Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Big Book yang bersifat kontekstual dan dapat digunakan dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila di PAUD. Profil Pelajar Pancasila menjadi suatu hal yang sangat penting karena dapat menjadi penentu arah dalam mewujudkan pelajar yang memiliki karakter yang sesuai dengan budaya bangsa Indonesia dan juga sebagai penanda tercapainya tujuan pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek dalam penelitian ini menggunakan 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media pembelajaran, 1 orang praktisi PAUD serta 15 orang anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket atau kuesioner. Data yang dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Big Book “Aku Pelajar Pancasila” dinyatakan valid dan masuk kategori sangat baik. Adapun skor yang diperoleh dari hasil validitas oleh ahli materi sebesar 90,5 %, ahli media 87,5%, praktisi PAUD sebesar 92% serta hasil observasi penilaian anak sebesar 78%. Dengan demikian, media Big Book “Aku Pelajar Pancasila” layak untuk diterapkan dalam pembelajaran di PAUD dalam upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Dengan semakin bervariasinya media yang bermuatan nilai Profil Pelajar Pancasila maka akan semakin menunjang tercapainya cita-cita pendidikan di Indonesia.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Wiranata I Gusti Lanang Agung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33
- Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
- Dewi, E. S., & Yanti, Y. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Siklus Hidup Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 1(2), 114–122. https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.886
- Dyah M, S., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Guru Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan PerbukuanKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- Glynn, S. M., & Winter, L. K. (2004). Contextual Teaching and Learning of science in elementary schools. Journal of Elementary Science Education, 16(2), 51–63. https://doi.org/10.1007/bf03173645
- Hayati, Z., Juwita, R. P., & Asmah, U. (2022). Pengembangan Media Big Book Prayer untuk Mengoptimalkan Religious Moral Activities Anak 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6621–6640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328
- Hoorn, J. Van, Nourot, P. M., Scales, B., & Alward, K. R. (2014). Play at the Center of the Curriculum (J. W. Johnston, J. Peters, & A. Hall, Eds.; Sixth). Pearson.
- Indrasari, A., Novita, D., & Megawati, F. (2018). Big Book: Attractive Media for Teaching Vocabulary to Lower Class of Young Learners. JEES (Journal of English Educators Society), 3(2), 141–154. https://doi.org/10.21070/jees.v3i2.1572
- Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2021). Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991–1999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881
- Nurani, R. Z., & Mahendra, H. H. (2019). Use of Big Book Learning Media to Improve Students’ Beginning Reading Skills in Primary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3), 330–340. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.22893
- Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2011). Menyelami Perkembangan Manusia (12th ed.). Salemba Humanika.
- Pribadi, S. I., Suarjana, I. M., & Ujianti, P. R. (2021). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Pemahaman Seksual Anak Usia Dini (AUD). Mimbar Pendidikan Indonesia, 2 (1), 44–51. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33134
- Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273
- Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418
- Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Membantuk Karakter Masyarakat Global. Journal Visipena, 14(1), 14–28.
- Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 49–60.
- Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
- Sitepu, J. M., Nasution, M., & Masitah, W. (2021). The Development of Islamic Big Book Learning Media For Early Children’s Languages. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 735–743. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1691
- Tegeh, M., Jampel, N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
- Tse, L., & Nicholson, T. (2014). The Effect of Phonics-Enhanced Big Book Reading On The Language and Literacy Skills of Six-Year-Old Pupils of Different Reading Ability Attending Lower SES Schools. Frontiers in Psychology, 5(OCT). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.01222
- Yafie, E., Olufunke, O.-F. T., Ali, M., Robbaniyah, I., Maulidia, L. N., & Setyaningsih, D. (2021). The Combination of Imaginative Teaching Methods and Multimedia Learning in Early Childhood Education during COVID Pandemic: Social-Emotional and Language Development. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2021.71-01
References
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.33
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.
Dewi, E. S., & Yanti, Y. E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book Siklus Hidup Hewan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas Iv. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 1(2), 114–122. https://doi.org/10.33379/primed.v1i2.886
Dyah M, S., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Guru Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan PerbukuanKementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Glynn, S. M., & Winter, L. K. (2004). Contextual Teaching and Learning of science in elementary schools. Journal of Elementary Science Education, 16(2), 51–63. https://doi.org/10.1007/bf03173645
Hayati, Z., Juwita, R. P., & Asmah, U. (2022). Pengembangan Media Big Book Prayer untuk Mengoptimalkan Religious Moral Activities Anak 4-5 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6621–6640. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2328
Hoorn, J. Van, Nourot, P. M., Scales, B., & Alward, K. R. (2014). Play at the Center of the Curriculum (J. W. Johnston, J. Peters, & A. Hall, Eds.; Sixth). Pearson.
Indrasari, A., Novita, D., & Megawati, F. (2018). Big Book: Attractive Media for Teaching Vocabulary to Lower Class of Young Learners. JEES (Journal of English Educators Society), 3(2), 141–154. https://doi.org/10.21070/jees.v3i2.1572
Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2021). Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1991–1999. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881
Nurani, R. Z., & Mahendra, H. H. (2019). Use of Big Book Learning Media to Improve Students’ Beginning Reading Skills in Primary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 6(3), 330–340. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v6i3.22893
Papalia, D. E., & Feldman, R. D. (2011). Menyelami Perkembangan Manusia (12th ed.). Salemba Humanika.
Pribadi, S. I., Suarjana, I. M., & Ujianti, P. R. (2021). Pengembangan Media Big Book untuk Meningkatkan Pemahaman Seksual Anak Usia Dini (AUD). Mimbar Pendidikan Indonesia, 2 (1), 44–51. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33134
Purnamasari, Y. M., & Wuryandani, W. (2019). Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 90. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.273
Putri, D. K., Handayani, M., & Akbar, Z. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418
Rahayu, D. N. O., Sundawa, D., & Wiyanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Membantuk Karakter Masyarakat Global. Journal Visipena, 14(1), 14–28.
Ramadhan, N., & Khairunnisa. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 49–60.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Sitepu, J. M., Nasution, M., & Masitah, W. (2021). The Development of Islamic Big Book Learning Media For Early Children’s Languages. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 735–743. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i3.1691
Tegeh, M., Jampel, N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.
Tse, L., & Nicholson, T. (2014). The Effect of Phonics-Enhanced Big Book Reading On The Language and Literacy Skills of Six-Year-Old Pupils of Different Reading Ability Attending Lower SES Schools. Frontiers in Psychology, 5(OCT). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2014.01222
Yafie, E., Olufunke, O.-F. T., Ali, M., Robbaniyah, I., Maulidia, L. N., & Setyaningsih, D. (2021). The Combination of Imaginative Teaching Methods and Multimedia Learning in Early Childhood Education during COVID Pandemic: Social-Emotional and Language Development. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2021.71-01