fkip Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Vol 12 edisi 1
- Leeper, M. (2015). Developing Early Maths through Story: Step-by-step advice for using storytelling as a springboard for Maths activities. London: Practical Pre-School Books, A Division of MA Education Ltd, St Jude's Church
- Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4755
- Madyawati, Lilis. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group
- Mahmud Teuku. 2018. Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di Tk Aisyiyah Merduati Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Vol 6 no 2
- Nadlifah. (2016). Optimlisasi Kemampuan Interaksi Sosial Anakdi PAUD Inklusi Ahsanu Amala Yogyakarta. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1247
- Nurhidayah, dkk. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara di TK Kamila Singaraja. E-journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. Vol 4 no 2
- Ningrostiti, D. E. K. A. (2018). Melalui Metode Storytelling Kelompok B Di Tk Nurul Jannah Mudal Boyolali
- Nurkhasyanah, A., & Sri, A. (2021). Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis Kearifan Lokal Pada Era New Normal Di TK Omah Dolan Ywka Yokyakarta. Pratama Widia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 38. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.1949
- Pebri, D I Made Tegeh, and Rahayu Ujianti. Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di Tk Widya Sesana Sangsit 2016/2017. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 3 (2017): 336–47
- Suhartono. 2015. Psikologi Perkembangan Anak. Cetakan 1. Jakarta: Tugu Publisher
- Sulianti, A., Safitri, R. M., & Gunawan, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Integralistik, 30(2), 100–106
- Supardi. (2019) Statistika Penelitian Pendidikan (ed);2) depok: Rajawali Pers
- Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1), 385
References
Abduirahman, Maman. 2017. Analisis Koreilasi, Reigreisi, dan Jaluir dalam Peineilitian. Banduing: CV. Puistaka Seitia
Alfatihaturrohmah, A., Mayangsari, D., & Karim, M. B. (2018). Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK X Kamal. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5 (2), 101–109. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4885
Depdiknas. 2017. Sumber Kompetensi Bahasa Indonesia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas
Haryadi, T. & Ihya'Ulumuddin, D. I. (2016). Penanaman nilai dan moral pada anak PAUD Dengan Pendekatan Storytelling Melalui Media Komunikasi Visual. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 2(01), 56-72
Habsy, B. A. (2018). Model story telling dalam pembelajaran JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 2(2), 91-99
Jamaris, Martini, 2006. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman kanak-kanak. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Karlina, Dwi Nami, dkk. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 tahun melalui Digital Storytelling di tk apple kids salatiga dwi. Jurnal Pendidikan Usia Dini. PG PAUD fkip Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Vol 12 edisi 1
Leeper, M. (2015). Developing Early Maths through Story: Step-by-step advice for using storytelling as a springboard for Maths activities. London: Practical Pre-School Books, A Division of MA Education Ltd, St Jude's Church
Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2). https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4755
Madyawati, Lilis. 2017. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenada Media Group
Mahmud Teuku. 2018. Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Lisan Melalui Metode Bermain Peran Pada Anak Kelompok B Di Tk Aisyiyah Merduati Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa. STKIP Bina Bangsa Getsempena. Vol 6 no 2
Nadlifah. (2016). Optimlisasi Kemampuan Interaksi Sosial Anakdi PAUD Inklusi Ahsanu Amala Yogyakarta. Retrieved from http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/goldenage/article/view/1247
Nurhidayah, dkk. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Papan Flanel untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara di TK Kamila Singaraja. E-journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. Vol 4 no 2
Ningrostiti, D. E. K. A. (2018). Melalui Metode Storytelling Kelompok B Di Tk Nurul Jannah Mudal Boyolali
Nurkhasyanah, A., & Sri, A. (2021). Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis Kearifan Lokal Pada Era New Normal Di TK Omah Dolan Ywka Yokyakarta. Pratama Widia : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 38. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.1949
Pebri, D I Made Tegeh, and Rahayu Ujianti. Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di Tk Widya Sesana Sangsit 2016/2017. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 3 (2017): 336–47
Suhartono. 2015. Psikologi Perkembangan Anak. Cetakan 1. Jakarta: Tugu Publisher
Sulianti, A., Safitri, R. M., & Gunawan, Y. (2019). Implementasi Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Kearifan Lokal dalam Membangun Karakter Generasi Muda Bangsa. Integralistik, 30(2), 100–106
Supardi. (2019) Statistika Penelitian Pendidikan (ed);2) depok: Rajawali Pers
Suyadi, S., & Selvi, I. D. (2019). Implementasi Mainan Susun Balok Seimbang Berbasis Kearifan Lokal Yogyakarta untuk Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4 (1), 385