Isi Artikel Utama
Abstrak
Candi Muaro Jambi adalah salah satu candi terluas se-Asia Tenggara yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan dalam pengembangan model wisata edukasi dan mengetahui kelayakan model konseptual wisata edukasi. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalution). Namun, penelitian kali ini hanya sampai tahap Development saja dikarenakan keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti. Sampel dari penelitian ini adalah guru dari 5 Taman Kanak-Kanak (TK) dan 3 orang tua yang berada di lingkup wilayah Muaro Jambi. Melalui analisis kebutuhan dari kegiatan wawancara oleh guru dan orang tua didapatkan hasil bahwa diperlukannya pengembangan model wisata edukasi di Muaro Jambi. Maka dari itu, peneliti bermaksud membuat model konseptual wisata edukasi ramah anak di Candi Muaro Jambi. Dalam membuat model konseptual ini, dilakukan uji kelayakan melalui ahli materi dan ahli media. Didapatkan hasil bahwa model konseptual yang dikembangkan oleh peneliti meraih nilai sangat valid dengan skor rerata yaitu 88%. Ini artinya program-program telah terbukti valid dan dapat diandalkan dalam mendukung pemberian stimulasi tahapan perkembangan anak.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Nessa, Uswatul Hasni, Veli Setiowati, Meyrizka Dwita Putri, Ikrima Pebi Fauziah, Rahma Virantika

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- B. Perwtasari, M. T. (2012). Pengaruh Media Tanam dan Nutrisi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Packhoi (Brassica juncea L.) dengan Sistem Hidroponik. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem , 14-25.
- Bunga Imazizah Endrasari, W. W. (2017). UMS Digital Library. Retrieved from eprints.ums.ac.id: https://core.ac.uk/download/pdf/289705252.pdf
- Dick, W. &. (1996). The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collins College Publishers.
- Ermis Suryana, M. I. (2022). Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan.
- Greene, T. d. (2007). Measuring Educational Opportunity as Perceived by Students: A Prosess Indicator. Journal of School Effectiveness and School Inprovement an International Journal of Research, Policy and Practice, 67-91.
- Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
- Husni, A. H. (1990). Buku Pintar Olahraga. Jakarta: CV. Mawar Gempita.
- Istiqomah. (2006). Menanam Hidroponik. Bekasi: Ganeca Exact.
- Jaelani Husni, M. B. (2023). ANALISIS PAKET WISATA EDUKASI DESA CISAAT BAGI PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
- Moh. Abdan Syakuro, Lisa Apriliyana, Khamim Zarkasih Putro, Ardhana Reswari, & Hukamak, S. (2023). Pengenalan Tradisi Rokat Tase' untuk meningkatkan kecintaan budaya lokal anak usia dini. Jurnal Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan perubahan sosial.
- Mudrajad, K. d. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
- Nugroho, A. S. (2019, Juli Senin, 8). UMS Digital Library. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/76532/11/NASPUB%20RUMAH%20BUKU%20(2).pdf
- Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Campustaka.
- Purnawan, N. L. (2012). Wisata Edukasi Budaya Bali. Majalah Aplikasi Ipteks Ngayah, 51-57.
- Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
- Sa'dun, A. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
- Sumitra, A., & Panjaitan, M. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Metode Karyawisata. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
- Zulfikar. (2013). Suku Bangsa di Indonesia. Bandung: Yudistira.
Referensi
B. Perwtasari, M. T. (2012). Pengaruh Media Tanam dan Nutrisi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Packhoi (Brassica juncea L.) dengan Sistem Hidroponik. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem , 14-25.
Bunga Imazizah Endrasari, W. W. (2017). UMS Digital Library. Retrieved from eprints.ums.ac.id: https://core.ac.uk/download/pdf/289705252.pdf
Dick, W. &. (1996). The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collins College Publishers.
Ermis Suryana, M. I. (2022). Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Greene, T. d. (2007). Measuring Educational Opportunity as Perceived by Students: A Prosess Indicator. Journal of School Effectiveness and School Inprovement an International Journal of Research, Policy and Practice, 67-91.
Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Husni, A. H. (1990). Buku Pintar Olahraga. Jakarta: CV. Mawar Gempita.
Istiqomah. (2006). Menanam Hidroponik. Bekasi: Ganeca Exact.
Jaelani Husni, M. B. (2023). ANALISIS PAKET WISATA EDUKASI DESA CISAAT BAGI PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Moh. Abdan Syakuro, Lisa Apriliyana, Khamim Zarkasih Putro, Ardhana Reswari, & Hukamak, S. (2023). Pengenalan Tradisi Rokat Tase' untuk meningkatkan kecintaan budaya lokal anak usia dini. Jurnal Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan perubahan sosial.
Mudrajad, K. d. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Nugroho, A. S. (2019, Juli Senin, 8). UMS Digital Library. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/76532/11/NASPUB%20RUMAH%20BUKU%20(2).pdf
Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Campustaka.
Purnawan, N. L. (2012). Wisata Edukasi Budaya Bali. Majalah Aplikasi Ipteks Ngayah, 51-57.
Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sa'dun, A. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumitra, A., & Panjaitan, M. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Metode Karyawisata. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Zulfikar. (2013). Suku Bangsa di Indonesia. Bandung: Yudistira.