Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak: Tujuan penelitian ini bagaimana impelementasi mendongeng dalam meningkatkan kemampuan Bahasa anak usia dini di SPS Flamboyan 54. Mendongeng merupakan sebuah seni tentang cerita dari suatu peristiwa dan disampaikan secara lisan. Kegiatan mendongeng yang melibatkan pendengaran dan pengamatan oleh anak-anak akan menumbuhkan dari segi Bahasa anak itu sendiri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi dari pelaksanaan kegiatan mendongeng. Mendongeng dapat meningkatkan kemampuan Bahasa anak yakni pada aspek menceritakan kembali isi cerita secara sederhana, menjawab pertanyaan tentang dongeng dengan baik, dan melanjutkan isi cerita dongeng. Peningkatan terjadi pada siklus I ke siklus I pada masing-masing aspek penilaian. Aspek menceritakan kembali isi cerita secara sederhana mengalami peningkatan yakni pada siklus I sebesar 50% atau 7 anak menjadi 85,8% atau 12 anak yang memenuhi indicator keberhasilan. Pada aspek menjawab pertanyaan tentang dongeng dengan baik juga mengalami peningkatan, yakni pada siklus I sebesar 50% atau 7 anak menjadi 85,8% atau 12 anak yang memenuhi indicator keberhasilan. Pada aspek melanjutkan isi cerita dongeng juga mengalami peningkatan yakni pada siklus I sebesar 71,4% atau 10 anak menjadi 92,9% atau 13 anak yang memenuhi indicator keberhasilan. Dengan hasil ini karena pada siklus II telah memenuhi indicator keberhasilan, maka penelitian telah selesai.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Pascalian Hadi Pradana, Fadil Djamali, Ainun Nasyiyatul Khoiriyah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23.
- Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. 2019. Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377.
- Dewi, K. Y. O., Suwatra, I. W., & Magta, M. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Di Tk Waringin Sari. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3).
- Fadhli, M. (2018). Dongeng untuk Anak Usia Dini: Menginspirasi Tanpa Menggurui. Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini 2015 | PPS PAUD UNESA, February.
- Fauziddin, M & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2 Issue 2 (2018) Pages 162-169. DOI: 10.31004/obsesi.v2i2.76
- Fransisca, R., & Dkk. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak Dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630–638. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405
- Hanafi. (2017). Pembentukan Karakter Anak Melalui Dongeng. In Jurnal Pendidikan Karakter "JAWARA" (JPKJ) (Vol. 3, Issue 2, pp. 117-128).
- Indriastuti, F. (2017). Kontribusi Pemanfaatan Media Audio Aksi Terhadap Pengembangan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kwangsan, 5(1). https://doi.org/10.31800/jtpk.v5n1.p51-63.
- Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan Model Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 361–370. https://doi.org/10.21009/jpud.122.17.
- Khotijah. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Elementary, 2(2). Retrieved from. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/strategi-pengembahanbahasa-anak-usia-dini
- Kurniawati, D. (2019). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Flash Card. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 59. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40.
- Lestari, Y. A. (2022). Nilai Keberanian Anak Usia Dini Dalam Buku Tori Si Pemberani Karya Kim Sokna. ARZUSIN Jurnal Manajemen dan Pendidikan Dasar. Volume 2, Nomor 6, Desember 2022;e-ISSN : 2808-1854, 504-519, https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/arzusin.
- Oktarina, A., Angraini, W., & Susilawati, B. (2020). Penggunaan Media Kolase Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. 3(2), 186–198. doi: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7408.
- Sa’ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937.
- Sari, B. F., Sari., S. E., Chedeng, S., Wahyuni, I.W. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Media Kartu Gambar di PAUD Ar-Rahma. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2). 121-131.
- Sayy, I. (2016). Mari Dongeng interaktif. Yogyakarta: Zora Book.
- Sugiyanti, S. (2021). Perkembangan Bahasa Fonetik dan Sintaksis Anak Usia Dini (Usia 3-4 Tahun). Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 124-130.
- Sukawati, E. (2015). Peningkatan Keberanian Berbicara Dan Kemampuan Membaca Grafik Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing. Kajian Linguistik Dan Sastra, 27(2), 96–107. https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4478.
- Sumantri, S., dkk. (2019). “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang.” J. Obsesi: Jurnal Pendidik Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 1, Hal. 211.
- Suryana, D. (2013). Pengetahuan Tentang Strategi Pembelajaran, Sikap, Dan Motivasi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 196–201. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/4212.
- Trenggonowati, D. L. & Kulsum. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess Vol. 4 No. 1 Oktober 2018.
- Uce, Loeziana. (2017). The Golden Age:Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Jurnal Ar-Raniry, halaman 80.
Referensi
Aisyah, A. (2017). Permainan Warna Berpengaruh Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 118. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i2.23.
Anggraini, V., Yulsyofriend, Y., & Yeni, I. 2019. Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 73. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377.
Dewi, K. Y. O., Suwatra, I. W., & Magta, M. (2016). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Boneka Jari Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Di Tk Waringin Sari. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 4(3).
Fadhli, M. (2018). Dongeng untuk Anak Usia Dini: Menginspirasi Tanpa Menggurui. Seminar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini 2015 | PPS PAUD UNESA, February.
Fauziddin, M & Mufarizuddin. (2018). Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Volume 2 Issue 2 (2018) Pages 162-169. DOI: 10.31004/obsesi.v2i2.76
Fransisca, R., & Dkk. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak Dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630–638. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405
Hanafi. (2017). Pembentukan Karakter Anak Melalui Dongeng. In Jurnal Pendidikan Karakter "JAWARA" (JPKJ) (Vol. 3, Issue 2, pp. 117-128).
Indriastuti, F. (2017). Kontribusi Pemanfaatan Media Audio Aksi Terhadap Pengembangan Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kwangsan, 5(1). https://doi.org/10.31800/jtpk.v5n1.p51-63.
Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pengembangan Model Penilaian Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 361–370. https://doi.org/10.21009/jpud.122.17.
Khotijah. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Elementary, 2(2). Retrieved from. https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/strategi-pengembahanbahasa-anak-usia-dini
Kurniawati, D. (2019). Keefektifan Pengajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Flash Card. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 59. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v2i2.40.
Lestari, Y. A. (2022). Nilai Keberanian Anak Usia Dini Dalam Buku Tori Si Pemberani Karya Kim Sokna. ARZUSIN Jurnal Manajemen dan Pendidikan Dasar. Volume 2, Nomor 6, Desember 2022;e-ISSN : 2808-1854, 504-519, https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/arzusin.
Oktarina, A., Angraini, W., & Susilawati, B. (2020). Penggunaan Media Kolase Dalam Mengembangkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. 3(2), 186–198. doi: https://doi.org/10.24042/ajipaud.v3i2.7408.
Sa’ida, N. (2018). Bahasa Sebagai Salah Satu Sistem Kognitif Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i2.1937.
Sari, B. F., Sari., S. E., Chedeng, S., Wahyuni, I.W. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Media Kartu Gambar di PAUD Ar-Rahma. Generasi Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2). 121-131.
Sayy, I. (2016). Mari Dongeng interaktif. Yogyakarta: Zora Book.
Sugiyanti, S. (2021). Perkembangan Bahasa Fonetik dan Sintaksis Anak Usia Dini (Usia 3-4 Tahun). Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 124-130.
Sukawati, E. (2015). Peningkatan Keberanian Berbicara Dan Kemampuan Membaca Grafik Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing. Kajian Linguistik Dan Sastra, 27(2), 96–107. https://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/4478.
Sumantri, S., dkk. (2019). “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Mencetak dengan Pelepah Pisang.” J. Obsesi: Jurnal Pendidik Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 1, Hal. 211.
Suryana, D. (2013). Pengetahuan Tentang Strategi Pembelajaran, Sikap, Dan Motivasi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 196–201. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/4212.
Trenggonowati, D. L. & Kulsum. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess Vol. 4 No. 1 Oktober 2018.
Uce, Loeziana. (2017). The Golden Age:Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Jurnal Ar-Raniry, halaman 80.