Main Article Content
Abstract
Kemampuan motorik halus sangat penting bagi pertumbuh perkembang anak dikarenakan mampu meningkatkan kreativitas, dan juga kesehatan anak melalui gerakan-gerakan sehingga menimbulkan kepercayaan diri untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Untuk mendorong keterampilan motorik halus anak-anak, diperlukan kegiatan baru. Salah satunya adalah finger painting dengan menggunakan tablet LCD drawing board yang belum pernah digunakan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan finger painting tablet LCD drawing board terhadap kemampuan motorik halus anak prasekolah. Dari 3 April hingga 27 Mei 2023, penelitian dilakukan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang dikenal dengan Pre-Experimental Design, khususnya One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa finger painting pada papan gambar LCD tablet berdampak pada kemampuan motorik halus anak di Kbit Al-Muthmainnah Kota Jambi. Dari data hasil pengujian terlihat bahwa ada pengaruh finger painting menggunakan tablet LCD drawing board terhadap keterampilan motorik halus siswa kelas KBIT Al-Muthmainnah Kota Jambi karena t hitung (11,786) > t tabel (2,101), menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Akibatnya, Ho ditolak dan Ha diterima.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Fitri Luvita Sari, Hendra Sofyan, Winda Sherly Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Alfiah, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam (TK Dharma Wanita Kletekan 2 Jogorogo Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Journal of Modern Early Childhood Education, 1(01), 59-64.
- Arie Paramitha, M. V., & Supiati, V. (2020). Efektifitas Permainan Sirkuit Dalam Menstimulus Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 443–450. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2615
- Dedek Wahyuningtyas, Isfauzi Hadi Nugroho, & Anik Lestariningrum. (2020). Penerapan Kegiatan “Paper Quilling” Untuk Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 9–16. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2511
- Handayani (2018). Pengaruh Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B2 Di Tk Ganesha Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 353–362. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15237
- Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download
- Lockrow, H. E. (2023). On the spO. T.: A 6-week OT Intervention to Improve Kindergarten Readiness Skills and Handwriting Development (Doctoral dissertation, Utica University).
- Marsuki Umaemah, Eka, D., & Umi, K. (2022). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Melalui Permainan Paper Clay Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–10.
- Neumann, M. M. (2018). Maternal scaffolding of preschoolers’ writing using tablet and paper-pencil tasks: Relations with emergent literacy skills. Journal of Research in Childhood Education, 32(1), 67-80.
- Novadela, N. I. T., & Valinda, N. (2021). Busy book mempengaruhi motorik halus pada anak usia 3-4 tahun. Midwifery Journal, 1(4), 188–193.
- Novita Sari, E. (2020). Open Acces Acces. Jurnal Bagus, 02(01), 402–406.
- Nurhayati, N. W., Parmajaya, I. P. G., & Purandina, I. P. Y. (2021). Penggunaan finger painting terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini di TK Negeri kecamatan pupuan. Jurnal PGPAUD, 1(1), 1-10. http://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/nawasena/articl e/view/1971/1527
- Nurlaili, N. (2019). pengembangan motorik halus anak usia dini. Jakarta
- Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., ... & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
- Prawesti, Heni Herlina, & Yeyen Tahani. (2021). Studi Literatur Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Lukis Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 2(2), 72–78. https://doi.org/10.54438/joee.v2i2.251
- Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita
- Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
- Ramdini, T. P., & Dr. Farida Mayar, M. P. (2019). Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa Dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 936–945.
- Riskayanti, S., & Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.567
- Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421
- Update Keperawatan, J., Itha Idhayanti, R., Tadzkiyyatus Shalihah Adz-Zahra, H., & Sarjana Terapan Kebidanan Magelang Poltekkes Kemenkes Semarang, P. (2022). JURU RAWAT TEKNIK FINGER PAINTING DAN PLAYDOUGH EFECTIVE MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH Finger Painting And Playdough Techniques Effectively Improve The Fine Motor Development Of Preschool Children. 2(P), 33. https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/JUK
- Wulandari, A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Finger Painting di KB Al Jannati Gampong Jawa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1)., 5(1), 80–89.
References
Alfiah, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam (TK Dharma Wanita Kletekan 2 Jogorogo Ngawi Tahun Ajaran 2018/2019). Journal of Modern Early Childhood Education, 1(01), 59-64.
Arie Paramitha, M. V., & Supiati, V. (2020). Efektifitas Permainan Sirkuit Dalam Menstimulus Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 443–450. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2615
Dedek Wahyuningtyas, Isfauzi Hadi Nugroho, & Anik Lestariningrum. (2020). Penerapan Kegiatan “Paper Quilling” Untuk Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 9–16. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2511
Handayani (2018). Pengaruh Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B2 Di Tk Ganesha Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 353–362. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15237
Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download
Lockrow, H. E. (2023). On the spO. T.: A 6-week OT Intervention to Improve Kindergarten Readiness Skills and Handwriting Development (Doctoral dissertation, Utica University).
Marsuki Umaemah, Eka, D., & Umi, K. (2022). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Melalui Permainan Paper Clay Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–10.
Neumann, M. M. (2018). Maternal scaffolding of preschoolers’ writing using tablet and paper-pencil tasks: Relations with emergent literacy skills. Journal of Research in Childhood Education, 32(1), 67-80.
Novadela, N. I. T., & Valinda, N. (2021). Busy book mempengaruhi motorik halus pada anak usia 3-4 tahun. Midwifery Journal, 1(4), 188–193.
Novita Sari, E. (2020). Open Acces Acces. Jurnal Bagus, 02(01), 402–406.
Nurhayati, N. W., Parmajaya, I. P. G., & Purandina, I. P. Y. (2021). Penggunaan finger painting terhadap kemampuan motorik halus anak usia dini di TK Negeri kecamatan pupuan. Jurnal PGPAUD, 1(1), 1-10. http://www.jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/nawasena/articl e/view/1971/1527
Nurlaili, N. (2019). pengembangan motorik halus anak usia dini. Jakarta
Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., ... & Iskandar, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Prawesti, Heni Herlina, & Yeyen Tahani. (2021). Studi Literatur Pengaruh Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Lukis Anak Usia Dini. JoEE: Journal of Earlychildhood Education, 2(2), 72–78. https://doi.org/10.54438/joee.v2i2.251
Primayana, K. H. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Berbantuan Media Kolase Pada Anak Usia Dini. Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya, 4(1), 91–100. http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/Purwadita
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Ramdini, T. P., & Dr. Farida Mayar, M. P. (2019). Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa Dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 936–945.
Riskayanti, S., & Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.567
Tanto, O. D., & Sufyana, A. H. (2020). Stimulasi Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini dalam Seni Tradisional Tatah Sungging. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 575. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.421
Update Keperawatan, J., Itha Idhayanti, R., Tadzkiyyatus Shalihah Adz-Zahra, H., & Sarjana Terapan Kebidanan Magelang Poltekkes Kemenkes Semarang, P. (2022). JURU RAWAT TEKNIK FINGER PAINTING DAN PLAYDOUGH EFECTIVE MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH Finger Painting And Playdough Techniques Effectively Improve The Fine Motor Development Of Preschool Children. 2(P), 33. https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/JUK
Wulandari, A. (2020). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Finger Painting di KB Al Jannati Gampong Jawa Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1)., 5(1), 80–89.