Main Article Content

Abstract

Tujuan penulisan artikel yaitu untuk mengetahui pengaruh media loose parts terhadap literasi numerasi peserta didik di TK Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis quasi-eksperimental. Adapun populasi dalam penelitian ialah seluruh peserta didik di TK Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang. Sampel terdiri dari 28 orang anak yaitu 14 orang anak di kelas B4 (kelompok eksperimen) dan 14 orang anak di kelas B5 (kelompok kontrol), yang dipilih berdasarkan penggunaan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan tes untuk menilai literasi numerasi anak yaitu berhitung, simbol, relasi numerasi, operasi aritmatika. Hasil perhitungan validitas butir soal berada dalam rentang 0,63-0,73 dengan nilai reliabel sejumlah 0,69. Hasil analisis data dari penelitian ini didapatkan rata-rata pre-test (kelompok eksperimen) adalah 12,50 dan post-test sebesar 17,29. Sementara perolehan rata-rata pre-test (kelompok kontrol) adalah 12,36 dan post-test 15,57. Terdapat selisih mean pada kedua kelompok yang di uji cobakan, perolehan mean kelompok ekpserimen 4,79 sedangkan kelompok kontrol 3,21. Berdasarkan hasil akhir yang diperoleh melalui uji hipotesis diketahui perolehan signifikansi (2-tailed) adalah 0,002 < 0,05. Kesimpulannya adalah media loose parts memberikan berpengaruh terhadap literasi numerasi peserta didik di TK Pertiwi 1 Kantor Gubernur Padang.

Article Details

How to Cite
Pengaruh Media Loose parts Terhadap Literasi Numerasi Anak Di Taman Kanak-Kanak. (2023). Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 27–37. https://doi.org/10.33369/jip.9.1.27-37

References

    Aswita, Dian, Syifa Saputra, Marisa Yoestara, Sarah Fazilla, Zulfikar, Nurmawati, Z. P. (2022). Pendidikan Literasi Memenuhi kecakapan Abad 21. K-Media.
    Azizah, S. N., Munawar, M., & Ds, A. C. (2020). Analisis Metaphorming Melalui Media Loose Parts Pada Anak Usia Dini Kelompok B Paud Unggulan Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pemdidikan Anak Usia Dini, 9(1), 57–71. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5745
    Daly, L. & B. (2014). Loose Parts: Inspiring Play In young Children. Redleaf Press.
    Eliza, D. S. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part in Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Generasi Emas Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 65–75. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2022.vol5(1).9229
    Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
    Houser, N. E., Cawley, J., Kolen, A. M., Rainham, D., Rehman, L., Turner, J., Kirk, S. F. L., & Stone, M. R. (2019). A loose parts randomized controlled trial to promote active outdoor play in preschool-aged children: Physical literacy in the early years (pley) project. Methods and Protocols, 2(2), 1–14. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/mps2020027
    Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-775-
    Lukmanul hakim, Alif, D. (2023). Literasi dan Model Pembelajaran Kunci Terampil di Era Revolusi 4.0. CV. Adanu Abimata.
    Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol4no1.2019pp69-88
    Mastuinda, Zulkifli, F. (2020). Persepsi Guru Tentang Penggunaan Loose Parts Dalam Pembelajaran Di Paud Se- Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 90–96. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.868
    Muntomimah, S., & Wijayanti, R. (2021). The Importance of STEAM Loose Part Learning Effectiveness in Early Childhood Cognitive Learning. Proceedings of the 2nd Annual Conference on Social Science and Humanities (ANCOSH 2020), 542(Ancosh 2020), 47–52. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210413.012
    Nurcahyono, N. A. (2023). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi Melalui Model Pembelajaran. JIPM : Jurnal Ilmu Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 19–29. https://doi.org/https://doi.org/10.33830/hexagon.v1i1.4924
    Nurfadilah, D. (2020). Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase Dengan Bahan Loose Part Pada Anak Usia 4-6 Tahun di Bangkinang Kota. Journal On Teacher Education Research & Learning in Faculty of Education, 2, 224–230. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1193
    Purpura, D. J. (2012). Informal number-related mathematics skills: An examination of the structure of and relations between these skills in preschool. Dissertation Abstracts International: Section B: The Sciences and Engineering, 72(9-B), 5556. https://doi.org/https://doi.org/10.3102/0002831212465332
    Retnowati. (2021). Peningkatan Kemampuan Kreatifitas Anak Mengaplikasikan Alat Peraga Edukatif Menggunakan Metode Loose Parts. Ejournal.Unma.Ac.Id, 7(2), 465–470. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1095
    Revenia, I,. Eliza, D. (2022). Pengaruh Media Loose Parts Play terhadap kemempuan Berbicara melalui Metodee Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Basicedu, 6, 7029–7038. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3036
    Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3645
    Siskawati, & Herawati. (2021). Efektivitas Media Loose Parts di PAUD Kelompok A Pada Masa Belajar Dari Rumah. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 15(1), 41–47. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i2.4629
    Sofiati, N., & Komalasari, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Bermain Media Flanel Angka Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5(1), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/13770
    Sudarti. (2018). Penerapan pemberalajarn literasi numerasi pada anak usia dini. Pembelajaran Kolaboratif Matematika Berbasis Lesson Study Di SMP, Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, 130–139.
    Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
    Utami, C. P., & Eliza, D. (2022). Pengaruh Loose Parts Play Terhadap Pengenalan Konsep Angka Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Mutiara Ceria Pasaman Barat. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 4(2), 183–191. https://doi.org/https://doi.org/10.15642/jeced.v4i2.2244
    Yulianti, E., Jaya, I., & Eliza, D. (2019). Pengaruh Role Playing terhadap Pengenalan Literasi Numerasi di Taman Kanak-kanak Twin Course Pasaman Barat. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 41–50. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.33