Main Article Content

Abstract

: Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukan bahwa tanggung jawab yang dimiliki anak kelompok B di TK IT An-Nahl Kota Jambi belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap tanggung jawab anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelompok B di TK IT An-Nahl Kota Jambi yang berjumlah 23 anak dan sampel dalam penelitian ini adalah 13 anak. Instrumen  yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 20.397 > 2.201 pada taraf signifikanα = 0.05. Hal ini berarti adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode proyek terhadap tanggung jawab anak kelompok B1 di TK IT An-Nahl Kota Jambi, yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 3,54 yang berada pada rentang > 1.00 dengan interpretasi kuat atau Strong Effect. Dengan demikian, metode proyek dapat digunakan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan tanggung jawab pada anak.

Keywords

metode proyek tanggung jawab Metode Proyek Tanggung jawab

Article Details

Author Biographies

Ummaya Naim Maisyaroh, Universitas Jambi

 

 

Irzal Anderson, Universitas Jambi

 

 

Winda Sherly Utami, Universitas Jambi

 

 

How to Cite
Maisyaroh, U. N., Anderson, I., & Utami, W. S. (2023). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Tanggung Jawab Anak Kelompok B Di TK IT An-Nahl Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 18–26. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/28192

References

  1. Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Impleimeintasi Peindidikan Karakteir Tangguing Jawab dan Keirja Sama Dalam Peimbeilajaran Teimatik Kuirikuiluim 2013 Di SD Neigeiri 2 Beirkoh. Juirnal Papeida: Juirnal Puiblikasi Peindidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.36232/juirnalpeindidikandasar.v2i1.410
  2. Syafitri, R. (2017). Meiningkatkan Tangguing Jawab Beilajar Meilaluii Strateigi Giving Quieistions and Geitting Answeirs Pada Siswa. Juirnal Peineilitian Dan Peingeimbangan Peindidikan, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12623
  3. Uindang-Uindang Reipuiblik Indoneisia Nomor 20 Tahuin 2003 Teintang Sisteim Peindidikan Nassional.
  4. Yuis, A. (2011). Peinilaian Peirkeimbangan Beilajar Anak Taman Kanak-kanak. (eid.(1)). Jakarta: Keincana Preinada Meidia Gruip.
  5. Moeislichatoein. (2004). Meitodei Peingajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.