Main Article Content

Abstract

Candi Muaro Jambi adalah salah satu candi terluas se-Asia Tenggara yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan dalam pengembangan model wisata edukasi dan mengetahui kelayakan model konseptual wisata edukasi. Metode dalam penelitian ini yaitu menggunakan Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evalution). Namun, penelitian kali ini hanya sampai tahap Development saja dikarenakan keterbatasan yang dimiliki oleh peneliti. Sampel dari penelitian ini adalah guru dari 5 Taman Kanak-Kanak (TK) dan 3 orang tua yang berada di lingkup wilayah Muaro Jambi. Melalui analisis kebutuhan dari kegiatan wawancara oleh guru dan orang tua didapatkan hasil bahwa diperlukannya pengembangan model wisata edukasi di Muaro Jambi. Maka dari itu, peneliti bermaksud membuat model konseptual wisata edukasi ramah anak di Candi Muaro Jambi. Model konseptual tersebut adalah model konsep baru yang memberikan gambaran dari tahap-tahap implementasi, mulai dari pendefinisian, tujuan, manfaat, dan kerangka model wisata edukasi ramah anak. Dalam membuat model konseptual ini, dilakukan uji kelayakan melalui ahli materi dan ahli media. Didapatkan hasil bahwa model konseptual yang dikembangkan oleh peneliti meraih nilai sangat valid dengan skor rerata yaitu 88%. Ini artinya program-program telah terbukti valid dan dapat diandalkan dalam mendukung pemberian stimulasi tahapan perkembangan anak.

Keywords

Model Wisata Edukasi Candi Muaro Jambi Ramah Anak model wisata candi muaro Jambi Ramah Anak

Article Details

How to Cite
Vannessa Ajeng Trisna, Hasni, U., Setiowati, V., Putri, M. D., Fauziah, I. P., & Virantika, R. (2024). Pengembangan Model Wisata Edukasi Ramah Anak Pada Candi Muaro Jambi . Jurnal Ilmiah Potensia, 9(1), 109–121. https://doi.org/10.33369/jip.9.1.109-121

References

  1. B. Perwtasari, M. T. (2012). Pengaruh Media Tanam dan Nutrisi Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Packhoi (Brassica juncea L.) dengan Sistem Hidroponik. Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem , 14-25.
  2. Bunga Imazizah Endrasari, W. W. (2017). UMS Digital Library. Retrieved from eprints.ums.ac.id: https://core.ac.uk/download/pdf/289705252.pdf
  3. Dick, W. &. (1996). The Systematic Design of Instruction. New York: Harper Collins College Publishers.
  4. Ermis Suryana, M. I. (2022). Perkembangan Anak Usia Dini dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan.
  5. Greene, T. d. (2007). Measuring Educational Opportunity as Perceived by Students: A Prosess Indicator. Journal of School Effectiveness and School Inprovement an International Journal of Research, Policy and Practice, 67-91.
  6. Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  7. Husni, A. H. (1990). Buku Pintar Olahraga. Jakarta: CV. Mawar Gempita.
  8. Istiqomah. (2006). Menanam Hidroponik. Bekasi: Ganeca Exact.
  9. Jaelani Husni, M. B. (2023). ANALISIS PAKET WISATA EDUKASI DESA CISAAT BAGI PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
  10. Moh. Abdan Syakuro, Lisa Apriliyana, Khamim Zarkasih Putro, Ardhana Reswari, & Hukamak, S. (2023). Pengenalan Tradisi Rokat Tase' untuk meningkatkan kecintaan budaya lokal anak usia dini. Jurnal Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan perubahan sosial.
  11. Mudrajad, K. d. (2003). Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
  12. Nugroho, A. S. (2019, Juli Senin, 8). UMS Digital Library. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/76532/11/NASPUB%20RUMAH%20BUKU%20(2).pdf
  13. Nurani, Y. (2019). Perspektif Baru Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Campustaka.
  14. Purnawan, N. L. (2012). Wisata Edukasi Budaya Bali. Majalah Aplikasi Ipteks Ngayah, 51-57.
  15. Riduwan. (2014). Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  16. Sa'dun, A. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  17. Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam.
  18. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  19. Sumitra, A., & Panjaitan, M. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Metode Karyawisata. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
  20. Zulfikar. (2013). Suku Bangsa di Indonesia. Bandung: Yudistira.