Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencermati upaya menumbuhkan jiwa nasionalisme anak usia dini melalui kegiatan bermain dengan menggunakan media Lapbook. Penelitian dilakukan di homeschooling Adiba Palembang, selama kurun waktu 3 bulan, yakni bulan September-Desember 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskritif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui tiga model, yakni wawancara, observasi dan dokumentasi. Berikutnya agar data yang diperoleh memiliki keabsahan dan memiliki derajad kepercayaan, maka peneliti menggunakan dua teknik, yakni ketekunan pengamatan dan trianggulasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Miles and Huberman yang terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan bermain menggunakan media Lapbook dapat dijadikan sebagai sarana untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme anak usia dini. Hal tersebut diantaranya tercermin dari sikap kemandirian, toleransi, saling menghargai, budaya antri, serta perasaan menjadi bagian dari sejarah ke-Indonesiaan

Keywords

jiwa nasionalisme anak usia dini media lapbook spirit of nationalism early chilhood

Article Details

How to Cite
Handayani, D. H., & Suryani, L. (2024). Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Dengan Media Lapbook. Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 89–98. https://doi.org/10.33369/jip.9.1.89-98

References

  1. Affan, M. Husin. 2016. Membangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia Dalam Menangkal Budaya Asing Di Era Globalisasi. Jurnal Pesona Dasar. Vol. 3(4),
  2. Affan, M. Husin dan Hafidh Maksum, 2016. Nasionalisme Negara-Bangsa dan Integrasi Nasional Indonesia: Masih Perlukah , Jurnal Pesona Dasar, Vol 3, No 4
  3. Anwar,Chairul. 2014. Internalisasi Semangat Nasionalisme Melalui Pendekatan Habituasi (Perspektif Filsafat Pendidikan). Jurnal Studi Keislaman. Vol. 14(1),
  4. Aziz, Abdul. 2017. Implementasi Inovasi Pada Model-Model Pendidikan Anak Usia Dini Di Taman Pengasuhan Anak (TPA) Serama Kementrian Kesehatan RI. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 11(2)
  5. Basri, H. (2014). UsingQualitativeResearch in AccountingandManagementStudies Not a New agenda. Journalof US-China publicAdministration, Oktober 2014, Vol. 11, No. 10, 831-838. DOI: 10.17265/1548-6591/2014.10.003
  6. Breully, J. 1993. Nationalism and The State. The University of Chicago Press
  7. Gellner, E. 1983. Nation and Nationalism. Oxford: Blackwell
  8. Hobsbawm, E.J. 1990. Nations and Nationalism Since 1780: Programe, Myth, Reality. Cambridge University Press.
  9. Hatauruk, Marulam, 2006. Gelora Nasionalisme Indonesia. Jakarta : Erlangga
  10. Jogen Boro et al. IOSR. 2015. Journal of Humanities and Social Science (IOSR JHSS) Volume 20 Issue 3 Ver. V1, March 2015: 87-91Moller, Stephanie, Arthur S. Alderson, and Francois Nielsen. 2009. "Changing Patterns of Income Inequality in U.S. Counties, 1970-2000." American Journal of Sociology 114(4):1037-1101.
  11. Martinah, S.M. (1990). Konsep dan Alat Ukutr Berbangsa dan Bernegara. Laporan Penelitian, Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gajah Mada
  12. Miles, M., A.M.Huberman, and J. Saldana.2014.Qualitative Data Analisis A Metode
  13. Moleong, Lexy.J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Remaja Rosda Karya
  14. Musafiyono, Wrizal. 2014. Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Nasionalisme Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Di Perumahan Griya Kencana, Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik). Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 03(02).
  15. Rizki Yulita. 2017. Permainan Tradisional Anak Nusantara. Jakarta Timur.Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Jalan Daksinapati Barat IV
  16. Selvia, Defa Marta. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Dalam Rangka Meningkatkan Rasa Nasionalisme Pada Peserta Didik di SMP Negeri 4 Kediri. Jurnal Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 03(04),
  17. Setiawan, Jemmy. 2016. Nasionalisme Retorika Gombal. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
  18. Smith, A.D.1991. National Identiy. Universitry of Nevada Press.
  19. Sinal, Mohamad. 2017. Pancasila Konsensus Negara-Bangsa Indonesia, Malang : Madani,
  20. Salamah, Umi et al, 2017. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Malang: Madani
  21. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
  22. Susanto, Ahmad. 2018. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: PT.Bumi Aksara.
  23. Zakiyah, Nailatus Vika dan Nanik Setyowati. 2016. Implementasi Permendikbud Nomor 21 Thaun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Peserta Didik. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Vol. 02(04), SMP. Jember: Universitas Jember.
  24. Zuhdi, Susanto. 2014. Nasionalisme, Laut dan Sejarah. Depok : Komunitas Bambu