Main Article Content
Abstract
: Penelitian ini dilatar belakangi dengan hasil pengamatan peneliti di lapangan yang menunjukan bahwa tanggung jawab yang dimiliki anak kelompok B di TK IT An-Nahl Kota Jambi belum berkembang dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap tanggung jawab anak kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain yang digunakan adalah Pre-Eksperimental Design dengan bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelompok B di TK IT An-Nahl Kota Jambi yang berjumlah 23 anak dan sampel dalam penelitian ini adalah 13 anak. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa t-hitung > t-tabel yaitu 20.397 > 2.201 pada taraf signifikanα = 0.05. Hal ini berarti adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode proyek terhadap tanggung jawab anak kelompok B1 di TK IT An-Nahl Kota Jambi, yaitu berada pada interpretasi kuat dengan nilai 3,54 yang berada pada rentang > 1.00 dengan interpretasi kuat atau Strong Effect. Dengan demikian, metode proyek dapat digunakan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan tanggung jawab pada anak.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Ummaya Naim Maisyaroh, Irzal Anderson, Winda Sherly Utami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Impleimeintasi Peindidikan Karakteir Tangguing Jawab dan Keirja Sama Dalam Peimbeilajaran Teimatik Kuirikuiluim 2013 Di SD Neigeiri 2 Beirkoh. Juirnal Papeida: Juirnal Puiblikasi Peindidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.36232/juirnalpeindidikandasar.v2i1.410
- Syafitri, R. (2017). Meiningkatkan Tangguing Jawab Beilajar Meilaluii Strateigi Giving Quieistions and Geitting Answeirs Pada Siswa. Juirnal Peineilitian Dan Peingeimbangan Peindidikan, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12623
- Uindang-Uindang Reipuiblik Indoneisia Nomor 20 Tahuin 2003 Teintang Sisteim Peindidikan Nassional.
- Yuis, A. (2011). Peinilaian Peirkeimbangan Beilajar Anak Taman Kanak-kanak. (eid.(1)). Jakarta: Keincana Preinada Meidia Gruip.
- Moeislichatoein. (2004). Meitodei Peingajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
References
Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Impleimeintasi Peindidikan Karakteir Tangguing Jawab dan Keirja Sama Dalam Peimbeilajaran Teimatik Kuirikuiluim 2013 Di SD Neigeiri 2 Beirkoh. Juirnal Papeida: Juirnal Puiblikasi Peindidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/10.36232/juirnalpeindidikandasar.v2i1.410
Syafitri, R. (2017). Meiningkatkan Tangguing Jawab Beilajar Meilaluii Strateigi Giving Quieistions and Geitting Answeirs Pada Siswa. Juirnal Peineilitian Dan Peingeimbangan Peindidikan, 1(2), 57–63. https://doi.org/10.23887/jppp.v1i2.12623
Uindang-Uindang Reipuiblik Indoneisia Nomor 20 Tahuin 2003 Teintang Sisteim Peindidikan Nassional.
Yuis, A. (2011). Peinilaian Peirkeimbangan Beilajar Anak Taman Kanak-kanak. (eid.(1)). Jakarta: Keincana Preinada Meidia Gruip.
Moeislichatoein. (2004). Meitodei Peingajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.