Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Big Book yang bersifat kontekstual dan dapat digunakan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di PAUD. Profil Pelajar Pancasila menjadi suatu hal yang sangat penting karena dapat menjadi penentu arah dalam mewujudkan pelajar yang memiliki karakter yang sesuai dengan budaya bangsa Indonesia dan juga sebagai penanda tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media pembelajaran, 1 orang praktisi PAUD serta 15 orang anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket atau kuesioner. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Big Book “Aku Pelajar Pancasila” dinyatakan valid dan masuk kategori sangat baik. Adapun skor yang diperoleh dari hasil validitas oleh ahli materi sebesar 90,5 %, ahli media 87,5%, praktisi PAUD sebesar 92% serta hasil observasi penilaian anak sebesar 78%. Dengan demikian, media Big Book “Aku Pelajar Pancasila” layak untuk diterapkan dalam pembelajaran di PAUD dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Dengan semakin bervariasinya media yang bermuatan nilai Profil Pelajar Pancasila maka akan semakin menunjang tercapainya cita-cita pendidikan di Indonesia.

Keywords

Profil Pelajar Pancasila Big book Anak Usia Dini

Article Details

How to Cite
I Gusti Lanang Agung, W. (2024). Pengembangan Media Big Book Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Di PAUD. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 130–138. https://doi.org/10.33369/jip.9.1.130-138

References

  1. Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33
  2. Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
  3. Dewi, E. S., & Yanti, Y. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Siklus Hidup Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 1(2), 114–122. https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.886
  4. Dyah M, S., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Guru Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan PerbukuanKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
  5. Glynn, S. M., & Winter, L. K. (2004). Contextual Teaching and Learning of science in elementary schools. Journal of Elementary Science Education, 16(2), 51–63. https://doi.org/10.1007/bf03173645
  6. Hayati, Z., Juwita, R. P., & Asmah, U. (2022). Pengembangan Media Big Book Prayer untuk Mengoptimalkan Religious Moral Activities Anak 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6621–6640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328
  7. Hoorn, J. Van, Nourot, P. M., Scales, B., & Alward, K. R. (2014). Play at the Center of the Curriculum (J. W. Johnston, J. Peters, & A. Hall, Eds.; Sixth). Pearson.
  8. Indrasari, A., Novita, D., & Megawati, F. (2018). Big Book: Attractive Media for Teaching Vocabulary to Lower Class of Young Learners. JEES (Journal of English Educators Society), 3(2), 141–154. https://doi.org/10.21070/jees.v3i2.1572
  9. Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2021). Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991–1999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881
  10. Nurani, R. Z., & Mahendra, H. H. (2019). Use of Big Book Learning Media to Improve Students’ Beginning Reading Skills in Primary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3), 330–340. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.22893
  11. Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2011). Menyelami Perkembangan Manusia (12th ed.). Salemba Humanika.
  12. Pribadi, S. I., Suarjana, I. M., & Ujianti, P. R. (2021). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Pemahaman Seksual Anak Usia Dini (AUD). Mimbar Pendidikan Indonesia, 2 (1), 44–51. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33134
  13. Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273
  14. Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418
  15. Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Membantuk Karakter Masyarakat Global. Journal Visipena, 14(1), 14–28.
  16. Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 49–60.
  17. Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
  18. Sitepu, J. M., Nasution, M., & Masitah, W. (2021). The Development of Islamic Big Book Learning Media For Early Children’s Languages. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 735–743. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1691
  19. Tegeh, M., Jampel, N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
  20. Tse, L., & Nicholson, T. (2014). The Effect of Phonics-Enhanced Big Book Reading On The Language and Literacy Skills of Six-Year-Old Pupils of Different Reading Ability Attending Lower SES Schools. Frontiers in Psychology, 5(OCT). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.01222
  21. Yafie, E., Olufunke, O.-F. T., Ali, M., Robbaniyah, I., Maulidia, L. N., & Setyaningsih, D. (2021). The Combination of Imaginative Teaching Methods and Multimedia Learning in Early Childhood Education during COVID Pandemic: Social-Emotional and Language Development. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2021.71-01