Isi Artikel Utama
Abstrak
Perkembangan bahasa sangat penting bagi anak usia dini karena melalui bahasa anak dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang-orang di lingkungan sekitarnya. Salah satu kemampuan dari perkembangan bahasa yaitu kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan media untuk kegiatan membaca permulaan dengan menggunakan media digital yang berupa flash card sebagai bentuk stimulasi kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Jenis penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Metode yang digunakan untuk
mengumpulkan data yaitu observasi dan instrumen. Data penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan dari ahli materi bahwa nilai yang didapatkan yaitu sebesar 84% dan ahli media 86%. Berdasarkan hal tersebut, media digital yang berupa kartu kata yang layak untuk diujicobakan dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini. Implikasi penelitian ini flash card digital dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Rahmah Novianti, Niken Pratiwi

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Antariani, dkk (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467–475. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594
- Astuti, dkk. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4 (1), 73-81. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11958
- Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29-37. DOI:https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682
- Azizah, W., Bachtiar, M. Y., & Musi, M. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb Gembira Ria Bonto-Bonto. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Jkip), 1(3), 142–150. Https://Doi.Org/10.61116/Jkip.V1i3.157
- Dick, Walter et.al. 2005. The Systematic Design of Instruction. USA : Pearson.
- Fauziah, Muhardila; dkk. (2021). Efektifitas Pengajaran Daring Menggunakan Media Digital Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 5(2), 238-248. DOI : http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v5i2.340
- Fitri, Norma Diana; Syafiqoh, Nur. 2020. Pengembangan Media Buku Digital Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8 (2), 471 – 485. DOI : https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.850
- Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270–276. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417.
- Hajar, S. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan
- Kemampuan Membaca Permulaan pada TK PGRI Jatisela. Jurnal Penelitian
- dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(2), 91-97. http://dx.doi.org/10.36312/e-saintika.v2i2.74
- Hardianti, F., Rachman, S. A., & Muzdalifah, F. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tk Kelompok B. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(1), 93–96. https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.177
- Kurniasih, Eem. (2019). Media Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif 9(2), 87- 91. https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i2.25401
- Nsimbi, dkk (2020) Using a phone-based learning tool as an instructional resource for initial literacy learning in rural African families. South African Journal of Childhood Education, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.4102/sajce.v10i1.620.
- Putra, I. N. A., Jampel, I. N., & Sudhata, I. G. W. (2018). Pengembangan Multimedia Flashcard
- untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak di Tk Negeri Pembina Singaraja. Jurnal
- Edutech Undiksha, 6 (1), 30–39. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20260
- Rahayu, Fitriyana Rika Widhi., & Wardhani, Junita Dwi. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Bergambar. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 688-698. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.375
- Ramadhanti, Erfiani & Arifin, Zuhairansyah. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2). 173-187. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12245
- Resnick, Lauren B dan Phyllis A. Weaver. Theory and Practice of Early Reading. Volume 3. British: Routledge, 1979.4(2), 151-160. doi:https://doi.org/10.33369/jip.4.2.151-160.
- Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100–106. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383
- Sari, dkk (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Bermain Flash Card Subaca. Jurnal : Al-athfaal : Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1-19. DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v1i2.3741
- Sari, Nofita Retno dan Widyasari, Choiriyah. (2022). Metode Glenn Doman untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6(6), 6045-6056. DOI: 10.31004/obsesi.v6i6.3352
- Sartika, Eka. (2021). Pemanfaatan Media Digital Pada Pembelajaran
- Di Masa Pandemi. Jurnal Bahasa, Sastra dan Seni 11(2), 173-182. https://doi.org/10.37905/jbsb.v11i2.14038
- Sofiana, Lia; dkk. (2022). Pengaruh Game Edukatif Mengenal Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Golden Age, 6(1), 112-127. DOI : //doi.org/ 10.29408/goldenage.v6i01.4353.
- Yasir, Choiruddin., Rasmani, Upik Elok Endang., & Dewi, Nurul Kusuma. (2021). Profil Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Gugus Melati Jateng. Jurnal Kumara Cendekia 9(2), 124-131. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49294
- Yunaili, H., & Riyanto, R. (2021). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dan Daya Ingat Anak. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 221–233. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i2.18282
- Yunita, Nurmi., Kurnia, Rita., & Chairilsyah, Daviq (2020). Pengaruh Media Typewriter Alphabet Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini, 3(1), 45-52. DOI:10.31004/aulad.v3i1.51
- Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Routledge.
- Permendikbud No 137 Tahun 2014
Referensi
Antariani, dkk (2021). Big book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 467–475. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.40594
Astuti, dkk. (2021). Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4 (1), 73-81. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11958
Asmonah, S. (2019). Meningkatkan kemampuan membaca permulaan menggunakan model direct instruction berbantuan media kartu kata bergambar. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 29-37. DOI:https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26682
Azizah, W., Bachtiar, M. Y., & Musi, M. A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Kb Gembira Ria Bonto-Bonto. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Jkip), 1(3), 142–150. Https://Doi.Org/10.61116/Jkip.V1i3.157
Dick, Walter et.al. 2005. The Systematic Design of Instruction. USA : Pearson.
Fauziah, Muhardila; dkk. (2021). Efektifitas Pengajaran Daring Menggunakan Media Digital Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 5(2), 238-248. DOI : http://dx.doi.org/10.32934/jmie.v5i2.340
Fitri, Norma Diana; Syafiqoh, Nur. 2020. Pengembangan Media Buku Digital Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8 (2), 471 – 485. DOI : https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.850
Gading, I. K., Magta, M., & Pebrianti, F. (2019). Pengaruh Metode Suku Kata Dengan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Mimbar Ilmu, 24(3), 270–276. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417.
Hajar, S. (2019). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Permulaan pada TK PGRI Jatisela. Jurnal Penelitian
dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 2(2), 91-97. http://dx.doi.org/10.36312/e-saintika.v2i2.74
Hardianti, F., Rachman, S. A., & Muzdalifah, F. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Tk Kelompok B. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(1), 93–96. https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.177
Kurniasih, Eem. (2019). Media Digital Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kreatif 9(2), 87- 91. https://doi.org/10.15294/kreatif.v9i2.25401
Nsimbi, dkk (2020) Using a phone-based learning tool as an instructional resource for initial literacy learning in rural African families. South African Journal of Childhood Education, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.4102/sajce.v10i1.620.
Putra, I. N. A., Jampel, I. N., & Sudhata, I. G. W. (2018). Pengembangan Multimedia Flashcard
untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak di Tk Negeri Pembina Singaraja. Jurnal
Edutech Undiksha, 6 (1), 30–39. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20260
Rahayu, Fitriyana Rika Widhi., & Wardhani, Junita Dwi. (2023). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak dengan Menggunakan Media Kartu Suku Kata Bergambar. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 688-698. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.375
Ramadhanti, Erfiani & Arifin, Zuhairansyah. (2021). Strategi Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Kartu Bergambar bagi Anak Usia Dini dalam Bingkai Islam dan Perspektif Pakar Pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2). 173-187. DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12245
Resnick, Lauren B dan Phyllis A. Weaver. Theory and Practice of Early Reading. Volume 3. British: Routledge, 1979.4(2), 151-160. doi:https://doi.org/10.33369/jip.4.2.151-160.
Salawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal of Elementary Education, 4(1), 100–106. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383
Sari, dkk (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Metode Bermain Flash Card Subaca. Jurnal : Al-athfaal : Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 1-19. DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ajipaud.v1i2.3741
Sari, Nofita Retno dan Widyasari, Choiriyah. (2022). Metode Glenn Doman untuk Menumbuhkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 6(6), 6045-6056. DOI: 10.31004/obsesi.v6i6.3352
Sartika, Eka. (2021). Pemanfaatan Media Digital Pada Pembelajaran
Di Masa Pandemi. Jurnal Bahasa, Sastra dan Seni 11(2), 173-182. https://doi.org/10.37905/jbsb.v11i2.14038
Sofiana, Lia; dkk. (2022). Pengaruh Game Edukatif Mengenal Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Golden Age, 6(1), 112-127. DOI : //doi.org/ 10.29408/goldenage.v6i01.4353.
Yasir, Choiruddin., Rasmani, Upik Elok Endang., & Dewi, Nurul Kusuma. (2021). Profil Perkembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Di Gugus Melati Jateng. Jurnal Kumara Cendekia 9(2), 124-131. https://doi.org/10.20961/kc.v9i2.49294
Yunaili, H., & Riyanto, R. (2021). Penerapan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Dan Daya Ingat Anak. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 221–233. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i2.18282
Yunita, Nurmi., Kurnia, Rita., & Chairilsyah, Daviq (2020). Pengaruh Media Typewriter Alphabet Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Usia Dini, 3(1), 45-52. DOI:10.31004/aulad.v3i1.51
Tessmer, Martin. 1993. Planning and Conducting Formative Evaluations. London: Routledge.
Permendikbud No 137 Tahun 2014