Main Article Content

Abstract

Kemampuan motorik halus sangat penting bagi pertumbuh perkembang anak dikarenakan mampu meningkatkan kreativitas, dan juga kesehatan anak melalui gerakan-gerakan sehingga menimbulkan kepercayaan diri untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Untuk mendorong keterampilan motorik halus anak-anak, diperlukan kegiatan baru. Salah satunya adalah finger painting dengan menggunakan tablet LCD drawing board yang belum pernah digunakan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan finger painting tablet LCD drawing board terhadap kemampuan motorik halus anak prasekolah. Dari 3 April hingga 27 Mei 2023, penelitian dilakukan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen yang dikenal dengan Pre-Experimental Design, khususnya One-Group Pretest-Posttest Design. Metode pengumpulan data menggunakan observasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa finger painting pada papan gambar LCD tablet berdampak pada kemampuan motorik halus anak di Kbit Al-Muthmainnah Kota Jambi. Dari data hasil pengujian terlihat bahwa ada pengaruh finger painting menggunakan tablet LCD drawing board terhadap keterampilan motorik halus siswa kelas KBIT Al-Muthmainnah Kota Jambi karena t hitung (11,786) > t tabel (2,101), menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Akibatnya, Ho ditolak dan Ha diterima.

Article Details

How to Cite
Sari, F. L. (2024). Pengaruh Finger Painting Menggunakan Tablet LCD Drawing Board Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun : Kemampuan motorik, finger painting, tablet lcd drawing board. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 68–75. https://doi.org/10.33369/jip.9.1.68-75

References

  1. Dedek Wahyuningtyas, Isfauzi Hadi Nugroho, & Anik Lestariningrum. (2020). Penerapan Kegiatan “Paper Quilling” Untuk Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 9–16. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol2.no01.a2511
  2. Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28. ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download
  3. K. S. W. H., . D. I. B. S. M. P. . M. F., & . L. A. T. S. P. ,M. P. (2018). Pengaruh Finger Painting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B2 Di Tk Ganesha Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 6(1), 353–362. https://doi.org/10.23887/paud.v6i1.15237
  4. Marsuki Umaemah, Eka, D., & Umi, K. (2022). Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Melalui Permainan Paper Clay Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 1–10.
  5. Novita Sari, E. (2020). Open Acces Acces. Jurnal Bagus, 02(01), 402–406.
  6. Ramdini, T. P., & Dr. Farida Mayar, M. P. (2019). Peranan Kegiatan Finger Painting Terhadap Perkembangan Seni Rupa Dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(5), 936–945.
  7. Riskayanti, S., & Suwardi, S. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Finger Painting. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 1(1), 61. https://doi.org/10.36722/jaudhi.v1i1.567
  8. Update Keperawatan, J., Itha Idhayanti, R., Tadzkiyyatus Shalihah Adz-Zahra, H., & Sarjana Terapan Kebidanan Magelang Poltekkes Kemenkes Semarang, P. (2022). JURU RAWAT TEKNIK FINGER PAINTING DAN PLAYDOUGH EFECTIVE MENINGKATKAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH Finger Painting And Playdough Techniques Effectively Improve The Fine Motor Development Of Preschool Children. 2(P), 33. https://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/JUK