Main Article Content

Abstract

Perkembangan sosial emosional merupakan proses dimana anak belajar untuk berperilaku yang berhubungan dengan individu untuk hidup dan berinteraksi atau melakukan kegiatan sosial dengan individu lain dalam kehidupan sehari hari. Anak usia 4-5 tahun di TK TA Pendem 01 memiliki kemampuan dalam sosial emosional yang masih kurang optimal. Hal ini disebabkan karena persiapan media pembelajaran oleh guru yang dilakukan ketika proses belajar mengajar, motivasi anak masih kurang dari lingkungan juga dapat mempengaruhi proses belajar anak karena orang terdekat dapat menghambat perkembangan sosial emosional anak. penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui perkembangan sosial emosional yang terjadi pada anak usia 4-5 tahun melalui permainan busy book.  Pendekeatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan terkait implementasi APE busy book sebagai peninjau dari capaian perkembangan anak usia 4–5 tahun di lembaga TK TA Pendem 01. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menjelaskan bahwa dengan menggunakan media busy book anak sudah mencapai indikator yang diteliti oleh peneliti yaitu anak mampu berantusias dalam mengikuti rangkaian permainan yang ada di busy book, menaati peraturan yang berlaku dalam permainan, percaya diri untuk menjawab pertanyaan yang dikasih pendidik dan mampu berinteraksi dengan sesama teman. Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa media busy book efektif diterapkan dalam pembelajaran untuk lembaga PAUD.

Keywords

Kata Kunci: Busy book, percaya diri, sosial emosional. Busy book percaya diri sosial emosional.

Article Details

How to Cite
Ayatina, N., & Zulfahmi, M. N. (2024). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Ditinjau Dari Penerapan Ape Busybook . Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 38–47. https://doi.org/10.33369/jip.9.1.38-47

References

  1. Abrahams, L., Pancorbo, G., Primi, R., Santos, D., Kyllonen, P., John, O. P., & De Fruyt, F. (2019). Social-Emotional Skill Assessment in Children and Adolescents: Advances and Challenges in Personality, Clinical, and Educational Contexts. Psychological Assessment, 31(4), 460–473. https://doi.org/10.1037/pas0000591
  2. Adhi Kusumastuti, & Ahmad Mustamil Khoirun. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (S. E. & S. S. IP. ,SS Annisa Fitratun, Ed.). Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
  3. Ajeng Rizki Safira. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini (Caremedia, Ed.; Pertama). Caremedia Communication.
  4. Arianingsih. (2021). Busy Book Media Belajar yang Menarik dan Edukatif untu Anak Usia Dini. Jurnal Penelitian Humaniora, 26(1), 38–45.
  5. Dyah, A. T., & Hidayati, Y. M. (2023). Need Analysis of Busybook Development on Social Studies Material for Elementary School (pp. 12–20). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-086-2_3
  6. Handalani, L., Madyawati, L., & Laely, D. K. (n.d.). PENINGKATAN PENGUNGKAPAN BAHASA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BUSY BOOK di TK MARDISIWI KALIBOTO.
  7. Hayati, M., Diah, M., Lestari, W., & Rahayuni, C. (2019). Islamic Early Childhood Education Association of Indonesian Islamic Kindergarten Teachers Education Study Program Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak se-Ciputat. 4(2), 2019.
  8. Jenab, S., Surana, D., & Inten, D. N. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Busy Book dalam Meningkatkan Life Skill pada Anak Usia 3-4 Tahun di Playgroup X. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 1(1), 38–44. https://doi.org/10.29313/jrpgp.v1i1.155
  9. Julia Maria Van Tiel. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Gifted (Y. Rendy & Irfan Fahmi, Eds.; Pertama). PRENADA.
  10. Kediklatan, J., Diklat, B., Jakarta, K., & Fuadia, N. N. (n.d.). Wawasan: PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI ANAK USIA DINI.
  11. Nuraeni, N. (2020). Pendidikan Karkater pada Anak Usia Dini. Jurnal Paedagogy, 3(2), 65-73., 3(2), 65–73.
  12. Pendidikan dan Pengasuhan Anak, J. (2022). Volume 3 Nomor 1 (2022) Pages 102-111 Efektivitas Penggunaan Media Busy Book Flanel Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun KB Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Cirebon.
  13. POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI KONSTANTINUS DUA DHIU 1 , YASINTA MARIA FONO 2 Program Studi PGPAUD STKIP Citra Bakti. (n.d.).
  14. Prof. Dr. Endang Widi Winarni, M. Pd. (2018). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, Research and development (Ayu Kusumaningtyas Retno, Ed.; Pertama). Bumi Aksara.
  15. Rakhmawati, R. (2022). Alat Permainan Edukatif (APE) untuk Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 381–387. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.293
  16. Riawati, E., & Imron Rosyadi, K. (2022). Penerapan Pembelajaran Science Technology Engineering and Mathematics (STEM) dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Anak Usia Dini. In JOURNAL OF EDUCATIONAL RESEARCH (JER) (Vol. 2). https://journal.centrism.or.id/index.php/jer
  17. Saleha, N., Delfina, R., & Yustisia, N. (2021). COMPARISON OF LADDER SNAKE AND BUSY BOOK ANDARA ON KNOWLEDGE OF PERSONAL SAFETY SKILLS AGAINST CHILD SEXUAL ABUSE AMONG PRESCHOOL CHILDREN: A QUASI EXPERIMENTAL STUDY. Malaysian Journal of Nursing, 12(4), 96–103. https://doi.org/10.31674/mjn.2021.v12i04.013
  18. Septy Nurfadhillah. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. (Awahita resa, Ed.; Pertama). CV Jejak, anggota IKAPI.
  19. Suwatra, W., Magta, M., Labore, C., & Christiani, A. (2019). PENGARUH MEDIA BUSY BOOK TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK. Jurnal Mimbar Ilmu, 24(2).
  20. Ulfah, A. A., & Rahmah, E. (n.d.). PEMBUATAN DAN PEMANFAATAN BUSY BOOK DALAM MEMPERCEPAT KEMAMPUAN MEMBACA UNTUK ANAK USIA DINI DI PAUD BUDI LUHUR PADANG. https://kreasiumy.wordpress.com,